Inilah 5 Mobil Termahal Hasil Lelang

Inilah 5 Mobil Termahal Hasil Lelang

Bagi sebagian orang, mobil mungkin hanyalah sebuah sarana transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, yang terlalu merepotkan kalau harus berjalan kaki. Tidak jarang juga, orang menganggap mobil adalah sebuah beban tanggungan biaya. Biaya perawatan, pajak, operasional, dan sebagainya.

Namun bagi sebagian kecil yang mengerti, mobil adalah sebuah ‘masterpiece’ yang wajib diburu, dipelihara, dan dikagumi. Untuk mereka ini, mobil adalah benda seni, yang harus dimiliki, berapapun harganya. Tidak perlu jauh-jauh, seorang kolektor VW di Jawa Barat misalnya, rela mengeluarkan milyaran rupiah untuk meminang sebuah VW Hebmuller. Hebmuller adalah tipe VW Beetle yang lebih mewah, dan sangat jarang karena hanya dibuat 700 unit, sebelum pabriknya hancur karena perang dunia kedua. Harganya? Jangan ditanya.

Hal-hal historis dan sentimentil seperti itu bisa membuat sebuah benda, termasuk mobil, memiliki nilai yang sulit untuk diukur oleh akal sehat. Pada penulisan kali ini, kami mencoba menggali lima mobil yang sangat mahal. Lebih spesifik lagi, mobil-mobil tersebut didapat dari proses pelelangan oleh rumah lelang terkemuka di dunia. Agak mengherankan karena ada satu merek yang benar-benar mendominasi. Dan jangan salah, penggemar fanatik berkantung tebal ini semakin banyak di dunia, dan mobil-mobil seperti di bawah ini menjadi semakin banyak dicari. Jadi, selamat menyimak, semoga suatu saat salah satu mobil ini bisa ada di garasi Anda, untuk dilestarikan.

Ferrari 250 GTO

mobil termahal di dunia

Ferrari 250 GTO buatan tahun 1962 ini memegang rekor sebagai mobil paling mahal yang pernah terjual dari perlelangan umum. US $38.115.000, itu adalah harga yang berani diberikan oleh pembelinya, kepada rumah lelang Bonhams, Inggris, 14 Agustus 2014 lalu. Secara historis, mobil ini adalah mobil balap World GT Championship musim 1963. Selain memang menang dua kali di tahun tersebut, pembalapnya adalah Stirling Moss, sang legenda F1 di era tersebut.

250 GTO sendiri hanya dibuat sebanyak 39 unit dari tahun 1962-1964. Dibuat untuk turun balap menyaingi mobil seperti Shelby Cobra, Jaguar E-Type, dan sejenisnya, jantung mekanis yang menggerakkan mobil ini mampu menghasilkan 300 hp, melalui konfigurasi silinder V12. Dan karena didesain sebagai mobil balap, tidak heran mobil yang masih mulus seperti yang Anda lihat diatas, menjadi sangat mahal harganya.

Keunikan lainnya adalah, saat itu FIA (badan otomotif dunia) mengharuskan setiap mobil yang ikut untuk lulus homologasi. Salah satu poinnya adalah paling tidak ada 100 mobil yang serupa dengan mobil balap, telah diproduksi untuk umum. Lalu bagaimana caranya mobil ini bisa ikut balap? Enzo Ferrari mengakalinya dengan memberikan nomor chassis secara random. Jadi saat petugas FIA memeriksa mobil-mobil yang ada, mereka percaya bahwa 250 GTO telah sesuai aturan.

Ferrari 335 S

MObil balap klasik Ferrari Ferrari 355 S adalah mobil balap yang hanya dibuat sebanyak empat unit oleh pabrikan Italia tersebut, antara tahun 1957-1958. Balap legendaris Mille Miglia di tahun 1957, menjadi saksi betapa balapan di masa itu sangat berbahaya baik bagi pembalap maupun penonton. 335S yang dikendarai pembalap Spanyol Alfonso de Portago mengalami pecah ban dan melintir ke kanan menuju ke arah penonton. Sembilan orang penonton tewas, termasuk de Portago dan co-driver Edmund Nelson.

335S lainnya yang dikendarai pembalap legendaris Peter Collins mengalami maslah teknis, dan terpaksa menyerahkan posisinya ke Ferrari yang lain, 315S. Itulah satu-satunya kegagalan yang dialami 355S karena di balapan World Championship, dimana Mille Miglia adalah salah satu serinya. Nurburgring, GP Swedia, hingga GP Venezuela menjadi saksi 355S menduduki podium.

Hal inilah yang membuat salah satu 335 S, berani ditebus dengan mahar US $35.711.039 di rumah lelang Artcurial, Paris. Selain itu, bentuknya yang minim sudut bagaikan tubuh wanita yang aduhai dan sangat menyenangkan untuk dilihat. Di balik kap mesinnya, tersemat bongkahan mekanis berkonfigurasi V12 berkapasitas 4.0 liter. Tenaganya? 390 hp.

Mercedes-Benz W 196

Stirling MOss mengendarai W 196

W 196 adalah mobil F1 yang memiliki arti penting bagi Mercedes-Benz. Di tangan pembalap Stirling Moss dan Juan Manuel Fangio, mobil yang terlalu maju untuk zamannya ini memenangkan sembilan dari 12 seri balap F1, dan memenangkan dua gelar World Champion selama dua musim mobil ini bertarung.

Sayangnya, kecelakaan terjadi di Le Mans yang sangat tragis. Sebuah 300 SLR berbasis W 196 terbang setelah bersenggolan dengan Austin Healey. Sialnya, ia terbang ke arah penonton. 84 orang tewas. Hal ini membuat Mercedes-Benz menghentikan semua kegiatan balapannya, dan W196 adalah platform balap terakhir untuk tiga dekade berikutnya.

Yang laku di pelelangan adalah W196 asli yang dikemudikan oleh ‘the legend’ Juan Manuel Fangio. Kondisinya begitu asli sehingga kotoran, penyok-penyok kecil karena balapan, masih ada. Mobil yang tidak mulus ini dihargai US $29.600.000, dan terjual di rumah lelang Bonhams.

Ferrari 290 MM

Mobil balap Ferrari untuk Mille Miglia 1956

Satu lagi mobil balap yang sukses menembus angka jutaan Dollar di pelelangan. Ferrari 290 MM adalah mobil balap yang dibuat pada tahun 1956, dan diturunkan di balapan World Sportscar Championship, dan tampil perdana di Mille Miglia (MM). Bermodal mesin V12 dengan kapasitas 3,5 liter, mobil ini sukses menjadi juara di balapan debutnya.

Total empat mobil diturunkan dan Eugenio Castelloti menang di Mille Miglia, sedangkan Juan Manuel Fangio finish di urutan keempat. Dua mobil lainnya turun di Swedish GP, dan menang. Tahun itu Ferrari bersuka cita karena mereka menggondol gelar juara dunia. Tidak berhenti disitu, tahun berikutnya mereka juga memenangkan balapan 1.000 km Buenos Aires di Argentina.

Rumah lelang RM Sothesby di New York menjadi saksi saat palu juru lelang diketuk, angka yang tercapai adalah US $28.050.000. Inilah angka tertinggi yang pernah dihasilkan oleh rumah lelang tersebut. Mobil yang laku pernah digunakan oleh Juan Manuel Fangio, serta dua pembalap legendaris lainnya yaitu Wolfgang Von Trips, serta Alfonso de Portago.

Ferrari 275 GTB/4*NART Spyder

Hanya ada 10 NART Spyder

Di daftar ini, Ferrari yang namanya panjang ini adalah satu-satunya yang bukan mobil balap. Di balai lelang RM Auction Monterey tahun 2013 lalu, ketukan palu terakhir untuknya bernilai US $27.500.000.

Ferrari 275 sendiri dibuat antara tahun 1964-1968, dengan mesin V12 berkapasitas 3,3 liter. Namun khusus untuk versi NART Spyder hanya pernah dibuat 10 unit, yang semuanya adalah pesanan salah satu penjual Ferrari di Amerika Serikat, Luigi Chinetti. Chinetti meminta langsung kepada Enzo Ferrari dan desainer Sergio Scaglietti untuk membuat beberapa versi Spyder (versi tanpa atap sama sekali) dari 275 GTB.

Ferrari 275 GTB/4*NART Spider yang dilelang adalah salah satu dari 10 mobil tadi, yang dimiliki oleh satu orang bernama Eddie Smith di North Carolina, Amerika Serikat. Keluarganya memiliki mobil ini selama 45 tahun. Sebagai informasi, NART sendiri adalah singkatan dari North American Racing Team. Identitas ini bisa ditemukan di badge yang tertempel di bagian belakang mobil.

Baca Juga: Inilah dia mobil-mobil di film Fast8

Foto: Wikipedia

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil