• Wishlist

Bisnis Supercar Bekas Menguntungkan, TDA Luxury Toys Pindah Lokasi Diler

Bisnis Supercar Bekas Menguntungkan, TDA Luxury Toys Pindah Lokasi Diler

Pertumbuhan bisnis mobil mewah bekas, mendorong TDA Luxury Shop pindah lokasi diler. Showroom yang tadinya di kawasan Harmoni, kini beranjak ke kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Tak sekadar pindah, showroom baru di Jakarta Selatan itu, juga lebih besar dan luas.



President Director TDA Luxury Toys, Welly Tjandra mengungkap, showroom baru mereka bisa memuat lebih banyak. "Kami cuma di sini saja, yang Harmoni tutup. Di sini bisa memuat sampai 25, tapi lagi kami kurangi sampai 16," ungkap Welly saat ditemui di sela acara peresmian (26/2). Sedang dari segi bisnis, Welly mengakui, bisa menjual seratusan unit pada tahun lalu, dengan rata-rata per bulan 10 unit.


TDA Luxury Toys sendiri, mengkhususkan bermain di pasar mobil bekas dengan lini produk yang diklaim sebagai mobil hobi. Tak terbatas pada sportscar dan supercar, mobil klasik bisa dijumpai di diler TDA Luxury Toys. Menurut Welly, koleksi yang dipajang didapat dari teman-teman. Begitu juga pelanggannya. Lebih lagi, transparasi kondisi mobil jadi salah satu kelebihan yang ditawarkan.



"Keadaan mobilnya memang harus dicek detail. Kadang mobil seperti ini (supercar) diperbaiki bisa sampai ratusan juta. Orang sering salah beli. Kelihatannya murah, beda 100 - 200 juta. Tapi dia perbaiki habisnya malah Rp 500 juta. Itu sering banget kejadian," tegas Welly. Ia pun meyakinkan, kondisi yang ditawarkan TDA Luxury Toys tak ditutupi. Misal ada kerusakan kecil yang belum diperbaiki.


Namun Welly juga tak ingin ambil risiko seperti mengambil mobil bekas banjir. "Paling sering orang kena tipu itu bekas banjir dan tabrakan. Bekas tabrakan, apalagi sampai chassis-nya kena, itu masalah. Harganya juga hancur. Kalau kena banjir, elektrik sering problem meski sudah pernah diperbaiki. Bekas banjir itu turunnya bisa sampai 50 persen kali ya dari harga bekas. Kalau saya sih mending tidak ambil."



Selain itu, keuntungan membeli di TDA Luxury Toys, dikatakan, kemudahan pembayaran. Selain cash, bisa juga kredit dengan sistem balloon payment. Dijelaskan Welly, balloon payment selama tiga tahun: "Bulan ke-12 20 persen, bulan 24 20 persen, bulan ke-36 harus pelunasan 40 persen. Cuma rata-rata tak usah pelunasan, biar saya melunasi, konsumen tinggal ambil mobil baru dan dihitung harga mobilnya berapa."


Koleksi yang dipunya, beragam. Sebut saja Lamborghini, McLaren, Ferrari, Rolls Royce, Bentley, Porsche, Range Rover, Mercedes Benz dan BMW. Ada satu lantai yang khusus men-display mobil investasi. Dalam artian, mobil langka terbatas yang harganya bakal naik tiap tahunnya. Salah satunya yang termahal, Ferrari 599 GTO 2012 yang dibanderol Rp 16 miliar. Harga itu sudah mengalami kenaikan sekitar Rp 5 - 6 miliar. (Tom/Odi)


Baca Juga: Ini Jadinya Kalau Komunitas McLaren Gelar Drag Race