Ini 5 Supercar Paling Menakutkan Yang Lahir Di 2017

Ini 5 Supercar Paling Menakutkan Yang Lahir Di 2017

Geneva Motor Show adalah Piala Dunianya industri otomotif dunia. Setiap tahun, selalu ada saja mobil baru yang melakukan debutnya di acara ini. Bukan sembarang mobil, tetapi mobil-mobil Eropa berkelas hingga supercar sekalipun.

Tahun ini Geneva Motor Show menyentuh angka penyelenggaraan ke-87. Acara itu berlangsung pada 9-19 Maret 2017 lalu di Palexpo Arena, Geneva, Switzerland. Tempat ini seakan menjadi Rumah Bersalin bagi supercar paling menakutkan 2017 ini.

Berikut lima supercar paling menakutkan yang melakukan debut perdananya di event tahunan Geneva Motor Show 2017 beberapa waktu lalu.

1. Aston Martin Valkyrie

Aston Martin Valkyrie Geneva 2017 01 Aston Martin Valkyrie

Kalau Ferrari punya LaFerrari, McLaren punya McLaren P1, dan Porsche punya Porsche 918 Spyder, maka Aston Martin tak mau kalah. Kini produsen mobil mewah dari Inggris itu memiliki hypercar bermesin V12 hybrid berjuluk Aston Martin Valkyrie.

Valkyrie diambil dari salah satu nama tokoh wanita dalam mitologi Norse yang juga dikenal sebagai Dewi Kematian. Dalam mitologi itu, Valkyrie adalah tangan kanan Dewa Odin yang bertugas mencabut nyawa dan menentukan hidup matinya para ksatria yang bertempur dalam peperangan.

Menakutkan? Ya, setidaknya kesan itulah yang ingin ditanamkan Aston Martin pada supercar hasil campur tangan tim Formula 1 Red Bull Racing. Kebetulan, Aston Martin juga suka menamai mobil-mobilnya dengan diawali huruf ‘V’ seperti Vantage, dan Vanquish.

Mobil ini memakai mesin hybrid V12 Cosworth yang dipasangkan dengan motor listrik garapan Rimac yang memiliki putaran mesin maksimal hingga 9.500 rpm! Mobil ini hanya dibuat terbatas, 25 unit saja, khusus untuk digunakan di lintasan balap dan mulai bisa dinikmati konsumen pada 2019.

2. Ferrari 812 Superfast

Ferrari 812 Geneva 2017 02 Ferrari 812 Superfast

Ferrari 812 Superfast disebut sebagai supercar jalan raya paling kencang yang pernah dibuat Ferrari. Lebih istimewanya lagi, mobil ini lahir sebagai perayaan ulang tahun yang ke-70 Ferrari. Di balik kap mesinnya, tertanam mesin V12 yang merupakan warisan turun-temurun para leluhur Ferrari untuk mobil-mobil terkencang buatan Ferrari.

Mesin berkapasitas 6,5 liter miliknya, sanggup menghasilkan tenaga 789 hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 718 Nm pada 7.000 rpm. Ferrari Superfast sanggup melesat dari posisi diam sampai 100 kpj dalam waktu kurang dari 3 detik dan bisa berlari hingga kecepatan maksimum 340 kpj.

Berminat memilikinya? Sabar, mobil pertama Ferrari yang memakai Electric Power Steering ini kata Chief Executive Officer, Ferrari Jakarta, Arie Christopher, juga dipasarkan di Indonesia bila unit dengan konfigurasi setir kanan sudah tersedia. “Tahun depan kali,” itu janjinya.

3. Lamborghini Aventador S

Lamborghini Aventador S 2017 Geneva 01 Lamborghini Aventador S

Membeli Lamborghini sama saja membeli pernyataan. Konfirmasi status bahwa Anda mampu memiliki mobil yang tidak nyaman sama sekali, tapi maharnya ratusan juta dolar. Begitulah Lamborghini Aventador S. Mobil seharga hampir setengah juta dolar di Eropa ini adalah bentuk ungkapan kesombongan Lamborghini sebagai produsen supercar yang begitu digandrungi banyak orang.

Dibanding Aventador biasa, output mesinnya melonjak menjadi 730 hp. Untuk menjinakkan supercar buas ini, Lamborghini sampai menyematkan teknologi four-wheel steering. Lamborghini juga menyiapkan mode berkendara EGO selain mode berkendara Strada, Sport dan Corsa. Mode berkendara yang menantang ego Anda untuk menguji nyali dengan menyetel sendiri suspensi, transmisi, respons pedal gas dan lainnya. Harganya, US$ 420 juta di Eropa.

4. McLaren 720S

McLaren 720S 2017 Geneva 01 McLaren 720S

Geneva juga menjadi saksi lahirnya generasi baru supercar McLaren 720S. Supercar ini menggantikan McLaren 650S. Mesinnya memang bukan V12 dan hanya V8. Tetapi mesin berkapasitas 4,0 liter dengan twin-turbo ini bisa menghasilkan tenaga 720 hp dengan torsi puncak sampai 770 Nm.

Hebatnya McLaren walaupun kencang, namun mobil-mobil mereka selalu dapat memberikan rasa nyaman pada penghuni kabinnya dan terasa cukup ramah saat digunakan di lalu-lintas perkotaan yang padat untuk ukuran supercar. Ini juga lah yang menjadi nilai utama generasi kedua supercar garapan Gaydon, Inggris ini. Harganya pun relatif lebih murah dibanding yang lainnya. Dijual ‘cuma’ sekitar Rp 3,5 miliar di Inggris. Di Indonesia, harganya biasanya lantas melambung lebih tinggi lantaran pajaknya.

5. Porsche 911 GT3

Porsche 911 GT3 2017 Geneva 01 Porsche 911GT3

Era modern seperti sekarang ini membawa banyak produsen yang mengembangkan kendaraan berteknologi canggih dan fitur aneh. Namun kalau Anda penyuka kecepatan dan tak ingin diganggu intervensi komputer, induksi turbo atau semacamnya, Porsche 911 GT3 inilah jawabannya.

Tenaga sebesar 500 hp dan torsi maksimal 460 Nm dihasilkan oleh mesin naturally aspirated berkapasitas 4,0 liter. No turbo! Dan lebih asyik ya lagi, tersedia pilihan transmisi manual 6-speed selain transmisi otomatis PDK 7-speed. Kesenangan yang sudah mulai jarang ditemui pada mobil sport berharga mahal. Porsche sepertinya yang paling paham keinginan para ‘purist’ dan car enthusiast sejati.

Baca juga: Inilah mobil-mobil yang beraksi di film Fast8

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil