Oto
jakarta-selatan

IIMS 2017: Membedah Keistimewaan Audi A5 Coupe

  • Mei 02, 2017
  • 1145 Dilihat


Geliat Audi di kancah otomotif Indonesia tetap konsisten. Meski namanya, selalu berada di bawah bayang-bayang kompetitor Jermannya, Mercedes-Benz dan BMW. Begitu pula data penjualannya. Padahal produk-produk yang dijajakan, tergolong baru semua dengan teknologi yang tak kalah canggihnya. Tapi justru karena itu, memiliki Audi di Indonesia terasa lebih eksklusif ketimbang dua rival abadinya.


Setelah memukau pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu dengan Audi TTS, di IIMS 2017 Audi mempersembahkan A5 generasi terbaru. Sebuah sedan coupe premium yang berbasiskan Audi A4 sedan. Dibekali mesin turbo yang irit namun semakin powerful dan penggerak Quattro yang legendaris.


Oleh PT Garuda Mataram Motor, selaku APM Audi di Indonesia, mobil ini dibanderol Rp 1,3 miliar (on the road). Tergiur ingin meminang Audi A5 Coupe? Baca dulu detail lengkapnya di sini.



Desain dan Fitur


Model terbaru yang mulai dipasarkan sejak tahun lalu di belahan bumi lain, memiliki fisik lebih dinamis dibanding generasi terdahulu. Hal itu berasal dari shoulder line yang lebih bergelombang, tidak lagi hanya lurus dan kaku. Garis tersebut mengalir rapih dari headlamp melewati dua fender yang lebih berotot dan berakhir sedikit di belakang rear lamp. Lumayan memberi warna dan sentuhan baru, selain perubahan pada fascia depan berupa grille singleframe khas Audi dan kap mesin dengan guratan garis tegas. Desain eksterior ditutup manis di belakang, berkat lekukan seksi membentuk duck tail nan sporty.


desain Audi A5


Pusat perhatian interior berasal dari MMI-Display berukuran 8,3-inci, yang kini mendapat tambahan fitur Apple CarPlay untuk terhubung ke smartphone iPhone. Pengaturan monitor ini, dapat melalui kenop MMI Navigation di konsol tengah dan juga dilengkapi dengan track pad seperti di laptop. Fungsinya macam-macam, mulai dari beragam informasi hingga pengaturan kendaraan. Soal sistem audio, Audi mempercayakan pada Bang & Olufsen. Tidak tanggung-tanggung, 19 speaker tersebar di seantero kabin coupe ini.



Audi Virtual Cockpit


Audi TT adalah Audi pertama yang dilengkapi panel instrumen dengan format monitor LCD high-resolution berukuran 12,3-inci. Tidak hanya mengubah nuansa interior menjadi lebih futuristis, tapi juga membantu pengemudi lebih fokus ke jalan tanpa harus menoleh ke center stack dan memudahkan dalam memonitor berbagai fitur. Sistem ini juga terintegrasi dengan MMI, selain menampilkan data kecepatan, putaran mesin, berbagai indikator dan peta navigasi.


audi virtual cockpit


Tampilannya pun dapat diubah sesuka hati. Ada pilihan classic view dengan format indikator panel instrumen standar. Kemudian ada progressive view yang tampak lebih detail hingga menampilkan gambar mobil secara utuh. Dan bila sedang dalam mode berkendara Dynamic, maka tampilan akan berubah hanya menampilkan indikator tachometer dan posisi gear.



Mesin TFSI, Transmisi S Tronic dan Quattro


Mesin TFSI garapan Volkswagen Group, kerap kali diganjar penghargaan lantaran pintar dalam mengolah tenaga dan efisiensi bahan bakar secara bersamaan. Mesin yang dipilih untuk Audi A5 Coupe ini, merupakan mesin 2.0 TFSI sama yang digunakan di lineup Audi lainnya. Dan mesin ini ialah varian 2.0 TFSI dengan tenaga sebesar 252 PS dan torsi 370 Nm yang tersedia antara 1.600 - 4.500 rpm.


mesin TFSI audi A5


Mesin ini dipasangkan dengan transmisi yang tak kalah pintarnya. Audi mengandalkan transmisi dual-clutch 7-percepatan dan diberi nama S Tronic yang mampu menghasilkan sensasi sport hasil kombinasi karakter transmisi manual dengan keuntungan sebuah transmisi otomatis. Perpaduan dua powertrain dan penggerak all-wheel drive (AWD) Quattro, menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,5 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 km/jam. Sistem Quattro memiliki pembagian standar 40:60 antara roda depan dan belakang, namun dapat berubah sesuai kondisi permukaan hingga 85:15.



Audi Drive Select


Sistem berupa mode berkendara yang terdiri dari lima pilihan, Efficiency, Comfort, Auto, Dynamic dan Individual. Perubahan akan terjadi pada respons kemudi, pedal akselerator, suara mesin, sistem pendingin udara, respons transmisi dan peredaman suspensi.


audi drive select A5


Mode Efficiency diperuntukkan untuk berkendara efisien, sehingga segala sistem diperintahkan untuk mengirit bahan bakar. Bila tidak ingin repot mengatur mode yang diinginkan, pilih saja mode Auto dan komputer akan menentukan model mana yang dipilih dari input segala sensor. Sementara mode Individual membebaskan pengemudi untuk memilih masing-masing setelan yang diinginkan.



Matrix LED


Audi merupakan pabrikan pertama yang memperkenalkan headlamp full-LED anti-glare dikontrol secara digital bernama Matrix LED. Lampu model ini debut di Audi A8 facelift dan kini sudah diaplikasi di generasi terbaru A8, A6, TT, R8, Q Series dan tentunya Audi A5 Coupe.


Lampu LED Audi A5


Lampu LED memiliki siklus hidup sangat panjang, bebas perawatan dan tidak membutuhkan daya listrik besar. Cahaya yang dihasilkan lebih terang sehingga sangat membantu visibilitas malam hari bagi pengendara dan lingkungan di sekitarnya.


Baca Juga: Cari Tahu Tentang All New Kia Rio, Sebelum Membelinya

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer