Empat Sedan Penembus 320 km/jam

Empat Sedan Penembus 320 km/jam

Banyak pilihan mobil kencang, mobil sedan pun juga banyak yang memiliki akselerasi secepat kilat. Coba sebut saja semua sedan racikan Mercedes-AMG dan M Division milik BMW. Semua sedan mereka memiliki figur akselerasi 0-100 km/jam dibawah 5 detik semuda bahkan sedan eksekutif S-Class dan 7-Series sekalipun. Fenomena mobil listrik dijawab dengan gamblang oleh Tesla yang memiliki tarikan awal mengalahkan supercar sekalipun.

Yang menjadi pertanyaan adalah, adakah dari sekian banyak sedan tersebut yang mampu menembus angka keramat 200 mph (320 km/jam)? Jawabannya tidak. Padahal Mercy dan BMW memiliki kemampuan itu semua namun ternyata kecepatan dibatasi sampai 250 km/jam saja. Pada kenyataannya, hanya ada 4 sedan di pasaran saat ini yang mampu menembus tembok 320 km/jam tersebut. Menjadi paradoks adalah tidak ada dari keempat sedan ini yang berasal dari Jerman, Italia dan Jepang.

Dua pabrikan asal Inggris yang salah satunya model masih segar karena baru saja meluncurkan sedan mewah yang mampu melampaui 320 km/jam. Kemudian tiga sedan lainnya telah hadir terlebih dahulu dalam dua tahun belakangan ini. Pembuktian memang harus dilakukan, dan klaim keempat pabrikan pembuat sedan super cepat ini memang hanya bisa terjawab di trek yang lurus dan panjang tanpa hambatan apapun. Berikut keempat super sedan tersebut yang dirangkum oleh Carscoops.

Bentley Flying Spur W12 S

Bentley paling bertenaga

Baru saja diperkenalkan oleh Bentley sebagai flagship jajaran lini Flying Spur, sekaligus menjadikannya Bentley empat-pintu paling bertenaga dan yang pertama mampu menembus kecepatan puncak 320 km/jam. Tampilannya tampak lebih sporty namun tetap kalem dengan paket aerodinamika tersembunyi dan tidak mencolok. Lebih menekankan aksen hitam dibanding krom agar tampil sporty seperti di gril radiator, area sekitar fog lamp, diffuser belakang, kaca spion dan pelek. Opsi material serat karbon tersedia guna menambah kesan dramatis dan performa tinggi.

Output mesin raksasa W12 6,0-liter twin-turbo ditingkatkan melalui kalibrasi ulang dan tuning sehinga tercipta tenaga 635 PS (model standar 625 PS) dan torsi 820 Nm (naik 20 Nm). Torsi sebesar itu sudah tersedia sejak putaran masih 2.000 rpm, membuat sedan besar ini ‘terbang rendah’ tanpa kesulitan sama sekali. Sesuai tradisi Bentley, seluruh tenaga tersalur menuju keempat roda (All-Wheel Drive) dengan sistem pembagian mencapai 40:60. Kecepatan puncak tercatat 325 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik saja. Baru saja diperkenalkan di depan publik, pembelinya baru mendapatkan unit di akhir tahun 2016.

Aston Martin Rapide S

Rapide S dengan mesin V12

Saat diperkenalkan tahun lalu, grand tourer mewah asal Inggris ini mengalami peningkatan pada performa, efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang. Selain itu menjadi model Aston Martin pertama yang mengusung transmisi baru Touchtronic III otomatis 8-kecepatan selain Aston Martin Vanquish yang sangat berperan pada peningkatan performa dan efisiensi bahan bakar tersebut. Tidak hanya lebih ringan tiga persen dibanding transmisi sebelumnya, juga menawarkan perpindahan lebih cepat hanya 130 milidetik, menghasilkan penyaluran tenaga dan torsi semakin sempurna.

Mesin tetap konfigurasi V12 berkapasitas 6,0-liter dengan keluaran tenaga sebesar 560 PS dan torsi 630 Nm. Figur akselerasi pun tereduksi signfikan. Sprint 0-100 km/jam butuh 4,2 detik dengan kecepatan puncak melebihi 320 km/jam berkat revisi pada rasio final gear.

Cadillac CTS-V

Cadillac paling sporty dan bertenaga

Baru diperkenalkan tahun ini, CTS-V merupakan model paling bertenaga sepanjang sejarah 112 tahun berdirinya pabrikan asal Amerika ini. Pengembangan sangat serius di segmen sedan dengan varian CTS sehingga berhasil masuk dalam jajaran sedan mewah berpeforma tinggi. Pada dasarnya pengembangan pada CTS-V seperti menggabungkan dua mobil menjadi satu. Sebuah sedang mewah yang nyaman dikendarai dan sebuah mobil sport dengan kemampuan hebat di atas sirkuit.

Disematkanlah mesin V8 6,2-liter supercharged yang dilengkapi fitur launch control dan Performance Algorithm Shifting. Sebagai penyalur tenaga ialah transmisi otomatis 8-kecepatan lengkap dengan paddle shift di balik kemudi. Besaran tenaga dihasilkan mencapai 640 hp dengan torsi 855 Nm yang membuatnya mampu melampaui 320 km/jam. Angka-angka tersebut melampaui mesin V8 biturbo racikan AMG dan mesin V8 TwinPower turbo di BMW M-Series. Akselerasi 0-100 km/jam hanya dibutuhkan 3,7 detik saja.

Dodge Charger SRT Hellcat

Sedan 4-pintu paling bertenaga

Lagi-lagi brand asal Amerika yang telah melegenda sebagai ‘muscle car’ selain Ford Mustang, dan Chevrolet Camaro. Namun SRT Hellcat benar-benar seperti sedan yang berasal dari neraka. Mesin HEMI V8 6,2-liter supercharged menghasilkan tenaga dahsyat 707 hp dan torsi 882 Nm tertanam di balik kap mesin. Menjadikannya sebagai sedan produksi massal paling cepat, dan bertenaga di dunia.

Mesin Hellcat terbaru ini pertama kali digunakan oleh Dodge dan SRT. Mesin memiliki crankshaft dengan bahan forged-steel yang kuat dengan lapisan bearing induction-hardened sehingga mampu menerima tekanan sampai 110 bar (1.595 psi). Jika diumpamakan, tiap piston mampu menahan bobot lima mobil sedan sekaligus setiap dua kali revolusi. Dan crank damper-nya telah teruji kekuatan setelah dites hingga 13.000 rpm. Seluruh tenaga dan torsi disalurkan dengan sempurna melalui transmisi otomatis TorqueFlite 8HP90 8-kecepatan. Catatan waktu akselerasinya sungguh impresif. Sprint 0-400 meter hanya 11 detik, akelerasi 0-160-0 km/jam dibawah 13 detik, dan kecepatan puncak mencapai 326,4 km/jam.

Baca Juga: Mobil Tercepat Penakluk "The Green Hell"

Sumber: Carscoop, Netcarshow

Foto: Netcarshow

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil