Ketika Pabrikan Mobil Membuat Sepeda

Ketika Pabrikan Mobil Membuat Sepeda

Anda menyukai merek mobil dengan keunggulan mesin buas yang bisa menggerung parau dan melontarkan tenaga dahsyat. Di akhir pekan, Anda gemar berolah raga dengan mengayuh sepeda untuk memeras keringat. Bagaimana cara untuk menggabungkan dua minat itu ke dalam satu paket kendaraan?

Bagaimana jika Anda melihat sepeda dengan merek mobil kesukaan Anda? Ya, ternyata pabrikan-pabrikan mobil juga memiliki gimmick unik ini. Inovasi bagi pabrikan mobil memang bukanlah sebuah proses yang bisa dihentikan. Menghadirkan berbagai produk yang bisa menjawab kebutuhan konsumen, adalah tujuannya. Kompetisi, merupakan wadah untuk berlomba menjadi yang terbaik.

Termasuk dalam membuat produk yang tak menggunakan mesin. Sepeda-sepeda ini contohnya. Mereka ingin merangkul kegemaran para fanatik brandnya, salah satunya dengan menghadirkan model sepeda. Berikut adalah lima sepeda yang dirilis oleh pabrikan mobil menurut Icebike.

Lamborghini – BMC Lamborghini Limited Edition Road Bike

Sepeda lamborghini

Lamborghini berkolaborasi dengan BMC yang merupakan perusahaan asal Swiss yang terkenal sebagai produsen sepeda terbaik. Dalam rangka ulang tahun Lamborghini ke 50, mereka ingin merilis sebuah sepeda spesial untuk menemani mobil spesialnya.

Kerjasama inipun akhirnya menghasilkan sebuah sepeda yang sangat eksotis, seperti mobil-mobil berlambang banteng itu. Demi Lamborghini pun, BMC mengutus Impec, sub brand dari BMC untuk mendesain sepeda yang memiliki tampilan jauh dari desain sepeda yang ada saat ini.

Sepeda premium ini diluncurkan bersamaan dengan peluncuran mobil perayaan 50 tahun Lamborghini, Veneno. Sama seperti Lamborghini Veneno yang banyak menggunakan material karbon, BMC-Lamborghini menggunakan material nomor wahid itu pula. Saat peluncuran Veneno, Lamborghini menghargai sepeda ini sekitar Rp 420 juta. Meski tak mampu melaju sekencang Veneno hingga 200 km/jam, namun Lamborghini mengklaim sepeda ini bisa membuat pesepeda yang mengendarainya bisa menikmati sensasi sepeda yang lebih kencang dari sepeda-sepeda mahal di jalanan.

Porsche – Porsche Bike RS

Sepeda Porsche bertenaga hybrid

Berbeda dengan Lamborghini yang ingin menghadirkan sepeda maha mewah, Porsche justru merilis sepeda yang lebih masuk akal. Bahkan fiturnya pun terbilang sangat praktikal, yaitu hybrid. Ya, sepeda hybrid rilisan Porsche ini memiliki fitur akselerator yang mengambil daya dari baterai lithium untuk memberikan tenaga tambahan saat pengendaranya ingin membuatnya berjalan tanpa perlu dikayuh.

Sepeda yang dikomposisikan sebagai sepeda balap ini menggunakan material karbon tercanggih untuk membuat bobotnya teramat ringan. Semua perangkat giginya menggunakan Shimano XTR Drive 20 gear. Dengan rem Magura dan velg Crankbrothers dengan ban khusus balap.

Meski harganya murah, 'hanya' sekitar RP 65 juta untuk sebuah sepeda bermerek Porsche, namun desainnya sangat menawan. Bahkan beberapa pembalap sepeda pun mengakui merasa asyik mengendarainya untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Hanya saja, sepeda ini tak cocok bagi yang senang mengayuhnya ke medan lebih beragam. Pasalnya ini adalah sebuah road bike, tanpa suspensi.

Mclaren – Specialized S-Works McLaren Tarmac

Sepeda McLaren

Para penggemar sepeda tentu mengenal merek Specialized. Para pehobi otomotif, tentu tahu merek McLaren sebagai produsen sportscar. Ketika dua pabrikan ini berkolaborasi untuk membuat sepeda, maka hasilnya adalah sepeda dengan ciri khas McLaren.

Ya, warna oranye dan hitam khas McLaren yang disepuh pada sekujur batang sepeda memang bukan sembarang cat. Proses pengecatan dilakukan pada lokasi di mana McLaren P1, supercar kenamaan McLaren dicat. Material dan metode pengecatannya pun sama persis.

Satu paket sepeda seharga Rp 262 juta ini dijual dengan helm, sepatu dan name plate serta gantungan dinding yang semuanya senada dengan sepeda tersebut. Sehingga, ketika Anda memajangnya di garasi bersama McLaren kesayangan, keduanya seolah senada.

Ingin memilikinya? Mungkin saat ini stoknya sudah habis. Sebab McLaren hanya memberikan lisensi pada 250 unit sepeda untuk dibuat oleh Specialized

Aston Martin - Aston Martin One-77 Bike

Sepeda Aston martin

Pemilik Aston Martin tentu paham ada satu buah model mobil yang paling seksi yang pernah dibuat oleh pabrik aristokrat tersebut, adalah Aston Martin One 77. Karenanya, sepeda inipun dibuat dengan mengambil sepenuhnya, nama mobil tersebut. Aston Martin One 77 Bike. Pesepeda Inggris yang mencintai negaranya sepenuh hati, pasti akan meminang sepeda ini jika mereka merupakan pemilik Aston Martin

Sepeda ini menggunakan rumus serupa pabrikan lain untuk meringankan bobotnya. Yaitu dengan menggunakan material serat karbon. Namun bukan itu fitur paling canggih dari sepeda ini. Melainkan fitur sinkronisasi dengan GPS untuk memberikan informasi akurat pada pesepeda tentang berbagai parameter yang terukur dari sepeda.

Misalnya saja torsi pada crank, tenaga di setiap sisi pedal, hingga tenaga yang tak terolah menjadi gaya gerak, friksi, kecepatan, dan banyak lagi. Banyak sensor yang digunakan dan diolah oleh On Board Computer canggih. Berminat? Silahkan sisihkan uang sebesar Rp 520 juta.

Ferrari - Ferrari CX60 Mountain Bike

Sepeda Ferrari paling murah

Ferrari merilis sepeda seharga Rp 45,8 juta. Wah, kenapa murah. Jadi begini, sepeda ini fungsinya bukan untuk melaju cepat di jalan aspal seperti sepeda balap road bike, melainkan sepeda gunung yang siap menerabas berbagai medan. Pun ia tidak dirakit sesuai dengan filosofi Ferrari dalam menghadirkan teknologi membuat mobil menjadi ringan dan kencang. Hmm, agak kontradiktif dengan trah Ferrari ya?

Well, Anda bisa lihat sendiri dari gambar yang ada. Sepeda ini memang nampak seperti sepeda gunung pada umumnya, hanya saja memiliki aksara Ferrari di batang sepedanya. Ferrari pun tak turun tangan untuk merancang sepeda ini. Mereka hanya meminta Turbo dan Colnago untuk membuat sepeda gunung.

Spesifikasinya pun tak ada yang spesial, frame aluminium, rem Shimano Deore, ban Continental Explorer, pedal Wellgo, suspensi Rock Shox, dan fork Suntour Epicon serta perangkat gigi Shimano LX.

Baca Juga: Inilah mobil paling mahal sejagat, hasil lelang

Sumber: Icebike

Foto: Newspress, Icebike, Ferrari, McLaren, Porsche

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil