jakarta-selatan

Inilah 7 Calon Mobil Terbaik Eropa Tahun 2017

  • Des 01, 2016
  • 1882 Dilihat

Dataran Eropa selalu menjadi salah satu kiblat otomotif dunia. “Benua biru” merupakan markas deretan pabrikan mobil ternama seperti Mercedes-Benz, BMW, Fiat, Volvo, Peugeot, Porsche, Audi dan lainnya. Tahun ini telah bermunculan banyak mobil baru yang diakui memiliki kualitas terbaik dari segi rasa berkendara, desain, fitur, value for money ditawarkan. Atas dasar tersebut, sangat menarik untuk menyimak penobatan mobil terbaik di Eropa yang menjadi salah satu agenda menarik bagi pecinta otomotif dunia.


Ajang European Car of the Year (ECOTY) kembali diselenggarakan untuk tahun 2017. Setidaknya ada tujuh mobil terpilih sebagai nominator gelar bergengsi ini. Tidak hanya hanya diikuti merek mobil asal Eropa, di tahun ini terdapat dua merek mobil asal Jepang yang masuk nominasi ECOTY 2017.


ECOTY 2017 merupakan ajang pemilihan mobil terbaik yang dinilai oleh 58 wartawan asal Eropa. Di tahap awal terdapat 30 mobil terpilih dan mengerucut menjadi 7 nominator. Mobil-mobil tersebut ialah Alfa Romeo Giulia, Citroen C3, Mercedes-Benz E-Class, Nissan Micra, Peugeot 3008, Toyota C-HR, dan Volvo S90/V90. Dua mobil yang masuk dalam 7 besar berasal dari luar Eropa yakni Nissan Micra dan Toyota C-HR.


Terdapat beberapa hal yang menarik dari ajang ECOTY 2017. Diantaranya tidak ada merek asal Amerika Serikat yang masuk dalam tujuh besar. Selain itu, mobil asal Korea Selatan seperti Kia dan Hyundai juga tidak masuk dalam nominasi. Dan yang menarik, tidak ada satupun mobil hybrid atau EV yang berpeluang menjadi ECOTY 2017.


Volvo V90


Ajang ECOTY pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964. Sejak saat itu, sebanyak 52 pemenang sudah terpilih. Fiat menjadi pemenang terbanyak dengan koleksi gelar hingga sembilan kali dan di posisi kedua dengan pemenang terbanyak ialah Renault, Ford dan Opel dengan kemenangan sebanyak enam dan lima kali.


Kehadiran Toyota C-HR menjadi hal menarik, karena mobil ini baru saja secara resmi dipasarkan oleh Toyota dimana ketangguhan serta performanya masih belum diketahui secara pasti. Sementara Alfa Romeo Giulia diprediksi menjadi kandidat juara dengan segala teknologi dan desain yang dihadirkan.


Untuk Micra, dihadirkan Nissan dengan beragam teknologi terkini di dalamnya. Sementara untuk Volvo S90/V90 merupakan produk baru yang langsung memberi impresi bagus secara global. Pengumuman pemenang baru akan diumumkan di pameran Geneva Motor Show 2017 yang berlangsung 6 Maret 2017 mendatang.


Di tahun 2016, gelar ECOTY diraih oleh Opel Astra terbaru. Sementara pada tahun 2015 Volkswagen Passat juaranya dan tahun 2014 milik Peugeot 308. Lantas seperti apa peta nominasi ECOTY tahun depan, berikut ringkasannya.


Alfa Romeo Giulia


Alfa Romeo Giulia


Mobil ini hadir dengan konsep dan desain sporty yang menonjolkan keeksotisan khas Italia. Alfa Romeo Giulia diposisikan untuk menjadi pesaing baru di kelas sedan medium seperti BMW 3-Series, Mercedes-Benz C-Class, dan Audi A4. Mobil ini hadir dengan menggunakan mesin bensin 4-silinder 2,0-liter turbo, diesel 4-silinder 2,2-liter turbo, dan bensin V6 2,9-liter twin-turbo 510 hp untuk varian Quadrifoglio. Quadrifoglio ada versi kencang Giulia yang menargetkan BMW M3, Mercedes-AMG C63 dan Audi RS4 sebagai lawan utama. Pilihan transmisi tersedia manual 6-kecepatan dan otomatis 8-kecepatan. Tapi transmisi manualnya dibedakan menjadi dua, untuk Giulia standar memakai buatan Getrag dan khusus Quadrifoglio pakai buatan ZF.


Citroen C3


Citroen C3


Pertama kali diluncurkan tahun 2002, C3 sudah terjual lebih dari 3,6 juta unit di seluruh dunia. Melanjutkan kesuksesannya Citroen C3 generasi terbaru baru saja diluncurkan, menghadirkan desain atraktif sekaligus unik sebagai mobil perkotaan. Desainnya yang modern, berwarna dan stylish menunjukkan sisi humanis dari Citroen. Tidak hanya fokus pada tampilan saja, C3 juga menghadirkan teknologi baru yang juga unik dan belum pernah ada diterapkan di mobil lain. Di generasi terbaru, teknologi ConnectedCAM Citroen hadir untuk pertama kalinya. Fitur ini merupakan sebuah kamera yang memungkinkan pengemudi berbagi foto dan video ke teman ataupun keluarga. Ada dua pilihan mesin, bensin 1,2-liter dan diesel 1,6-liter, yang dihubungkan dengan transmisi manual 6-kecepatan atau otomatis 6-kecepatan.


Mercedes-Benz E-Class


Mercedes allnew E-Class


Mercedes-Benz menghadirkan generasi terbaru E-Class dengan lompatan teknologi signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Beberapa inovasi teknologi dihadirkan untuk menopang kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara yang semakin maju. Bodi semakin bongsor menambah luas kabin untuk penumpang belakang. Opsi suspensi udara menghadirkan kualitas kenyamanan yang lebih baik. Hadirnya driver assistance membuat mobil ini semakin aman dengan fitur-fitur keselamatan aktif yang semakin canggih. Dan berbagai sarana hiburan infotainment semakin menunjang konektivitas seluruh penumpang. Sektor tenaga penggerak turut diperbarui, salah satunya mesin diesel baru yang lebih efisien dan dipadukan konstruksi bodi ringan serta aerodinamis.


Nissan Micra


Nissa Micra generasi terbaru


Generasi baru Nissan Micra diperkenalkan dalam ajang Paris Motor Show 2016 yang berlangsung Oktober lalu. Mobil yang dikenal dengan Nissan March di Indonesia ini memiliki beragam fitur dan terkini. Bodi yang lebih bongsor membuat Micra dapat lebih nyaman bagi pengemudi serta penumpang didalamnya. Ubahan desain tergolong revolusioner, jauh meninggalkan kesan lucu dan imut seperti generasi sebelumnya. Kini tampil sangat modern dengan memadukan garis-garis tegas dengan lekukan yang mengguratkan desain mengalir. Micra generasi kelima juga diisi banyak fitur baru yang tidak lagi mengesankan mobil ‘apa adanya’. Salah satunya Active Ride Control dan juga Active Trace Control, fitur yang juga dihadirkan Nissan untuk X-Trail terbaru.


Peugeot 3008


Peugeot 3008 bentuk SUV


Awal kemunculannya tahun 2009 silam, Peugeot 3008 merupakan sebuah MPV 5-seater walaupun diklaim oleh Peugeot sendiri sebagai crossover. Saat tiba waktunya untuk beregenerasi, pabrikan Perancis ini melakukan transformasi besar-besaran dengan menyulap 3008 menjadi sebuah SUV. Diperkenalkan pertama kali di Paris Motos Show bulan Mei lalu, 3008 ibarat model SUV segmen C terbaru Peugeot yang jauh sekali meninggalkan jejak pendahulunya. Dibekali fitur andalan terbaru i-Cockpit berupa layar monitor 8-inci di konsol tengah, head-up display 12,3-inci model stir baru seperti terdapat di Pug 208, 2008 dan 308 terbaru. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian mesin yakni bensin dan diesel. Pada varian bensin, Peugeout 3008 hadir dengan menggunakan mesin turbocharged berkapasitas hingga 1.2-liter yang mampu menghasilkan daya hingga 163 hp. Sementara untuk diesel menggunakan mesin Blue HDi berkapasitas 2.0 -iter yang mampu menghasilkan 177 hp. Peugeout menyatakan, mobil ini hadir dengan emisi gas buang yang rendah hanya 104g/km CO2.


Toyota C-HR


Toyota C-HR


Produk baru Toyota yang desainnya membuat jatuh cinta banyak orang. Toyota C-HR merupakan crossover dengan desain futuristik nan aktraktif, yang sepertinya akan laku keras jika dipasarkan di tanah air. Baru saja dimulai proses produksi di Turki dan sudah mulai dipasarkan untuk pasar Eropa, disusul kawasan Amerika Utara awal tahun depan. Toyota C-HR menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) sebagai platform. Ada pilihan mesin turbocharged berkapasitas 1.2-liter yang mampu menghasilkan daya 114 hp, mesin hybrid 1,8-liter dan bensin 2,0-liter khusus untuk pasar AS saja. Pilihan transmisi tersedia manual 6-kecepatan dan CVT untuk menggerakkan roda depan (FWD) atau empat roda (AWD untuk varian 1,2-liter CVT saja).


Volvo S90/V90


Volvo S90


Pabrikan mobil asal Swedia ini menghadirkan S90/V90 dengan beragam teknologi terbaru. Bahkan Volvo mengklaim bila produk terbarunya ini hadir dengan menggunakan teknologi masa depan yang dapat meningkatkan kenyamanan, keamanan penumpang maupun pengemudinya. Salah satu fitur yang disematkan Volvo adalah Slippery Road Alert dan Hazard Light Alert. Teknologi ini dapat berfungsi sebagai sistem cloud untuk saling berbagi data pada kendaraan lain. Selain itu dari sisi hiburan, S90/V90 dapat diintegrasikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto melalui smartphone. Melalui teknologi ini pengguna dapat memperoleh beberapa fungsi smartphone pada head unit atau sebaliknya.


Baca Juga: Kolaborasi Terbaik dan Tersukses


Sumber dan Foto: Inautonews, Netcarshow

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer