Setelah City dan Civic RS, Honda Siapkan HR-V atau CR-V Terbaru di GIIAS 2021?

Setelah City dan Civic RS, Honda Siapkan HR-V atau CR-V Terbaru di GIIAS 2021?

PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menghadirkan generasi paling baru dari duo sedan jagoannya, Civic dan City pada Kamis (28/10). Bila Anda tertarik, All New Civic RS dijual dengan harga Rp 567 juta dan Rp 355 juta untuk All New Honda City, yang keduanya sudah berstatus OTR.

Dengan sudah mendebutnya kedua sedan ini, muncul pertanyaan kapan HPM menetaskan juga generasi terbaru dari HR-V? Nama ini memang kerap disebut-sebut bakal hadir. Seperti kita ketahui, Honda juga menjanjikan bakal ada produk baru lagi berstatus world premiere di gelaran GIIAS 2021, 11-21 November mendatang. Mungkinkah SUV tersebut?

Sayangnya saat ditanya soal itu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy memilih hemat bicara. "Kita belum bisa informasikan sekarang soal itu, ya. Jadi ditunggu saja di excitement berikutnya," kata Billy saat sesi tanya jawab di peluncuran All new Honda Civic dan City secara virtual.

Pun saat disinggung kisi-kisi mobil baru apa yang akan debut dunia di lantai GIIAS 2021. Billy kembali memilih irit bicara, hanya saja dia mengatakan produk tersebut akan menjadi kejutan besar, khususnya bagi konsumen di Indonesia. "Ini juga nanti ya (produk baru di GIIAS 2021). Kita belum bicara sekarang, nanti tunggu saja di 11 November," katanya.

Baca juga: All New Honda Civic RS Resmi Dijual Rp 567 Juta di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Fiturnya

Honda di GIIAS 2021

Honda HR-V RS atau CR-V RS Kandidat Kuatnya

Di sela-sela peluncuran Honda Civic dan City terbaru, HPM coba menggoda konsumen dengan menampilkan sedikit teaser atau siluet dari mobil yang akan meluncur di GIIAS 2021 nanti. Wujudnya masih belum jelas, tapi dari bentuknya mobil ini adalah mengarah kuat ke segmen SUV.

Dari gambar kita bisa lihat, mobil baru yang sedang disiapkan HPM ini punya ciri khas kuat sebuah SUV. Salah satunya adalah penyematan over fender di bagian bodi sampingnya.

Bagian belakangnya juga ditampilkan dalam wujud siluet, desain stoplamp punya perbedaan dengan model yang sudah ada saat ini. Tak lupa juga ada emblem RS (Road Sailling) yang artinya produk tersebut akan tampil lebih sporty dari segi kosmetika.

Beberapa dugaan lantas muncul, selain HR-V mungkin saja HPM menyiapkan varian terbaru dari CR-V. Ya, kedua mobil ini dengan trim RS sudah didaftarkan pabrikan dalam laman resmi TPT online alias Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor milik Kementerian Perindustrian Indonesia.

Baca juga: Generasi Baru Honda City Sedan Meluncur di Indonesia

Honda NJKB

Selain di situs itu, nama HR-V dan CR-V RS juga ada dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Status unit keduanya disebutkan sudah CKD (Completely Knock Down) alias dirakit lokal. Sementara Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari HR-V RS adalah Rp 314 juta, adapun untuk CR-V RS memiliki nominal NJKB Rp 405 juta. Namun perlu dicatat, angka itu bukanlah OTR yang artinya akan lebih mahal ketika dijual secara massal karena akan dikenakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan pajak pertambahan nilai.

Adapun untuk kode mesinnya, HR-V RS akan menggendong kubikasi 1.8 liter yang rasanya akan diposisikan sebagian varian teratas atau mungkin saja menemani varian Prestige saat ini. Sementara Honda CR-V RS, berdasarkan kode di NJKB mengemas mesin 2.4 liter.

Sekadar informasi, HR-V RS sudah meluncur di Malaysia sejak 2019 dan terus mendapatkan pembaruan di sana. Sementara Honda CR-V RS sama sekali belum diluncurkan atau dijual di negara mana pun. Nah jika tema peluncuran produk baru HPM berskala World Premiere, besar kemungkinan adalah CR-V yang akan diluncurkan.

Menarik memang menebak mobil apa yang akan diperkenalkan Honda nantinya di GIIAS 2021. Semua kemungkinannya masih terbuka. Jadi, kita tunggu saja kejutan apa yang akan dihadirkan Honda di pameran otomotif yang akan dilangsungkan 11-21 November di ICE BSD, Tangerang. (Kit/Raju)

Baca juga: Komparasi All New Honda City Sedan Vs Toyota New Vios, Mana Layak Dipilih?

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda