• Wishlist

Aspark Owl, Hypercar Elektrik Bertenaga 2.012 PS Meluncur di Dubai

Aspark Owl, Hypercar Elektrik Bertenaga 2.012 PS Meluncur di Dubai

Aspark luncurkan Owl di Dubai, Uni Emirat Arab. Ini adalah hypercar buatan pabrikan Jepang yang sebetulnya sempat dikenalkan pada 2017, dalam bentuk prototipe. Performa yang disuguhkan cukup membuat tercengang.



Saat masih prototipe, ia pernah diuji. Hasilnya, Owl dapat melaju dari posisi 0 ke 100 kpj dalam 1,9 detik. Nah, versi produksinya lebih gila lagi, karena bisa melesat dalam 1,69 detik. Ini disebabkan jantung mekanisnya yang bukan merupakan model konvensional, melainkan motor elektrik. Ya, owl merupakan mobil listrik, yang diklaim Aspark sendiri sebagai tercepat di dunia.


Motor elektriknya mampu menciptakan dorongan 2.012 PS dan momen puntir tertinggi 2.000 Nm. Kecepatan puncak yang bisa diraihnya sebesar 400 kpj. Sebagai mobil listrik yang menghasilkan tenaga masif, tentunya ia akan mengonsumsi daya baterai dengan cepat. Atau dengan kata lain jarak tempuh yang dimiliki tidaklah mumpuni. Namun, Owl justru tak seperti itu. Hypercar berbadan sangat streamline ini bisa dikendarai sejauh 450 km hingga energinya habis.



Baterai yang dipakai punya output 1.300 Kw. Bisa diisi dayanya selama 80 menit menggunakan sistem 44 kW. Rencananya, Aspark akan meningkatkan kemampuan charging agar bisa lebih cepat pada akhir tahun ini. Mobil ini dibuat di Turin, Italia bersama Manifattura Automobili Torino.


Secara desain, Owl cukup atraktif. Nuansa sporty begitu ketara dengan bodi yang sangat rendah. Menariknya, Aspark mengklaim, ia merupakan hypercar elektrik yang diizinkan dipakai di jalan dengan tinggi dimensi terpendek, hanya 99 cm. Berbagai peningkatan diberikan, sehingga rupanya lebih modern dan elegan dari versi prototipe. Salah satunya penggunaan spion yang berupa kamera. Pemakaiannya turut menyumbang aerodinamis mobil.



Area buritan dihiasi spoiler aktif berukuran besar. Ia tentunya berguna dalam menciptakan gaya tekan ke bawah agar mobil melekat kuat dengan jalanan saat melaju kencang. Perangkat itu akan aktif (keluar dari bodi) pada kecepatan 150 kpj, kemudian kembali tersimpan rapi ketika mobil menyentuh 100 kpj. Interiornya juga tak kalah dengan eksteriornya. Mengusung konsep modern nan mewah. Setiap elemen dibuat melayang dan ringan, tapi juga terkesan kuat. Dasbornya dibentuk agar terfokus ke pengemudi.


Fitur canggih disematkan ke dalamnya, mulai dari lampu belakang LED, kamera belakang, konektivitas USB dan sistem navigasi. Selain itu, pengemudi dibuat nyaman saat mengemudi karena ada Battery Monitoring System (BMS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Traction Control Stability (TCS) dan Steering Assistance. Tertarik membelinya? Owl diproduksi sangat terbatas, hanya 50 unit dengan harga $3,188 juta atau Rp 44,8 miliaran.


“Kami tak hanya menghadirkan hypercar level premium, tapi juga menyediakan layanan lengkap after sales, jaminan dan tanggung jawab penuh terhadap produk. Konsumen yang membeli akan segera menerima unitnya pada kuartal dua 2020,” ucap CEO Aspark, Masanori Yoshida. (Hfd/Odi)


Sumber: Carscoops


Baca Juga: Mercedes Benz G-Class Direncanakan Punya Jantung Elektrik