Cari Mobil Bekas? Ini Pilihannya Yang Bermesin Diesel

Cari Mobil Bekas? Ini  Pilihannya Yang Bermesin Diesel

Ulasan mengenai mobil bekas kali ini, CarBay Indonesia lebih berkonsentrasi ke daftar mobil-mobil bermesin diesel. Ya, sebelumnya kami sudah membaginya berdasarkan jenis bodi seperti pilihan MPV bekas dan pilihan SUV bekas, selain itu ada juga yang menurut harga yakni pilihan mobil bekas seharga Rp 150 Jutaan. Dalam rangka memberikan referensi pilihan lebih mendalam kepada Anda, maka kami siapkan pilihan SUV dan MPV bekas dengan mesin diesel. Perlu diketahui, bila tren diesel perlahan-lahan mulai meningkat dan juga bisa menjadi pilihan karena konsumsi bahan bakar yang efisien dengan torsi yang besar.

Lokasi perburuan mobil bekas bermesin diesel ini kami lakukan di sentra mobil bekas yang bernaung di grup Astra, Mobil88 cabang Cilandak, Jakarta. Dan hasilnya tercatat ada 4 mobil rekomendasi kami. Kategorinya yang menjadi barometer adalah usia mobil yang tidak lebih dari 5 tahun dan adanya jaminan kondisi kendaraan yang masih baik untuk digunakan.

Rupanya, mobil diesel tidak wajib harus segmen Sport Utility Vehicle (SUV) saja, karena ada juga yang Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan pembagian merata yakni 2 SUV dan 2 MPV. Entah kebetulan atau tidak, kami juga menemukan salah satu model MPV yang jarang terlihat di showroom mobkas namun banyak berseliweran di jalanan.

Agar lebih jelasnya, maka kami langsung ulas ragam pilihan mobil bekas diesel. Siapakah mobil diesel yang paling ekonomis harganya? Siapakah kompetitor dari Innova yang masuk dalam daftar ini?

Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport masih banyak diminati

Pillihan pertama yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda adalah SUV dari brand Mitsubishi yakni Pajero Sport. Mobil dengan berat 2 Ton ini menggendong mesin diesel yang mumpuni buktinya saja, sampai dengan generasi terbarunya yang diluncurkan pada awal 2016 masih ada varian yang mengenakannya. Depot tenaga tersebut berkode 4D56, 4-silinder yang berkapasitas 2.5 L. Bakatnya memproduksi tenaga maksimal 136 PS dan menyajikan momen puntir 314 Nm dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5-percepatan.

Sebagai sebuah SUV, Mitsubishi mengaplikasikan bahasa rancang yang tangguh, dengan over fender yang besar, velg berukuran 17 inci, grill depan dengan palang horizontal berlapis chrome, roof rail, lampu utama mengenakan model projector dan lampu belakang yang dinamis dengan dominasi warna merah.

Untuk sample kali ini, kami memilih Pajero Sport Exceed 4x2 bertransmisi otomatis yang dilansiran tahun 2012 dan odometernya sudah menyentuh 55.914 km seharga Rp 324 Juta. Exceed sendiri, merupakan varian teratas sebelum hadirnya Dakar. Oleh karenanya terdapat perbedaan dari segi interiornya. Dimulai dari wood panel yang menempel di trim pintu dan konsol tengah dashboard, center instrumen panel yang berisikan informasi suhu kabin, serta audi switch control di palang lingkar kemudi.

SUV 7-penumpang ini juga diakomodasi dengan beragam fasilitas keselamatan berkendara. Yaitu sistem deselerasi seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), kantung udara ganda untuk penumpang depan dan pengemudi, sensor mundur dan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body.

Toyota Fortuner VNT

Fortuner pesaing sejati Pajero Sport

Pesaing dari Mitsubishi Pajero Sport ini juga mempunyai edisi dieselnya dengan imbuhan VNT dibalik namanya. Kepanjangan dari VNT sendiri adalah Variable Nozzle Turbo yang fungsinya meningkatkan output tenaga dan torsi lebih berlimpah. Secara data spesifikasi, Toyota Fortuner VNT dibekali dengan mesin diesel berkekuatan 2.5 L DOHC turbo intercooler berkode 2KD-FTV yang mampu mengakodomodasi tenaga 144 PS dan torsi sebesar 343,2 Nm. Untuk mendistribusikan performa dari SUV sepanjang 4.7 meter ini, terpasang transmisi otomatis 4-percepatan ECT dan manual 5-percepatan. Jika dibandingkan dengan Fortuner berdepot tenaga VVT-i maka angka performanya tertinggal 16,4 PS, akan tetapi momen puntirnya jauh lebih besar, selisihnya sebanyak 102 Nm.

Berbicara penampilan dari Fortuner VNT dan lainnya sama-sama gagah dengan velg besar 17 inci, grill besar dengan 3 buah palang bergaya horizontal, model bumper depan yang lebih kaku dengan cluster lampu kabut berkelir hitam, roof rail di atap, lampu belakang beraksen transparan dan lampu utama mengaplikasikan projector yang memberikan pancaran cahaya lebih luas serta merata saat membelah kegelapan malam. Perbedaan mencoloknya ialah Hood Scoop yang ada di atas kap mesin dan emblem VN Turbo di pintu bagasi.

Mobil SUV Toyota Fortuner yang hasil pencarian kami kali ini adalah tipe G VNT 2.5 bertransmisi otomatis 4x2 keluaran tahun 2013 dan sudah digunakan sejauh 45.023 Km. Pun nilai pasarannya sebesar Rp 351 Juta.

Mengenai kelengkapan yang terdapat didalam kabinnya terdiri dari Multi Information Display (MID), head unit 2DIN dengan layar berukuran 6,1 inci plus speaker sebanyak 6 buah, sliding seat untuk kursi baris kedua, printed antenna dan defogger pada kaca pintu bagasi.

Isuzu Panther Grand Touring

Panther salah satu alternatif menarik

Tidak cuma SUV yang dibekali dengan mesin diesel, karena mobil MPV juga punya. Salah satunya dan merupakan pesaing abadi dari generasi ke generasi Kijang adalah Isuzu Panther. Selama Kijang mengaspal, MPV/crossover dari produsen otomotif yang bersemboyan Rajanya Diesel selalu konsisten mengusung depot tenaga peminum solar dan seiring waktu, MPV dari Toyota ikutan bertransformasi untuk menyajikan pilihan depot tenaga diesel.

Jantung mekanis yang diandalkan oleh Isuzu kepada panther generasi ke -4 ini hanya terdapat satu tipe saja yakni berkekuatan 2.5 L dengan perangkat Turbocharger dan berkode 4JA1-L. Prestasinya ialah memproduksi tenaga maksimum 80 PS dan memberikan momen puntir sebesar 191 Nm yang dikawinkan dengan sistem transmisi 5-percepatan.

Adapun varian yang kami temukan di lapangan adalah tipe Grand Touring, kasta tertinggi dari Panther. Usianya sudah 4 tahun dan jarak kilometernya 62.504 Km. Banderol yang dirilis oleh Mobil88 untuknya adalah Rp 215 Juta. Sejauh pengalaman kami ketika berburu mobkas, MPV Isuzu ini tergolong langka bila dibandingkan dengan rivalnya dan sepertinya pemiliknya masih betah dengan mesin 'bandel' nya dan harga solar yang tetap ekonomis dari bensin.

Karena edisi teratas maka penampilannya terlihat lebih kokoh dengan velg 15 inci dan ban yang tebal, side body moulding, roof rail pada bagian atap, ban serep dengan cover hardcase menempel di pintu bagasi, spoiler belakang, over fender sewarna bodi dan spion yang terintegrasi dengan lampu sein. Fasilitas lainnya yang dimiliki oleh MPV berbobot 2,1 Ton ini adalah camera belakang yang bersembunyi di sisi kiri spoiler, pendingin udara double blower, sensor parkir, power steering, power window dan jok berlapis kulit.

Toyota Kijang Innova

Innova juga masih menjadi alternatif yang menarik

MPV yang dikenal dengan tagline memang tiada duanya ini juga memiliki varian mesin diesel. Pasalnya, dahulu PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkannya dalam dua pilihan mesin yakni bensin 1TR-FE berkapasitas 2.0L dan diesel 2KD-FTV berkekuatan 2.5L. Pastinya keduanya memiliki perbedaan performa. Dimana mesin bensinnya mengeluarkan tenaga 136 PS dan torsi sebanyak 182 Nm, sedangkan depot tenaga peminum solarnya hanya menyajikan daya 102 PS atau tereduksi 34 PS, namun momen puntirnya lebih melimpah yakni 259 Nm untuk versi transmisi otomatis 4-percepatan dan 200 Nm khusus transmisi manual 5-percepatan.

Secara desain, tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara versi bensin dan diesel. Tetap saja mengusung bahasa desain bodi yang dinamis dengan identitas grill depan yang lebar dan lampu belakang bergaya baru, serta ornamen mika berorientasi horizontal di pintu bagasi. Secara sekilas yang dapat membantu Anda dalam membedakannya tanpa membuka bonnetnya adalah emblem D4D yang menempel di area bodi samping depan.

Varian yang kami temukan dalam perburuan kali ini adalah Toyota Kijang Innova V diesel tahun 2013 dengan jarak odometer 29.989 Km dan ditawarkan dengan harga Rp 283 Juta. Tipe tertinggi dari Innova ini pada eksteriornya dilengkapi dengan velg berukuran 15 inci, side body moulding, spoiler dengan high mount stop lamp, dan side skirt, sehingga tampak lebih sporty dibandingakan dengan trim lainnya

Di dalam kabinnya, Innova diesel ini menyematkan roof monitor berukuran 8 inci, ornamen wood panel di trim pintu, lingkar kemudi, dan cluster tengah, pengaturan pendingin udara secara digital dan fitur multi-information display di atas head unit. Sebagai fasilitas keamanan berkendara, tipe ini menginstalasi pengereman Anti-lock Braking System dan Corner Sensor.

Baca Juga: Inilah Pilihan SUV Bekas Seharga Rp 350 jutaan

 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil