Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?

Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?

Daihatsu Rocky boleh dipinang bila mengincar crossover mungil yang relatif murah di antara para rival. Saat ini dipasarkan dengan label Rp 214,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe 1.0 R TC bertransmisi manual. Tapi pilihannya bukan itu saja. Di harga segitu Anda juga bisa membawa pulang Nissan Magnite varian terendah.

Selisihnya sangat tipis. Nissan Magnite Upper yang hanya tersedia dalam format penyalur daya manual didagangkan Rp 214,8 juta. Bisa dipastikan segera menjadi titik terendah untuk crossover mungil bermesin tiga silinder 1.000 cc turbo. Mengingat, bulan depan skema relaksasi PPnBM untuk Daihatsu Rocky dan berbagai model lain akan berubah. Namun terlepas dari perubahan harga Rocky, siapa lebih menarik dari dua model crossover mungil ber-turbo termurah saat ini?

Daihatsu Rocky

Daya Tarik ‘Jip Mini’ Modern

Wujud SUV dan segala turunannya memang sedang berada di atas awan. Jadi model yang paling berkembang dan digandrungi selama satu atau dua dekade ini. Gaya jip metropolitan ini dianut oleh supercar hingga ke mobil kompak perkotaan. Kalau senang dengan nuansa tangguh SUV, Rocky atau Magnite dapat dijadikan jalan keluar tanpa bikin kantong jebol.

Menyoal desain, Nissan Magnite tampil segar di mata dengan cipratan nuansa Datsun modern. Terutama pada aransemen wajah berisi grille heksagonal ala merek entry-level Nissan itu. Lanjut eksekusinya memainkan banyak lekuk di permukaan berotot. Sibuk berusaha pancarkan aura modern. Sibuk juga berusaha terlihat tangguh lewat pemanfaatan cladding tebal.

Lain cerita pada Daihatsu Rocky. Bukan usang atau tidak modern namun gayanya seakan mengikuti arahan tradisi lama dalam penamaan berbeda. Coba teliti lagi, ada rasa keturunan dari famili Terios di Jepang (ingat, bukan versi regional). Diawali Terios, muncul Be-Go, dan kini dilanjutkan oleh Rocky. Tidak ada yang salah dengan itu. Tanpa upaya besar, profil tubuh dan eksekusi garis cukup untuk membuatnya tampak modern sekaligus tangguh.

Jika melihat dari sudut pandang dimensi, proporsi tubuh Rocky mungkin lebih terlihat memikat di harga ini. Dalam anggapan “lebih besar, lebih baik”. Sebagai gambaran, model termutakhir Astra Daihatsu Motor saat ini diukur 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.525 mm. Magnite sendiri mencatatkan figur 3.994 x 1.758 x 1.572 mm di atas pemisahan sumbu sejauh 2.501 mm. Sepantaran namun terlihat jelas siapa lebih besar. Disudahi pula pelek lebih besar, 17 inci, yang mengimbangi ukuran tubuh.

Baca juga: Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R

Review Nissan Magnite

Siapa lebih rupawan? Sila tentukan sendiri karena itu tergantung selera masing-masing. Yang jelas mereka tidak tampil rendahan meski berada di titik termurah. Penerangan LED sampai pelek dari kasta termahal eksis. Menilai dari seberapa lengkap fitur eksterior, Rocky lebih komprehensif dengan kemudahan akses smart entry plus start/stop button. Berusaha mengimbangi, Magnite baru sebatas mengusung keyless entry meski tombol menyalakan mesin tetap hadir.

Keistimewaan di segmen ini adalah nuansa dan kelengkapan serbamodern sebagai nilai jual utama. Bisa dirasa dalam kabin melalui berbagai peranti digital. Sebut saja panel AC digital, head unit touchscreen sampai ke instrumentasi digital. Belum lagi fungsi integrasi smartphone berupa Android Auto dan Apple CarPlay. Sebagai pelengkap, turut mejeng audio control switch di palang roda kemudi. Semua hadir di kedua kontestan ini.

Masing-masing punya cara tersendiri untuk setidaknya terlihat berkelas. Nissan melakukannya dengan menyebar material fabric sampai ke door trim. Sementara itu, Daihatsu berikan sentuhan soft touch pada door trim depan. Urusan visual, boleh dibilang Rocky tampilkan desain dan layout lebih dewasa dan pintar terutama pada display layar dan panel AC. Namun memang kembali lagi. cocok atau tidaknya tergantung preferensi masing-masing.

Soal kepraktisan, pada opsi termurah ini Rocky bisa dibilang unggul tipis. Keduanya menawarkan fleksibilitas pengangkutan barang melalui metode pelipatan bangku belakang 60:40. Namun lantaran dimensi sedikit lebih besar berikut wheelbase lebih panjang, ia menjanjikan kelapangan kabin. Belum lagi keberadaan banyak ruang penyimpanan seperti door pocket besar, ruang di balik konsol tengah, cup holder tersembunyi, boks konsol tengah, dan laci dasbor. Belum lagi, nampan kompartemen di bawah jok. Magnite tidak sekomprehensif itu terutama pada trim terendah. Boks konsol tengah absen. Juga tunnel konsol tidak menyembunyikan banyak ruang penyimpanan pintar. Cenderung konvensional.

Baca juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Peranti Keselamatan Canggih Daihatsu Rocky Turbo

Daihatsu Rocky interior Daihatsu Rocky interior

Pertarungan Senjata Turbo di Atas Kertas

Tak kalah menarik di segmen ini adalah unit pencipta velositas berkubikasi kecil dan kompak. Hanya 1.000 cc, itu pun hanya mengandalkan tiga silinder. Tapi jangan remehkan kemampuannya, bisa disetarakan enjin empat silinder 1.300-1.400 cc lantaran terdapat sokongan rumah keong pemadat udara alias turbo.

Dibandingkan, Magnite tawarkan ekstraksi mesin lebih besar dari Rocky. Dalam spek transmisi manual, pemacu tiga silinder Nissan sanggup lontarkan tenaga maksimum 100 PS di 5.000 rpm. Capaian torsi puncak juga tergolong besar, sampai 160 Nm dari 2.800 – 3.600 rpm.

Anggota Daihatsu tidak punya persenjataan sekuat itu. Dari tarian tiga piston yang pasokan udaranya dipadatkan, ia hanya dapat menorehkan figur maksimum 98 PS di 6.000 rpm. Torsi pun tidak lebih besar meski bisa didapat dari putaran lebih rendah. Total 140 Nm digelontorkan mulai 2.400 – 4.000 rpm.

Baca juga: Lima Hal Untuk Diketahui dari Daihatsu Rocky

Review Nissan Magnite Nissan Magnite interior

Beruntung, Peranti Keselamatan Tidak Berada di Titik Minimal

Eksistensi Rocky dan Magnite menunjukkan bahwa standar keselamatan tinggi tidak lagi eksklusif di trim termahal. Atau, mungkin peningkatan standar mulai jelas terbaca untuk harga Rp 200 jutaan. Sebab bukan sebatas paket moderat dual SRS Airbag dan peranti pengereman ABS+EBD+BA. Kini telah datang alat penunjang stabilitas berkendara elektronik dengan jargonnya masing-masing. Juga tak ketinggalan Hill Start Assist untuk membantu saat menanjak.

Tapi perlu diketahui soal sabuk pengaman. Kelima penumpang Rocky akan terlindungi oleh safety belt tiga titik sementara Magnite sisakan satu penumpang tengah dengan pengencang dua titik. Boleh jadi diferensiasi ini penting, boleh jadi juga tidak. Yang jelas, akan lebih tenang ketika ruang penumpang terisi penuh tergantung kesadaran masing-masing akan keselamatan.

Komplementer dari sisi keselamatan keduanya cenderung sama. Misal saat parkir, gambaran area belakang dapat dilihat melalui head unit agar tidak menabrak objek. Turut dibantu oleh sensor parkir.

Simpulan

Lupakan dulu soal mana lebih ganteng, manis, atau rupawan. Pada dasarnya, dari segi kelengkapan, Rocky dan Magnite cenderung setara di trim terendah. Rocky mungkin sedikit saja lebih memikat untuk urusan fitur pelengkap. Tapi jangan lupa, pemacu Magnite lebih bertenaga. Pertimbangkan pula soal harga lantaran banderol crossover Daihatsu besar kemungkinan berubah kala memasuki periode kedua relaksasi PPnBM. Jadi yang mana pilihan Anda? (Krm/Raju)

Baca juga: First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Komparasi Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
Harga Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

Promo Daihatsu Rocky, DP & Cicilan

  • Rocky 1.2 X CVT ADS DP Rp 37,43 Juta Angsuran Rp 5,61 Juta x 60 Bulan Rp 246,55 Juta OTR Lihat Promo
  • Rocky 1.0 R CVT DP Rp 39,66 Juta Angsuran Rp 5,94 Juta x 60 Bulan Rp 262,45 Juta OTR Lihat Promo
  • Rocky 1.2 X MT ADS DP Rp 39,95 Juta Angsuran Rp 4,92 Juta x 60 Bulan Rp 228,65 Juta OTR Lihat Promo
  • Rocky 1.0 R ASA CVT DP Rp 41,15 Juta Angsuran Rp 6,16 Juta x 60 Bulan Rp 272,35 Juta OTR Lihat Promo
  • Rocky 1.0 R ADS MT DP Rp 45,13 Juta Angsuran Rp 5,43 Juta x 60 Bulan Rp 254,55 Juta OTR Lihat Promo

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Rocky Terbaru di Oto

Oto
  • Daihatsu ROCKY e:smart, Bakal Laku Keras Kalau Dijual | First Impression [GIIAS 2022]
    Daihatsu ROCKY e:smart, Bakal Laku Keras Kalau Dijual | First Impression [GIIAS 2022]
    01 Sep, 2022 .
  • Spec & Harga Mobil Baru Awal 2021 | Rocky, Raize, CR-V Hingga Pajero Sport | OTO Recommendation
    Spec & Harga Mobil Baru Awal 2021 | Rocky, Raize, CR-V Hingga Pajero Sport | OTO Recommendation
    06 Jan, 2022 .
Tonton Video Mobil Daihatsu Rocky

Bandingkan & Rekomendasi

DFSK Glory 560
DFSK Glory 560
Rp 203,9 - 275,9 Juta
Harga Glory 560
Kia Sonet
Kia Sonet
Rp 227,6 - 346 Juta
Harga Sonet
Toyota Raize
Toyota Raize
Rp 235 - 305,1 Juta
Harga Raize
Wuling Alvez
Wuling Alvez
Rp 214 - 300 Juta
Harga Alvez
Panjang 4515 mm
4120 mm
4030 mm
4350 mm
Lebar 1815 mm
1790 mm
1710 mm
1750 mm
Tinggi 1735 mm
1615 mm
1635 mm
1610 mm
Ground Clearance -
205 mm
200 mm
-
Tempat Duduk 5
5
5
5
Jenis Transmisi Manual
Manual
Manual
Manual
Mesin 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.2L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Radio AM/FM Ya
Ya
Ya
Ya
Jenis penggerak FWD
-
-
FWD

Tren SUV

  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mercedes Benz EQE SUV
    Mercedes Benz EQE SUV
    Rp 1,222 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Neta U
    Neta U
    Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Haval Jolion
    Haval Jolion
    Rp 442,21 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil SUV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Daihatsu Rocky dari Carvaganza

  • Setelah Recall, Daihatsu Lanjutkan Distribusi Rocky Hybrid di Jepang
    Setelah Recall, Daihatsu Lanjutkan Distribusi Rocky Hybrid di Jepang
    Alvando Noya, 22 Apr, 2024
  • Ketahui 6 Kelebihan Daihatsu Rocky Ini Sebelum Membeli
    Ketahui 6 Kelebihan Daihatsu Rocky Ini Sebelum Membeli
    Muhammad Hafid, 13 Sep, 2023
  • Daihatsu Ungkap Manipulasi Data Lagi, Sekarang Terkait Rocky dan Raize
    Daihatsu Ungkap Manipulasi Data Lagi, Sekarang Terkait Rocky dan Raize
    Setyo Adi, 23 Mei, 2023
  • GIIAS 2022: Daihatsu Bicara Soal Rocky Hybrid, Masih Untuk Riset Pasar Indonesia
    GIIAS 2022: Daihatsu Bicara Soal Rocky Hybrid, Masih Untuk Riset Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya, 16 Agu, 2022
  • GIIAS 2022: Belum Dua Tahun, Daihatsu Rocky Facelift Sudah Meluncur
    GIIAS 2022: Belum Dua Tahun, Daihatsu Rocky Facelift Sudah Meluncur
    Bangkit Jaya, 13 Agu, 2022

Artikel Mobil Daihatsu Rocky dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature
  • Kompak SUV Murah, Daihatsu Rocky 1.2L Bisa Dicicil Mulai Rp3 Jutaan
    Kompak SUV Murah, Daihatsu Rocky 1.2L Bisa Dicicil Mulai Rp3 Jutaan
    Anjar Leksana, 28 Sep, 2023
  • Pakai Mesin Sama dengan Agya-Ayla 2023, Cek Kelebihan Daihatsu Rocky 1.2L
    Pakai Mesin Sama dengan Agya-Ayla 2023, Cek Kelebihan Daihatsu Rocky 1.2L
    Anjar Leksana, 15 Feb, 2023
  • Persiapan Liburan Akhir Tahun, Daihatsu Rocky 1.2L Bekas Semakin Terjangkau
    Persiapan Liburan Akhir Tahun, Daihatsu Rocky 1.2L Bekas Semakin Terjangkau
    Anjar Leksana, 05 Des, 2022
  • Subaru Rex Jadi Kembaran Daihatsu Rocky, Harga Mulai Rp200 Jutaan
    Subaru Rex Jadi Kembaran Daihatsu Rocky, Harga Mulai Rp200 Jutaan
    Anjar Leksana, 14 Nov, 2022
  • Simak Kecanggihan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang Dipamerkan di GIIAS 2022
    Simak Kecanggihan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang Dipamerkan di GIIAS 2022
    Anjar Leksana, 18 Agu, 2022
  • Rekomendasi SUV Bekas Berkelas Seharga Daihatsu Rocky 1.2
    Rekomendasi SUV Bekas Berkelas Seharga Daihatsu Rocky 1.2
    Anindiyo Pradhono, 15 Sep, 2021
  • Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite, Daya Tarik SUV Mungil Bermesin Turbo Termurah
    Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite, Daya Tarik SUV Mungil Bermesin Turbo Termurah
    Ahmad Karim, 19 Mei, 2021
  • Pilih Daihatsu Rocky 1.0 R TC dengan Paket ADS atau ASA? Selisihnya Tak Sampai Rp1 Juta
    Pilih Daihatsu Rocky 1.0 R TC dengan Paket ADS atau ASA? Selisihnya Tak Sampai Rp1 Juta
    Ahmad Karim, 07 Mei, 2021
  • Mencari SUV Bekas Muda Seharga Daihatsu Rocky, Dapat Apa Saja?
    Mencari SUV Bekas Muda Seharga Daihatsu Rocky, Dapat Apa Saja?
    Helmi Alfriandi, 05 Mei, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*