• Wishlist

Tips Sebelum Membeli Kendaraan di GIIAS 2018

Tips Sebelum Membeli Kendaraan di GIIAS 2018

Banyak produsen berlomba menjaring konsumen di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018). Terlebih, banyaknya pilihan kendaraan baru membuat Anda galau. Nah, ada baiknya Anda perhatikan hal berikut sebagai panduan.

1. Pertimbangkan kebutuhan

Memiliki kendaraan anyar pasti menyenangkan. Awas jangan sampai salah membeli. Lihat seperti apa kebutuhan Anda membeli mobil. Komunikasikan dengan keluarga. Dari situ Anda bisa menganalisa jenis apa yang pas dibeli. Apakah untuk personal atau untuk akomodasi keluarga.

2. Lihat kemampuan dan dana

Mencermati budget sangatlah krusial. Sebab, hal ini menyangkut rencana keuangan jangka panjang Anda. Apalagi jika beli dengan cara kredit. Targetkan batas maksimal harga mobil supaya tidak melewati kemampuan keuangan Anda.

3. Cari data awal

Sebelum datang ke GIIAS, baiknya Anda berselancar di internet soal kendaraan yang diincar. Cari keunggulan dan kekurangan kendaraan. Anda juga bisa berkunjung ke oto.com untuk informasi detil kendaraan. Selain harga, Anda juga bisa cek spek dan fiturnya. Bahkan di kanal YouTube (theofficialoto) banyak review mengenai mobil baru.

4. Jangan terlalu bernafsu

Biasanya ada beberapa merek mobil atau motor yang menjadi kandidat. Jangan langsung menetapkan pilihan pada merek pertama yang dilihat. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya dari tenaga penjual untuk dicek. Pastikan pilihan yang paling tepat.

5. Cek toko sebelah

Lakukan window shoping ke stand merek lain yang menjual mobil sejenis mobil incaran. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya sebagai pembanding dengan toko sebelah. Biasanya mereka berani perang promo dan diskon.

6. Test drive & test ride

Ajang pameran besar seperti GIIAS 2018 menyediakan area test drive dan test ride. Tujuannya supaya Anda bisa merasakan langsung mobil dan sepeda motor yang masuk dalam daftar incaran. Manfaatkan waktu yang ada untuk menilai secara lebih obyektif mobil atau motor tersebut.

7. Komparasi data

Selesai tahap di atas, Anda bisa melakukan komparasi data mobil yang ingin dibeli, termasuk perhitungan cicilan jika kredit.

8. Nego ulang dengan sales

Setelah merasa yakin dengan mobil yang diincar, kembali lakukan negosiasi dengan tenaga penjual. Kalau Anda serius, biasanya mereka memberikan tambahan benefit yang bisa didapatkan. (Alx/Odi)

Baca Juga: 5 SUV Menyita Perhatian di GIIAS 2018

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store