Daftar Teknologi Mobil dari Film yang (Tak) Mungkin Jadi Kenyataan

Daftar Teknologi Mobil dari Film yang (Tak) Mungkin Jadi Kenyataan

Teknologi ponsel (telepon seluler), konon terinspirasi dari serial fiksi ilmiah Star Trek. Martin Cooper, salah satu penemu ponsel Motorola mengakui bahwa cara Kapten Kirk berkomunikasi dengan rekannya dengan peranti yang bisa digenggam dan dibawa kemana-mana membuatnya ingin mewujudkan konsep tersebut.


Tujuan dari teknologi-teknologi berbentuk fitur tersebut tentunya untuk mendukung kegiatan sang tokoh film dalam beraksi. Jadi, tak berlebihan jika kami merangkum beragam teknologi otomotif yang nongol di film-film keren. Siapa tahu di masa depan atau mungkin saat ini, bisa atau bahkan sudah direalisasikan.


KITT Knight Rider


Mobil Otonom


Kami memulainya dengan teknologi yang sudah diterapkan. Autonomous system (otonom) alias, mobil yang bisa bergerak sendiri dan memiliki kecerdasan. Kita sudah melihat beberapa penerapan teknologi ini. Paling mutakhir ada di Tesla, di mana pada negarta tertentu fitur ini bisa diaktifkan agar mobil bisa sampai ke tujuan tanpa perlu anda kemudikan sama sekali.


Kalau Anda ingat, ada nama KITT yang terkenal dengan teknologi serupa dari film Knight Rider. Mobil canggih ini berbasis Pontiac Trans Am 1982. Nama KITT sebenarnya merupakan akronim dari Knight Industries Two Thousand. Ia bertugas sebagai ‘otak’ dari mobil tersebut.


Benar, KITT bukanlah mobilnya melainkan sebuah komputer super canggih berbentuk mikroprosesor yang diintegrasikan dalam Pontiac. Mikroprosesor ini mampu mengolah berbagai data dari aneka sensor di mobil dan memberi tanggapan yang logis untuk berinteraksi layaknya manusia.


KITT interior


Seperti yang disebutkan dalam film tersebut, KITT mempunyai sistem komputer dengan memori mencapai 1.000 megabyte (1 GB)--yang terkesan canggih di tahun 1980an--yang bisa memberikan perhitungan program hingga kecepatan nanosecond. Komputer supercanggih KITT memungkinkan mobil ini memiliki kemampuan berkomunikasi dengan pengemudi dan menjadi asisten bagi pengemudi, termasuk membuatnya bergerak tanpa perlu dikemudikan.


Meski fitur otonom seperti KITT belum bisa diaplikasikan di Indonesia, namun Tesla Model 3 sudah diberi Auto Pilot. Sistem ini kurang lebih memungkinkan mobil bergerak dengan kecepatan mandiri serta terjaga dalam lintasan yang ada. Bahkan, kalau sekadar berbicara dengan mobil, Wuling Almaz saja sudah bisa. Si mobil bisa diperintah menggunakan suara untuk membuka jendela, mengontrol AC, bahkan mengendalikan peranti hiburan.


Delorean Back to The Future


Mobil Mesin Waktu


Semoga Anda pernah menonton film Back To The Future. Film ini menunjukkan aksi Marty Mcfly dan Dr. Emmet Brown bertualang lintas waktu menggunakan mobil Delorean DMC-12. Untuk teknologi mobil yang satu ini, tak usah repot mencari persamaan dengan mobil yang dijual sekarang, tak ada bung!


Teknologi yang belum pernah ada, adalah mesin waktu. Yup, mesin waktu rancangan Dr. Emmet Brown di dalam film tersebut memanfaatkan mobil sebagai moda transportasi untuk melintasi dimensi ruang dan waktu. Dalam penjabaran teknologinya, Emmet menjelaskan bahwa ia mengintegrasikan teknologi fiktif bernama Flux Capacitor dalam DeLorean.


Bodi DeLorean yang seluruhnya tersusun atas baja, membantu penyebaran partikel Flux yang memungkinkan terciptanya lorong waktu. Untuk menembus lorong waktu, dibutuhkan juga kecepatan tinggi mencapai 140 km/jam dan daya listrik 1,21 giga watt yang disokong oleh reaktor nuklir.


Delorean DMC


Yang unik, DeLorean yang digunakan di film, merupakan mobil yang juga dimiilki masyarakat saat itu. Memang, tak banyak pemiliknya, soalnya hanya satu tahun peredaran mobil ini berlangsung. Perusahaan yang didirikan John Z. DeLorean, bekas petinggi General Motors itu dinyatakan bangkrut hanya 12 bulan setelah berniaga. Meski demikian, tak kurang 9.200 unit DeLorean sempat diproduksi, dan 6.000 di antaranya masih terawat baik di tangan pemiliknya.


Setelah film itu booming, pada 1995, sebuah perusahaan kecil di Texas yang menamai dirinya DeLorean Motor Company membuat suku cadang mobil ini untuk melestarikan DeLorean. Para pemilik yang sempat kebingungan karena pabrik dan perusahaan aslinya punah, tentu bersenang hati.


Kabar terbaru, petinggi DeLorean Motor Company tengah menyiapkan peluncuran kembali mobil ini untuk tahun 2021. Bukan generasi baru, atau penyegaran. Melainkan poduksi kembali model serupa yang pernah mereka ciptakan pada awal 1980-an. Tentu, tanpa mesin waktu racikan Dr. Emmet ya.


Lotus Esprit submarine


Mobil Kapal Selam


Film franchise James Bond, seringkali jadi ajang pabrikan unjuk gigi akan performa mobilnya. Terakhir, Land Rover Defender generasi terbaru diajak beraksi di sana. Namun bukan itu yang akan kami bahas dari film sang agen mata-mata flamboyan. Ada unit mobil Lotus Esprit S1 yang dirancang agar bisa bermanuver layaknya kapal selam.


Silahkan tonton film James Bond, The Spy Who Loved Me (1977). Di situ Esprit S1 atau Seri 1 memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan dalam air. Pengoperasiannya adalah dengan mengganti sistem penggerak dan kemudi mobil sport tersebut menjadi sistem yang lazim digunakan kapal selam.


Bond mengaktifkan konversi sistem lewat tuas convert di kabin. Begitu berganti, papan speedometer berganti panel indikator penunjuk kedalaman, arah, kecepatan yang seluruhnya berbasis sistem digital masa depan (teknologi ini bahkan belum ada di mobil tahun 70an).


Lotus Esprit


Sistem penggerak roda juga berganti dengan empat buah propeller di bagian buritan. Sedangkan untuk mengendalikan arah dan pengereman, digunakan sirip di sisi dan bagian belakang mobil. Perangkat kedap air juga diterapkan hingga ke kaca untuk menjaga agar air tak masuk ke kabin. Sedangkan untuk melihat ke luar kabin menggunakan periskop bak kapal selam.


Berbagai sumber menyebut bahwa mobil ini benar-benar dibuat untuk masuk ke dalam air. Maksudnya adalah bodinya benar-benar dimodifikasi agar mampu berada di air, tapi tentunya tanpa kemampuan bergerak seperti dalam film, sebab mesin dan perangkat di kabin sudah dilucuti terlebih dahulu dan menyisakan hanya bodinya untuk dibuat menjadi cangkang kapal selam.


Meski Lotus Esprit tak masuk ke lini produksi sebagai mobil amphibi yang bisa menyelam, namun pabrikan asal Swiss, Rinspeed membuat prototipe mobil konsep terinspirasi Lotus James Bond yang siap diproduksi.


Julukannya Rinspeed sQuba. Bedanya, pemilik mobil harus menggunakan wet suit dan peralatan layaknya scuba diving, sebab air akan masuk ke dalam kabin begitu mobil menyelam. Lebih canggihnya dari Lotus Esprit S1 James Bond, Rinspeed sQuba tak pakai mesin berbahan bakar. Ia menggunakan unit motor elektrik sebagai sumber daya gerak.


Camaro Bumblebee


Mobil Robot


Lagi-lagi, tak perlu repot menunggu mobil ini jadi kenyataan. Bahkan sebagian ilmuwan saja menyangsikan probabilitas sebuah mobil untuk dapat berubah jadi robot dengan tampilan seperti di film transformer.


Namun tentu tak ada salahnya dibahas. Diceritakan pada film Transformer (2007), Sam Witwicky mendapat hadiah ulang tahun berupa mobil Chevrolet Camaro SS lansiran 1977. Ternyata, bukan kebetulan jika Camaro kuning itu ada di pasar mobil bekas. Ia adalah sosok robot bernama Bumblebee yang menyamar jadi mobil sport untuk menolong Sam.


Camaro Bumblebee


Kemampuan Bumblebee untuk bertransformasi pun memungkinkan Sam akhirnya menunggangi Camaro 2006 seperti yang ditemuinya di jalan. Teknologi ini ternyata tak hanya dimiliki Bumblebee, robot alien lainnya, Optimus Prime, Jazz, Ratchet, Ironhide, Megatron, Starscream dan lainnya bisa bertransformasi menjadi sosok kendaraan. Tak cuma mobil, Starscream dan Megatron bahkan bisa berubah jadi pesawat jet.


Sudah tentu tak ada pabrikan yang mencoba mengadopsikan teknologi ini menjadi kenyataan. Pasalnya, kisah fiksi ilmiah ini memang bukan untuk memperkenalkan teknologi, melainkan mainan lansiran Hasbro.


Mobil Bersenjata


Tak ada yang aneh dengan istilah mobil bersenjata. Tank atau kendaraan militer lainnya juga punya kapabilitas itu. Tapi tetap, film mempunyai ruang imajinasi lebih dari dunia nyata untuk menyajikan hiburan. Kalau bicara mobil dengan persenjataan, tentu tak afdhol jika tak menyebut James Bond lagi.


Aston Martin James Bond


Agen mata-mata playboy ini selalu mendapat mobil canggih racikan tokoh bernama Q dalam film James Bond. Q bertugas menyiapkan peralatan berteknnologi tinggi untuk kegiatan mata-mata Bond. Mulai dari perlengkapan penyadapan, pertahanan, persenjataan, termasuk mobil eksotis dengan persenjataan.


Uniknya, evolusi salah satu merek mobil, terjadi bersamaan dengan perjalanan film ini, yakni Aston Martin. DB5 lah yang pertama kali jadi terkenal karena hadir perdana 1964 di film James Bond Goldfinger sebagai mobil eksotis berpersenjataan lengkap. Peralatan khas yang ada di mobilnya adalah kursi pelontar, senapan mesin, perusak ban musuh, penyemprot oli-paku dan asap. Oh ya, kabar terbaru juga menyebutkan DB5 ini diproduksi ulang demi para fanatis Bond.


Ada sekitar delapan model Aston Martin tampil di film James Bond, mulai dari DB5 (1963), DBS (1968), V8 Vantage Volante (1985), V12 Vanquish (2002), DBS V12 (2006) dan DB10 (2014). Mobil terakhir adalah mobil fenomenal, sebab berbeda dengan seri lain yang memang produksi massal, DB10, adalah mobil prototipe yang hanya dibuat 10 unit. Spesial untuk kepentingan film James Bond, Spectre. Sebanyak 8 dari 10 unit digunakan untuk berbagai keperluan pengambilan gambar sepanjang pembuatan film tersebut. Sedangkan dua unit sisanya digunakan untuk keperluan promosi film. Meski tak memiliki persenjataan seperti di film, namun mobil prototipe ini terjual di lelang dengan harga GBP 2,4 juta atau setara Rp 46 milliar.


Aston Martin DB5


Tak hanya James Bond, Batman, juga memiliki mobil dengan persenjataan yang bahkan lebih mutakhir dari James Bond. Wajar saja, sebab tokoh Batman memang lebih fana sebagai superhero daripada James Bond yang agen rahasia pemerintah Inggris.


Di setiap film Batman, selalu ada kendaraan baik itu mobil, pesawat maupun motor dengan persenjataan lengkap. Pada sekuel Batman modern misalnya, The Dark Knight, Tumbler-nama mobil Batman- memiliki senjata yang dapat membidik dan menembak target secara otomatis. Sedangkan untuk melumpuhkan kendaraan lain atau menghancurkan objek, mobil ini memiliki rudal.


Tumbler


Jika Aston Martin James Bond memiliki kursi pelontar, maka Tumbler milik Batman bisa melepaskan sebuah motor ketika dibutuhkan. Yang lebih canggih, Tumbler juga memiliki kemampuan stealth atau menghilang dengan bantuan material bodi dan motor elektrik sebagai penggerak yang tak mengeluarkan suara. (Van/Tom)


Sumber foto: gearheaddiva.com, teamtimecar.com, supercars.net, carsensation.com, dailymail.co.uk, rinspeed.com


Baca juga: 10 Komponen di Mobil Harian yang Berasal dari Dunia Balap

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store