Ketahui Penyebab dan Solusi Mika Headlamp Mobil Anda Berembun

Ketahui Penyebab dan Solusi Mika Headlamp Mobil Anda Berembun

Lampu mobil berembun? Masalah ini kerap terjadi pada bagian dalam mika atau kaca lampunya. Tidak hanya mobil-mobil lawas, masalah ini juga bisa dialami kendaraan baru. Padahal lampu utama merupakan bagian penting dalam menjaga visibilitas alias pandangan pengemudi ke depan. Belum lagi soal tampilan mobil yang jadi kurang menarik. Lampu yang dipancarkan juga jadi kurang terang.

Apa Penyebabnya?

Penyebab munculnya embun atau kondensasi di bagian dalam mika lampu. Umumnya terjadi karena adanya perbedaan suhu udara antara luar mika lampu dan bagian dalamnya. Sehingga muncul bintik-bintik air di dalam mika yang bisa merusak pemandangan selain fungsinya. Bahkan jika sering, hadirnya air bisa membuat korslet bohlam lampu.

"Munculnya embun di dalam mika lampu biasanya terjadi ketika cuaca sedang hujan, atau mobil habis keluar dari tempat cucian mobil. Saat kondisi tersebut, perbedaan suhu antara ruang dalam dan luar mika terjadi hingga menyebabkan terbentuknya embun," ucap Samsudin, Technical National PT Astra International Peugeot.

Terbukanya sil atau mika kaca biasanya disebabkan karena kebiasaan pemilik untuk memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Panas matahari akan membuat sil atau mika kaca kaku sehingga menimbulkan getas dan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.

Hadirnya embun jelas tidak bisa didiamkan begitu saja. Karena embun dapat masuk ke dalam rumah lampu, biasanya terjadi akibat sealant yang jadi perekat antara mika dan rumah lampu bocor. Hal ini bisa disebabkan oleh usia plastik yang sudah lama sehingga mulai getas termakan usia. Jadi kemungkinan air menyusup masuk kian besar.

Adanya air di dalam mika lampu bisa terjadi juga jika mobil habis menerjang banjir. Sehingga air bisa masuk melalui lubang ventilasi atau karet sil pelindung rumah bohlam (fiting lampu).

Baca juga: Pahami Hal Berikut Sebelum Mengambil Jenis Asuransi Mobil, TLO atau Comprehensive?

Peugeot 5008 Allure Plus

Apa Bahaya Embun?

Bila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam. Kekusaman ini diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembap. Semakin kusam lampu, maka semakin buruk penerangannya.

Selain itu, embun juga berpotensi membuat bohlam pecah. Ketika bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas. Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam. Hal ini belum termasuk dengan potensi korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.

Headlamp

Cara Mengatasinya?

Jika kondisi embun terlalu sering terjadi, bahkan hingga air masuk ke dalam rumah lampu, mau tidak mau lampu harus dibongkar. Lakukan perawatan sekaligus perbaikan di area yang rusak, sekaligus dibersihkan dan diberi sealant yang lebih baik agar tidak terjadi kebocoran.

"Tapi kalau belum sempat bawa ke bengkel khusus lampu, tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penyemprotan air bertekanan di seputar headlamp. Apalagi coba-coba menerobos banjir, terutama mobil-mobil rendah macam sedan," tukas Samsudin.

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Berhentilah di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun jadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka lampu sein.

Pertama, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun melalui lampu sein dengan melepasnya searah jarum jam. Ketika terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Ketika sudah kering, maka pasang kembali lampu sein seperti semula. (Raju)

Baca juga: Hanya Saat Kondisi Darurat, Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil