2020 Jadi Tahun Menarik Untuk Otomotif Indonesia

2020 Jadi Tahun Menarik Untuk Otomotif Indonesia

Tak perlu persoalkan seberapa banyak mobil yang terjual di 2019 ini. Tahun depan, lebih menggairahkan. Kenapa? Dipastikan ada banyak produk, bahkan merek baru di Indonesia. Beberapa di antaranya hampir bisa dipastikan hadir. Semenarik apa? Coba lihat daftar di bawah ini.

Render Toyota Innova by OTO

New MPV Toyota

Diperkirakan meluncur 15 Januari 2020. Sinyalemen kuat diberikan oleh manajemen Toyota, salah satu MPV andalan mereka berubah paras. Avanza baru saja facelift, bisa jadi Innova. Kijang ini desainnya sudah empat tahun. Waktunya penyegaran agar bisa kompetitif terus. Meski kami juga tidak bisa menemukan kompetitor kuatnya untuk saat ini. Spesifikasinya masih belum terungkap. Tapi rasanya tidak berubah banyak, meski sah saja kalau berharap ada teknologi baru di dalamnya. Hybrid, misalnya. Lampu LED, grille, pelek disegarkan. Interior belum ketahuan seperti apa pergantiannya.

MG ZS

Masuknya Mobil Inggris Asal Cina

MG, atau Morris Garage, lebih dikenal di kalangan pecinta dan pengamat otomotif. Yang awam, tidak perlu khawatir. Ini merek Eropa yang cukup terkenal dan umurnya sudah puluhan tahun. Saat ini, sahamnya dikuasai oleh raksasa otomotif, SAIC dari Cina. Dan karena kelahiran Eropa, kualitasnya juga tidak perlu dikhawatirkan. Mereka mulai jualan di Indonesia awal 2020, paling cepat Februari. SUV MG ZS, jadi salah satu yang pertama dikenalkan. Produk kedua juga SUV, MG HS, kemungkinan dirilis di IIMS 2020. Keduanya didatangkan utuh dari pusat perakitan mereka di Thailand.

Harga? Mari berharap seperti mobil yang dikuasai Negeri Cina lainnya. Kalau melihat referensi di Thailand dan India, MG memiliki kualitas produk yang patut diacungi jempol. Interior berkelas, fitur melimpah, harga kompetitif. Bahkan di India yang mengenalkan MG Hector (kembaran Wuling Almaz), mereka harus berhenti menerima pesanan karena kapasitas produksi yang belum bisa mengimbangi.

All New Mazda CX-30

Crossover Tanggung Mazda

Tidak ada yang bisa kami konfirmasi, tapi melihat kebiasaan Mazda Indonesia yang selalu cepat memasukkan produk baru, CX30 mungkin bisa nongol semester kedua 2020. Crossover ini muncul pertama kali di gelaran Geneva Motor Show 2019, Maret lalu. Diposisikan antara CX-3 dan CX-5. Mesinnya punya beberapa pilihan mulai dari 1,8 liter diesel, 2,0 lliter hingga 2,5 liter. Semuanya sudah berteknologi Skyactiv. Yang menarik, CX30 punya varian Skyactiv X. Mesin paling canggih yang dimiliki Mazda saat ini.

UPDATE: Mazda CX 30 akan meluncur 28 Januari 2019 di Jakarta

Suzuki Baleno 2020 Facelift

Suzuki Baleno Facelift

Saat tulisan ini dibuat, Baleno facelift baru saja meluncur. Pada 2020 jadi ajang penjualan hatchback baru ini. Apa saja yang berubah? Grille dan bumper baru, lampu LED, pelek tetap 16 inci tapi desainnya berubah dengan sepuhan dua warna. Perubahan menarik justru dari fitur di kabin. Sistem multimedianya didukung sistem operasi SmartPlay Studio, yang kini mampu menampilkan informasi yang lebih kaya.

Suzuki XL-7 2020

Pesaing Xpander Cross

Suzuki Ertiga crossover. Mereka perlu mobil ini untuk mengimbangi Xpander Cross yang sudah lebih dulu lahir. Entah kenapa, XL7 terlambat. Padahal perbincangannya sudah ada sejak awal 2019. Di balik kap mesinnya masih mengandalkan M15A untuk menggerakkan mobil. Kapasitasnya tetap tujuh penumpang. Tapi, ada kemungkinan dibekali SHVS. Empat huruf itu menandakan ada sistem hybrid ringan di dalamnya. Mungkin ini yang bikin lama? Entah. Yang pasti, Ertiga yang jadi basisnya, diproduksi di Indonesia. Jadi tidak ada alasan XL7 absen dari pasar nasional.

All NEw Mercedes-Benz A-Class

SUV Murah Mercedes-Benz Ganti Bentuk

Tahun ini rasanya tidak banyak produk dari Mercedes-Benz yang memberikan kesan ‘Wow!’. GLC, GLE dari jajaran SUV, kini sudah dirakit lokal di Bogor, Jawa Barat. Tapi satu SUV lagi masih menanti untuk masuk. Inilah All New GLA. Crossover terbawah di keluarga Mercedes-Benz. Meski begitu, kami harus angkat jempol untuk desainnya yang terlihat lebih tegas dan modern. Tingginya bertambah sekitar 10 cm, tapi belum diketahui apakah ground clearance ikut naik atau atapnya saja. Mesinnya direvisi, meski konfigurasi tetap empat silinder. Versi AMG juga sudah mengaspal di Eropa. Varian kencang ini belum bisa dipastikan untuk Indonesia.

mercedes-maybach

SUV Mercedes-Benz Paling Mahal

Inilah Mercedes-Benz GLS Maybach. Emblem Maybach menunjukkan ini adalah mobil supermewah. Persis seperti sedan S600 Maybach yang kenyamanannya juara. Selain interior yang mahal dan nyaman, penggeraknya juga kelas atas dengan konfigurasi V8 turbo ganda. Kenyamanan didukung oleh kursi pijat model ottoman, insulasi kabin tingkat tinggi, hingga pijakan kaki (running board) di bawah mobil yang otomatis keluar dari tempatnya saat pintu dibuka.

All New Honda City in Thailand

Entry Level Sedan Honda Akhirnya Berbenah

Honda sudah mengenalkan generasi baru City di Thailand. Biasanya tidak perlu waktu lama bagi Honda Prospect Motor (HPM) untuk membawanya ke Indonesia. Perubahannya signifikan, karena ini generasi baru. Mukanya berubah dengan mengusung Bahasa desain sedan Honda terkini. Alhasil, jadi mirip dengan Accord dan Civic. Bokongnya juga berubah dengan bumper, lampu baru. Interior dibekalli dasbor yang terkesan lebih kaku dan sederhana. Tapi ini juga yang memberikan efek lega di kabin depan.

Di pasar Thailand, sudah dibekali fitur start-stop button, layar monitor delapan inci, hingga idling stop. Masih di negeri itu, City hanya punya satu opsi mesin. Kapasitasnya 1,0 liter, tiga silinder turbo. Tenaganya 122 PS dengan torsi 172 Nm. Angka itu mirip dengan mesin 4-silinder 1,5 liter yang biasa kita temui di Jazz/City yang ada di Indonesia. Malah lebih besar 2 PS tenaganya.

Honda jazz baru

Honda Jazz Makin Manis

Satu hal yang sepertinya mengganjal HPM untuk membawa mobil ini adalah mesin 1,0 liter turbo. Sama seperti Honda City. Seberapa hebat pun performanya, pasar Indonesia cenderung menganggap remeh mesin kapasitas kecil. Atau, ada kemungkinan mereka memberikan Jazz Hybrid untuk Indonesia. Searah kebijakan pemerintah.

Honda Sensing, fitur keselamatan andalan Honda terkini, jadi fitur standar. Selain itu, fitur pendukung berkendara lain juga terbilang canggih. Ada instrumen digital di depan pengemudi, juga di panel AC. Di luar faktor teknis, bentuknya kini berubah membulat lebih manis ketimbang sporty seperti yang ada sekarang. Debut dunia dijalani All New Jazz di Tokyo Motor Show 2019, sampai ke Indonesia kemungkinan akhir 2020.

BMW M3 Makin Macho

Yang ini memang spekulasi. Di negeri asalnya, BMW masih melakukan pengujian, meski sudah terbaca jelas bentuk dan kemungkinan spesifikasinya. Grille makin besar, mesin makin bertenaga. Jantung mekanis 6-silinder yang digunakan, seperti yang terpasang di X3 M dan X4 M, berkode B58. Ini mesin turbo ganda baru yang dibuat untuk performa, juga mampu memenuhi regulasi emisi di masa mendatang. Menurut beberapa sumber kami, output puncak tidak kurang dari 509 PS untuk varian paling dasar. (Ddn/Tom)

Baca Juga: Daftar Lengkap 9 City Car Kurang Dari Rp 200 Juta (Part-1)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
    Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
    10 Apr, 2024 .
  • Nissan Kicks e-Power, Si Hybrid Lincah Libas Lintas Selatan
    Nissan Kicks e-Power, Si Hybrid Lincah Libas Lintas Selatan
    08 Apr, 2024 .
  • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Sisir Jalur Mudik Jakarta - Malang
    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Sisir Jalur Mudik Jakarta - Malang
    08 Apr, 2024 .
  • Mudik Bareng Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise ke Jogja, Ini Kelebihannya!
    Mudik Bareng Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise ke Jogja, Ini Kelebihannya!
    08 Apr, 2024 .
  • Update Terkini Jalan Pantura Bareng Wuling Almaz Hybrid, Muluus! | Electria Mudik with Hybrid
    Update Terkini Jalan Pantura Bareng Wuling Almaz Hybrid, Muluus! | Electria Mudik with Hybrid
    02 Apr, 2024 .
  • Plus Minus Mitsubishi XForce, Mending Ini atau HR-V dan Creta Sekalian?
    Plus Minus Mitsubishi XForce, Mending Ini atau HR-V dan Creta Sekalian?
    19 Mar, 2024 .
  • Sidak Kenyamanan Bus Mercedes-Benz OH 1626 L Terbaru Rakitan Lokal!
    Sidak Kenyamanan Bus Mercedes-Benz OH 1626 L Terbaru Rakitan Lokal!
    12 Mar, 2024 .
  • Mercedes-Benz C 300 AMG Line, Perpaduan Antara Kemewahan dan Sporty
    Mercedes-Benz C 300 AMG Line, Perpaduan Antara Kemewahan dan Sporty
    07 Mar, 2024 .
  • Suzuki Jimny 5 Door, Harga di Goreng Tapi Banyak Peminat
    Suzuki Jimny 5 Door, Harga di Goreng Tapi Banyak Peminat
    07 Mar, 2024 .
  • Mercedes-Benz CLE, Ubahannya Bikin BMW Terlihat Lebay
    Mercedes-Benz CLE, Ubahannya Bikin BMW Terlihat Lebay
    07 Mar, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    Muhammad Hafid, 26 Apr, 2024
  • Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Anjar Leksana, 26 Apr, 2024
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    Setyo Adi, 26 Apr, 2024

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Neta Indonesia Rayakan Model Perdana Rakitan Lokal
    Neta Indonesia Rayakan Model Perdana Rakitan Lokal
    Setyo Adi, 26 Apr, 2024
  • Spesifikasi Jeep Rubicon 2 Door Mario Dandy yang Dilelang Rp809,3 Juta
    Spesifikasi Jeep Rubicon 2 Door Mario Dandy yang Dilelang Rp809,3 Juta
    Anjar Leksana, 26 Apr, 2024
  • Penjualan Honda Naik 19 Persen, Brio Masih Andalan
    Penjualan Honda Naik 19 Persen, Brio Masih Andalan
    Anjar Leksana, 25 Apr, 2024
  • Citroen C3 Aircross Resmi Meluncur, Harganya Tak Sampai Rp300 Juta!
    Citroen C3 Aircross Resmi Meluncur, Harganya Tak Sampai Rp300 Juta!
    Muhammad Hafid, 24 Apr, 2024
  • Chery Group Kantongi Penjualan Setengah Juta Unit Mobil Kuartal Pertama 2024 
    Chery Group Kantongi Penjualan Setengah Juta Unit Mobil Kuartal Pertama 2024 
    Anjar Leksana, 24 Apr, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
  • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Wahyu Hariantono, 29 Jan, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    Muhammad Hafid, 09 Jan, 2023
  • Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Eka Zulkarnain H, 02 Jan, 2023
  • Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Anjar Leksana, 14 Okt, 2022
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*