Tokyo Motorcycle Show 2021 Batal, Mundur ke 2022

Tokyo Motorcycle Show 2021 Batal, Mundur ke 2022

Tokyo Motorcycle Show (TMS) ke-48 yang dijadwalkan pada Maret 2021 resmi dibatalkan. Asosiasi yang menangani pameran otomotif bertaraf internasional itu memutuskan untuk menjadwal ulang. Alasan paling mendasar karena risiko infeksi akibat virus Corona masih mengkhawatirkan.

Chairman Tokyo Motorcycle Show Association (TMSA), Masato Akasaka menyampaikan pembatalan ini dengan penuh kekecewaan. “Terkait Tokyo Motorcycle Show ke-48 yang dijadwalkan Maret 2021, kami ingin meminta maaf kepada semua pihak yang berkepentingan. Dengan berat hati kami memutuskan untuk membatalkan acara tersebut, meskipun itu keputusan yang sulit,” katanya dalam siaran resmi yang diterima Young Machine.

TMSA lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pengunjung dan peserta pameran. Sejauh ini di beberapa negara juga belum menujukkan tanda-tanda bahwa infeksi dari virus corona bakal membaik. Meski begitu, sampai sekarang pihaknya tetap memantau perkembangan wabah berbahaya.

Acara yang seharusnya diadakan pada 2021 akhirnya diundur hingga 2022. Namun ini bukan suatu hal yang mengejutkan, pasalnya pembatalan TMS juga sudah terjadi di tahun ini. Seperti kita tahu, acara ini merupakan salah satu event otomotif paling ditunggu. Banyak pabrikan roda dua yang ingin menampilkan produk purwarupa masa depan dan melakukan peluncuran unit baru.

Baca Juga: QJ Motor Rilis Enam Model Baru, Dua di Antaranya Siap Beredar di Eropa

Tapi bagi para produsen roda dua, pembatalan itu tidak sepenuhnya mengkhawatirkan. Pasalnya mereka bisa mensiasatinya dengan peluncuran secara virtual. Seperti yang dilakukan oleh Honda di tahun ini dengan merilis CT125 Hunter Cub dan konsep CB-F melalui sarana daring. Tak ketinggalan juga dengan Suzuki yang menggelar pameran sepeda motor virtual. Ia menghadirkan Gixxer 250, V-Strom 1050 XT, Katana, dan SV650X miliknya ke khalayak internasional.

Yamaha E01

Covid-19 benar-benar malapetaka bagi sektor industri. Efek dari virus bahaya itu ternyata meluas hingga ke pameran otomotif. Akibatnya seluruh event yang sejatinya sudah direncanakan secara matang, terpaksa harus ditunda bahkan dibatalkan. Jepang memang memiliki tingkat kematian rendah akibat corona, tetapi belum sepenuhnya dapat ditangani dengan mudah. Sejauh ini baru Bangkok Motor Show (BMS) 2020 yang terbilang berhasil melakukan pameran di tengah pandemi.

Sampai sekarang setidaknya ada beberapa pameran otomotif bertaraf internasional yang harus dibatalkan untuk menghindari kerumunan. Pertama Geneva Motor Show 2020 yang seharusnya dilaksanakan pada 2-15 Maret batal digelar akibat pandemi. Meski begitu, panitia pemilihan mobil terbaik Eropa yang sedianya diumumkan di event ini tetap mengumumkan pemenang European Car Of The Year 2020. Hanya saja, pengumuman pemenang dilaksanakan secara online melalui kanal Youtube GIMS SWISS – Geneva International Motor Show.

Baca Juga: Penjualan Sepeda Motor 2020 Diprediksi Merosot 45 Persen, AISI Lakukan Adaptasi Pemasaran dan Layanan

Manila International Auto Show (MIAS) juga bisa dibilang salah satu perhelatan otomotif berskala internasional cukup ditunggu-tunggu. Sayangnya, acara yang sedianya berlangsung pada tanggal 2-5 April 2020 harus dibatalkan seiring status darurat kesehatan yang dicanangkan pemerintah Filipina. Alasannya untuk membantu mencegah penyebaran virus corona dan memastikan keamanan terbaik untuk para stakeholder, peserta pameran, dan pengunjung.

Lalu Malaysia Autoshow yang seharusnya dilaksanakan pada 9-12 April ini di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) harus ditunda juga. Untuk dalam negeri ada Indonesia International Motor Show (IIMS). Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara masih merasa yakin bahwa event tahunan ini tetap berjalan sesuai jadwal. Tapi mereka harus menyerah dan terpaksa mengambil keputusan batal karena menimbang penyebaran virus di Indonesia semakin masif. Sedianya, IIMS 2020 diselenggarakan pada 9-19 April 2020 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Kemudian Paris Motor Show 2020 yang dijadwalkan pada September ini juga harus dibatalkan. Pihak penyelenggara pameran mengatakan bentuk acara tidak dapat berlangsung seperti sedia kala. Semua kemungkinan perubahan jadwal masih tergantung perkembangan pandemi virus corona. (Bgx/Odi)

Sumber: Young Machine, Ride Apart

Baca Juga: Zongshen Cyclone RX6, Norton Versi Cina Resmi Dirilis

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store