Berkaca pada Kecelakaan Hyundai Palisade, Waspada Berkendara Dekat Truk

Berkaca pada Kecelakaan Hyundai Palisade, Waspada Berkendara Dekat Truk

Akhir pekan lalu viral kecelakaan yang melibatkan SUV Hyundai Palisade dan truk yang terguling di tol Cipularang KM 91. Kejadian yang berlangsung Sabtu (16/10/2021) menyebabkan bodi mobil ringsek, serta kemacetan panjang yang mengular di tol.

Kecelakaan tersebut juga mengakibatkan satu orang tewas yakni pengemudi Palisade. Sang pengemudi diketahui bernama Yan Bastian, yang merupakan Direktur PT Indomarco Prismatama, pengelola jaringan minimarket Indomaret.

Dalam kendaraan Hyundai Palisade tersebut juga terdapat tujuh penumpang lain yang mengalami luka. Kecelakaan bermula dari sopir truk yang kehilangan kendali saat kondisi jalan menurun dan membuat truk tersebut oleh lalu menimpa SUV yang tengah berada di dekatnya.

Hyundai Palisade

Keselamatan di dekat truk

Berkendara bersama kendaraan besar perlu disadari potensi bahaya yang berada di dekatnya. Peristiwa kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar dengan kendaraan kecil sudah sering terjadi berulang kali.

Selain faktor kecelakaan bisa terjadi dari kemampuan pengemudi yang kurang, area pandang pengemudi dengan sekeliling kendaraan juga sangat terbatas. Ini membuat pengemudi di sekitar kendaraan besar perlu berperan aktif menjaga keselamatan dalam berkendara.

Salah satunya mengetahui titik buta kendaraan besar tersebut, kebanyakan truk. Titik buta truk ada di sisi depan, belakang, kiri dan kanan. Hindarilah titik-titik berbahaya ini sesegera mungkin, kalau bisa segera menjauh dari truk. Dahului jika kendaraan kita lebih cepat atau jaga jarak jika antar truk dan kendaraan kita memiliki kecepatan yang sama.

Selain itu untuk mengetahui apakah kita berada di dalam titik buta truk atau tidak adalah dengan melihat refleksi pada kaca spion truk. Jika kita bisa melihat pengemudi truk itu artinya kita tidak berada di dalam blind spot mereka.

Baca juga: Rem Tidak Berfungsi Normal Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menghadapinya

truk

Bisa juga menggunakan metode bunyi klakson untuk memberitahu pengemudi truk. Ini biasa dilakukan jika berada di kepadatan lalu lintas agar pengemudi truk awas akan sekitar.

Selain itu berkendara di dekat kendaraan besar seperti truk juga perlu pengawasan dan kesabaran. Terkadang truk tengah melakukan manuver berpindah jalur untuk menjaga momentum saat tanjakan atau turunan, sebaiknya pengemudi tidak mengambil resiko berada terlalu dekat. Beri waktu untuk truk bermanuver setelah itu jika dinilai aman untuk melewati, segera lewati dan menjauh.

Terakhir, pastikan kondisi kendaraan baik untuk perjalanan yang membutuhkan tenaga serta keamanan. Sebelum bepergian jangan lupa memeriksa kendaraan apakah layak jalan atau tidak.

Berkaca pada kasus yang menimpa Hyundai Palisade di atas, sikap awas terhadap lingkungan sekitar saat berkendara juga diperlukan. Terlebih di jalan tol yang berbagi ruang dengan kendaraan lain yang memiliki dimensi serta kemampuan gerak berbeda.

Pengemudi dituntut untuk terus berhati-hati. Ini pun tidak lepas dari kemungkinan kecelakaan sebab pengemudi lain bisa jadi tidak dalam kondisi fit atau kemampuan berkendaranya berkurang akibat kelelahan. Untuk itu kewaspadaan tinggi tetap diperlukan di dekat kendaraan besar. (Sta/Raju)

Baca juga: Tips Mengemudi Irit Konsumsi Bahan Bakar, Perhatikan 9 Hal Ini

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil