Ini 12 Koleksi Supercar Rapper Eminem, Dari Porsche Hingga Ferrari

Ini 12 Koleksi Supercar Rapper Eminem, Dari Porsche Hingga Ferrari

Jika menyebut Marshall Bruce Mathers III, mungkin tak banyak orang kenal dengan nama ini. Tapi bagaimana jika Eminem? Yup, jika kita mention nama ini saya yakin banyak yang kenal. Ia adalah rapper terkenal asal Amerika Serikat. Pada 17 Oktober 2020 lalu Eminem berulang tahun yang ke-48.

Bagi saya, sosok rapper yang juga punya nick name Slim Shay, Double M, serta M&M itu sangat membekas. Setiap liriknya ditulis dengan hati. Biasanya apa yang dikerjakan dengan hati, sampai ke hati. Begitulah setiap karya Eminem menurut saya. Banyak album karyanya yang sukses seperti Infinite (1996), The Slim Shady LP (1999), Encore (2004), maupun Revival (2017).

Sebagai seorang superstar, Eminem punya syarat tertentu ketika memutuskan untuk membeli mobil. Mobil-mobil eksotis terbatas seperti Porsche dan Ferrari pernah mengisi hari-harinya. Banyak nama lain seperti Ford, Aston Martin, Lamborghini, dan McLaren.
Apa saja koleksi yang dimiliki Eminem? Berikut ini adalah sebagian kecil dari mobil mewah yang ada di garasinya.

Porsche 996 Turbo 1999

Porsche 996 Turbo (1999)

Nama Eminem melejit ketika ia merilis single The Slim Shady pada Februari 1999. Karyanya itu laris manis hingga diganjar anugrah triple platinum di akhir tahun yang sama. Artinya, akhirnya Eminem bisa pindah dari mobile home ibunya di lingkungan rawan kejahatan, 8 Mile Road Detroit dan naik kendaraan yang lebih baik. Tak main-main, Porsche 911.

Porsche 996 Turbo miliknya punya performa yang brutal. Inilah Porsche Carrera pertama yang memakai forced-induction water cooled. Mesin 3,6 liter 6-silinder mengambil depot depot mekanis milik mobil balap GT1 pemenang Le Mans tahun 1988. Tenaga yang dihasilkan 420 hp. Eminem menyimpan mobil ini selama empat tahun sebelum akhirnya naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Aliran Modifikasi Outlaw, "Terlarang" Sekaligus Dikagumi

Ferrari 575M F1 Maranello 2003

Ferrari 575M Maranello (2003)

Akhir 1990-an, Ferrari mengajak pembalap Formula 1 Michael Scumacher ikut serta mengembangkan mobil jalan raya. Chairman, Luca di Montezemolo ketika itu memutuskan untuk menghidupkan kembali gaya mobil bermoncong panjang Kuda Jingkrak terdahulu. Ferrari 550 Maranello Grand Tourer diciptakan terinspirasi desain 275 GTB yang klasik.

Tapi Pininfarina yang mendesain mobil ini merasa wajahnya kurang tampan. Makanya pada 2002 mereka merevisi desain hingga performanya. Tenaganya meningkat dari 484 hp menjadi 515 hp. Versi ini juga mendapat adaptive suspension. Ferrari 575M inilah yang dimiliki Eminem sebagai salah satu koleksinya.

Porsche Carrera GT 2004

Porsche Carrera GT (2004)

Ingin membuktikan dirinya memiliki “Guts Over Fear”, Eminem membeli hypercar sempurna, Porsche Carrera GT. Mobil bermesin V10 5,7 liter ini awalnya ditampilkan dalam wujud konsep di Paris Motor Show 2000. Namun karena banyak permintaan dari konsumen, pabrik Porsche di Leipzig pun bergerak langsung memproduksinya.

Porsche Carrera GT memproduksi tenaga 611 hp dan mampu melesat dari posisi diam sampai 210 kpj hanya dalam 10,8 detik saja. Kecepatan maksimumnya sanggup mencapai 335 kpj. Total tercatat 1.270 unit mobil ini terjual di Amerika Serikat dan salah satunya mendarat di halaman rumah Eminem.

Baca juga: Pilih-Pilih Mitsubishi Xpander Exceed Bekas, Tak Kalah Menarik

Ford GT 2005

Ford GT (2005)

Setiap lirik lagu Eminem memang terkenal kontroversial. Makanya banyak yang menuduhnya misogyny (benci wanita), homophobia (benci homoseksual), penyimpangan seksual, mempromosikan kekerasan bahkan mengkritik sesama selebriti. Seharusnya waktu itu Ford sadar waktu meminjamkan satu unit Ford GT kepada Eminem. Pada 2005 mobil ini tampil di video klip “Ass Like That” yang tak kunjung ditayangkan.

Begitu Ford mendengar kata eksplisit di judul lagu Eminem itu, mereka memutuskan untuk mengambil kembali mobilnya. “Kami tak punya masalah dengan Eminem, hanya saja ia sangat tidak Ford,” ujar juru bicara Ford ketika itu. Eminem menjawabnya dengan memesan satu unit Ford GT yang ketika itu khusus dipasarkan untuk memperingati 100 tahun Ford. Mobil super itu ditenagai mesin V8 yang mampu melesat hingga kecepatan maksimum 330 kpj dan menjadi rival terberat Ferrari GT40.

Aston Martin V8 Vantage 2006

Aston Martin V8 Vantage (2006)

Aston Martin Vantage yang diproduksi sejak 2005 mungkin menjadi mobil paling cantik yang pernah diproduksi pabrikan asal Inggris itu. Mobil ini ditujukan untuk menggoda konsumen setia Porsche 911. Tentu saja film James Bond menjadi modal promosi mereka.

Mobil ini didesin oleh Henrik Fisker, orang yang kemudian berhenti dari Aston Martin dan mendirikan perusahaan mobil sendiri. Makanya desain mobil ini tampan karena dimensinya cukup ringkas namun masih terlihat cukup sportif. Di balik kap mesinnya tersembunyi mesin V8 4,3 liter yang bertenaga 385 hp.

Baca juga: Evolusi 44 Tahun Honda Accord, Dari Hatchback Sampai Turbo

Ferrari 430 Scuderia 2008

Ferrari 430 Scuderia (2008)

Eminem membuktikan dirinya sebagai penggemar Ferrari sejati. Ia pernah memiliki Ferrari F30. Bukan F30 sembarangan, tapi versi yang berbobot lebih ringan. Mobil ini sama seperti Ferrari miliknya sebelumnya, juga telah terkena sentuhan tangan dingin Michael Schumacher. Mesin V8 yang diposisikan di bagian tengah mobil menghasilkan 510 hp.

Audi R8 Spyder 2011

Audi R8 Spyder (2011)

Di antara koleksi mobil Eminem lainnya, mobil ini mungkin yang terlihat paling biasa. Kalau disandingkan dengan mobil-mobil seperti Ferrari, Porsche maupun Aston Martin, bentuk Audi R8 ini terlihat mobil umum di jalan raya. Tapi ada cerita di balik kepemilikan Audi R8 Spyder Eminem ini.

Dulu Eminem pernah menuntut produsen mobil premium asal Jerman itu lantaran menggunakan lagunya “Lose Yourself” pada iklan Audi A6 Avant tanpa pemisi. Akhirnya Audi memberikan versi beratap terbuka supercar bermesin V10 ini kepada Eminem. Mungkin sebagai permintaan maaf mereka kepada Eminem.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Beli atau Jangan?

Porsche 911 GT3 RS 4.0 2011

Porsche 911 GT3 RS 4.0 (2011)

“I roll like a boss, 911 Porsche same colour as cranberry sauce,” sebait lirik Eminem di tembang berjudul “Love Me”. Kenyataannya Porsche 911 GT3 RS milik Eminem bukan berwarna merah, tetapi putih. Versi yang telah disempurnakan dari Porsche 997 GT3 ini menggunakan mesin 4.0 liter yang bertenaga 500 hp.

Saat itu Porsche ini adalah mobil jalan raya terkencang yang pernah dibuat pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman. Mobil ini mampu mengelilingi satu putaran Sirkuit Nordschleife dalam waktu 7 menit 18 detik. Makanya Eminem senang megemudikan mobil ini dan Ferrari F30 Scuderia miliknya di sirkuit kala senggang.

Ferrari 599 GTO 2011

Ferrari 599 GTO (2011)

Satu lagi Ferrari kelas VIP masuk deretan koleksi Eminem. Hanya ada 599 unit Ferrari 599 GTO yang pernah diproduksi. Sekitar 125 unit saja yang masuk ke Amerika Serikat. Eksklusifitas inilah yang menjadikannya sangat diminati banyak kolektor. Percaya atau tidak, pembalap Formula 1 Mercedes-Benz pernah menggandakan uangnya saat menjual mobil ini.

Mengambil basis Ferrari 599XX yang awalnya hanya boleh digunakan di lintasan balap, 599 GTO menjadi mobil jalan raya tercepat Ferrari ketika itu. Mobil ini bisa megitari sikruit Fiorano satu detik lebih cepat dari Ferrari Enzo. Akselerasi 0-100 kpj bisa diraih dalam 3,3 detik. Kecepatan maksimumnya 305 kpj.

Baca juga: Alternatif Toyota Fortuner? Ini SUV Eropa Bekas yang Layak Dipilih

McLaren MP4-12C 2012

McLaren MP4-12C (2012)

Terinspirasi dari kesuksesan menciptakan hypercar McLaren F1 di tahun 1990-an dan turut serta dalam pengembangan Mercedes-Benz SLR, McLaren akhirnya resmi mendirikan usaha mobil jalan raya di 2010. McLaren MP4-12C adalah karya pertamanya. Mobil ini didesain olej Frank Stephenson, orang yang juga mendesain Ferrari 430.

Jantung pacu 3,8 liter twin-turbo V8 dibungkus chassis berbahan carbon-fibre. Eminem tahu betul mobil ini punya reputasi yang kurang baik soal daya tahannya, terutama masalah kelistrikan. Itu sebabnya jarang sekali ia mengajak mobil ini keluar dari garasinya.

Lambroghini Aventador 2014

Lambroghini Aventador (2014)

Inilah mobil yang menjadi Cawan Sucinya orang-orang hip-hop, Lamborghini Aventador. Sebelumnya Eminem pernah tampil mengemudikan Lamborghini Murciélago di salah satu video klip musik berjudul “Without Me” pada 2002. Satu dekade lebih berlalu, ia duduk di depan kemudi Lamborghini Aventador.

Ia diberitakan menghabiskan lebih dari US$ 700 ribu aksesoris untuk mobil yang bertenaga lebih dari 700 hp ini. Semuanya hanya untuk membedakan mobil yang sanggup melesat hingga kecepatan maksimum 350 kpj miliknya itu berbeda dari Aventador lain.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Baru, Atau Pilih SUV Seken yang Keren?

Porsche 911 GT2 RS 2019

Porsche 911 GT2 RS (2019)

“Man, even my dentist hates itu when I floss. Pull up to the club in Pinto like it’s a Porsche,” rap Eminem di lagu “W.T.P”. Di usianya yang tak muda lagi, Eminem memang sudah lama tak membeli supercar. Tapi tenang, seleranya terhadap mobil tak menurun. Malah di 2019 lalu, ia mengenang masa-masa mudanya dari dalam Porsche dengan membeli Porsche GT2 RS.

Mobil bertenaga 617 hp ini adalah mobil jalan raya tercepat. Ia berhasil mengitari satu putaran sikruit Nürburgring dalam waktu 6 menit 47,25 detik. Catatan ini cukup untuk menasbihkan Eminem sebagai rapper tercepat di dunia. (Rzk)

Sumber: Berbagai sumber

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store