jakarta-selatan

Arti Nama Mobil-Mobil Ikonik yang Sering Anda Kagumi

  • 15 Jun, 2019
  • 1230 Kali Dilihat

Para Petrolhead pasti paham betul mengenai mobil yang kami sebutkan di bawah. Dari mulai evolusi, performa, bentuk dan sejarahnya. Rata-rata tenar karena kepraktisan tinggi dan handal dipakai sebagai mobil harian. Ada juga yang melegenda lewat performa hebatnya. Atau terkenal karena desain sangat buruk. Namun kali ini kami tidak akan membahas spesifikasi maupun  segala kelebihan maupun kekurangan. Tahukah Anda arti serta asal muasal penamaan mereka? Berikut kami rangkum informasinya.


Chevrolet Camaro



Ingat mobil biru hasil taruhan Brian O’Conner dan Roman Pearce di Film 2Fast 2Furious? Ya, itulah Camaro. Chevrolet melansirnya pada 1967. Asal muasal namanya, ternyata sederhana. Kala itu, pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini sedang gemar menamakan mobil-mobilnya dengan awalan huruf C. Dari 2.000 nama yang disiapkan tim, akhirnya dipilihlah Camaro. Meskipun terdengar seperti bahasa Spanyol, namun ternyata ia tak memiliki arti apapun. Tapi beberapa kali pihak mereka mendefinisikan, Camaro adalah binatang kecil yang sanggup memangsa Mustang. Cukup tendensius ya?


Chrysler PT Cruiser



Di era 2000an mobil ini sempat tenar. Karena bentuknya nyeleneh menyerupai mobil era 40an. Saat itu, yang membawa ke Indonesia Importir Umum (IU). Nah, mengenai namanya, awalan PT bukanlah singkatan dari Perseroan Terbatas. Namanya memiliki banyak interpretasi dari berbagai pihak. Beberapa beranggapan dua huruf itu adalah singkatan dari Personal Transportation. Ada pula yang menyebutkan “Plymouth Truck”. Sedangkan Cruiser, dapat diartikan sebagai kendaraan yang nyaman.


Mazda MX-5 Miata



Mazda MX-5 atau Miata (Pasar Amerika), roadster kompak yang sangat populer. Beberapa pihak menilai mobil ini memiliki ketangkasan yang sangat baik. Singkat kata, ia “fun to drive”. Masing-masing nama itu memiliki arti tersendiri. MX-5, merupakan singkatan dari Mazda Experimental nomor lima. Atau jika di-Indonesiakan, ekperimen Mazda yang kelima. Kalau Miata, berasal dari bahasa Jerman kuno yang memiliki arti hadiah.


Toyota Corolla



Sedan yang pernah merajai jalanan Indonesia ini, juga memiliki arti tersendiri. Corolla adalah kata benda yang didefinisikan sebagai kelopak bunga dan membentuk lingkaran. Istilah ini lumrah digunakan oleh para pecinta tanaman. Jujur, kami tak menemukan apa filosofi di balik penggunaan nama itu. Bisa jadi hanya merepresentasikan keindahan saja.


Toyota Yaris



Yaris merupakan perpaduan bahasa Jerman dan Yunani. Berdasar dari kata Charis, yang berarti simbol keindahan dan keagungan dalam mitologi Yunani. Namun tak sampai di situ, Toyota mengganti suku kata pertama dengan “Ya” dalam bahasa Jerman. Artinya sama saja dengan di Indonesia. Maksudnya merepresentasikan reaksi para desainer yang mengharapkan desain mobil ini sangat diterima oleh pasar Eropa. Agak aneh ya?


Bentley Bentayga



Inspirasi nama Bentayga berasal dari sebuah di Kepulauan Canary. Di sana berdiri kokoh gunung batu yang disebut Roque Bentayga. Atas itu, pabrikan mobil mewah asal Inggris ini, langsung menamainya. Terang saja, kalau mengambil nama pegunungan terbesar Everest, sudah digunakan oleh Ford. Sedangkan Himalaya, identik dengan Royal Enfield. Untung saja mereka tak menjelajah ke Indonesia. Bisa-bisa rival berat Rolls-Royce Cullinan itu dinamai Gede, Salak atau Slamet.


Mercedes-Benz E-Class



Kalau Anda melihat imbuhan E di Mercedes-benz W123 (Tiger) atau W124 (Generasi awal) pada akhiran angka. Sebetulnya itu tak merepresentasikan kelas. Melainkan merujuk pada penggunaan sistem injeksi bahan bakar. Atau dalam bahasa Jerman, einspritzung. Makanya, mobil-mobil pendahulu S-Class pun memiliki huruf yang sama di akhiran, Misalnya 220SE, 280SE dan banyak lagi.


Nah, baru di generasi W124 1994, huruf E mendefinisikan kelas mobilnya. Karena teknologi injeksi sudah tertanam di seluruh produk Mercedes-Benz. Artinya, ia berada di tengah antara huruf C (C-Class) dan S (S-Class).


Ferrari GTC4Lusso



Untuk memahaminya, perlu dipecah dalam tiga bagian. Pertama GTC, yang merupakan bentuk penghormatan pada Ferrari model klasik masa 60an (330GTC). Lalu angka empat, menyuarakan bahwa mobil punya format tempat duduk empat penumpang. Terakhir Lusso, dalam Bahasa Italia artinya mewah. Kalau yang berakhiran T (GTC4Lusso T), merujuk pada varian turbo dengan basis mesin V8 yang lebih kecil. (Hel/Odi)


Sumber: Autocar UK, Berbagai Sumber


Baca Juga: Lima Teknologi di Mobil Anda, yang Datang dari Berisiknya Dunia Balap

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi