Tips Liburan Akhir Tahun Anti Khawatir Masalah di Perjalanan

Tips Liburan Akhir Tahun Anti Khawatir Masalah di Perjalanan

Waktu liburan akhir tahun kerap dimanfaatkan pemilik kendaraan dengan bepergian ke berbagai tempat wisata. Meski masih dalam suasana protokol kesehatan ketat, sebelum bepergian ada baiknya mempersiapkan kondisi kendaraan agar lebih aman dan nyaman selama libur.

“Apapun pilihan menghabiskan waktu di momen tahun baru ini, tetap patuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan membawa hand sanitizer untuk menghindari terjadinya pandemi gelombang berikutnya. Selain itu, bagi yang memutuskan untuk bepergian, terdapat beberapa hal lainnya yang juga perlu dipastikan sebelum berkendara di momen libur akhir tahun agar tetap merasakan peace of mind,” ucap L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra dalam keterangannya.

Asuransi Astra membagikan tips aman berkendara dengan kendaraan pribadi di libur akhir tahun. Pertama dan wajib dilakukan adalah memeriksa kondisi kendaraan. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada kendaraan membuat perjalanan lebih aman dan mengurangi resiko masalah yang mungkin terjadi. Beberapa bagian yang diperiksa antara lain ban dan tekanan anginnya, aki, lampu, wiper, radiator serta oli. Bagi yang merasa kurang percaya diri dalam memeriksakan kendaraannya, bawa ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Selain itu pastikan bahan bakar mobil terisi secara penuh sebelum perjalanan.

tips liburan

Langkah kedua adalah memeriksa kendaraan apakah sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan saat kondisi darurat. Ini antara lain seperti ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, segitiga pengamanan serta pompa elektrik untuk penambah tekanan udara adalah alat penting yang wajib ada di kendaraan. Benda-benda tersebut wajib disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya ban pecah di tengah jalan yang jauh dari keramaian. Ketahui cara mengganti ban dan beberapa hal teknis lainnya seperti mencopot ban cadangan, menggunakan dongkrak dan lainnya.

Langkah selanjutnya adalah menjaga kebugaran selama berkendara. Untuk menempuh perjalanan selama libur akhir tahun kemungkinan perjalanan akan menemui kepadatan lalu lintas serta jarak tempuh yang cukup jauh. Disarankan pengemudi untuk mempersiapkan kondisi fisik agar tetap prima. Kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara karena dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam berkendara. Jika lelah segera cari tempat peristirahatan yang cukup aman dan nyaman.

Baca juga: Karet, Komponen Penting Kendaraan di Musim Hujan

Tips liburan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah selalu memahami bagaimana cara berkendara dengan aman. Ini dilakukan agar perjalanan tidak menghadirkan resiko yang tidak perlu, baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya. Pahami dan patuhi rambu lalu lintas selama dalam perjalanan, perhatikan batas kecepatan serta jaga jarak aman antar kendaraan untuk pengereman dengan menggunakan teknik tiga detik yang menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan.

Terakhir, pastikan kendaraan dilindungi oleh asuransi. Meski keempat tindakan tadi sudah dilakukan, untuk tindakan preventif dari segala resiko, menghadirkan asuransi perlindungan pada kendaraan membuat kegiatan perjalanan lebih tenang saat berkendara. "Tidak perlu ada kekhawatiran jika kejadian buruk menimpa kendaraan," tutup Iwan. (Sta/Raju)

Baca juga: Salah Kaprah Soal Penggunaan Lampu Hazard, Ini Bahayanya

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil