TMS 2017: Motobot vs Valentino Rossi, Siapa Yang Menang?

TMS 2017: Motobot vs Valentino Rossi, Siapa Yang Menang?

Valentino Rossi memang tidak menunjukkan performa terbaiknya di MotoGP 2017. Apakah itu yang menjadi alasan Yamaha mengadu kemampuan The Doctor dengan robot? Alasannya tentu bukan itu. Mengganti Rossi dengan perangkat komputer, bukanlah solusi untuk mengalahkan Marc Marquez dan merebut gelar juara MotoGP.

photo01

Namun itulah yang dipajang di video Motobot vs Rossi. Dalam unggahan laman resmi Yamaha global disebutkan ‘Siapa yang tercepat? Robot pengendara motor berbasis humanoid (Motobot), dengan pembalap legendaris.’

Yamaha Motor Corporation lewat divisi Research and Developmentnya, tengah mengembangkan sebuah metode untuk mengembangkan motor. Robot yang merupakan kumpulan peranti mekanik dengan sistem komputer terintegrasi dan memiliki akal, memungkinkan Yamaha menguji motor dalam situasi yang lebih ekstrem. Hadirnya teknologi ini, tentunya angin segar bagi para pengendara uji karena tak perlu mempertaruhkan nyawanya saat pengujian.

Caranya, membuat sebuah robot yang mampu beroperasi layaknya manusia untuk mengendalikan motor. Motobot pun dirancang dengan prinsip tersebut untuk memungkinkan pengujian pada motor tanpa mengubah bentuk dasar motornya. Karenanya, kuda besi yang jadi wahana pengetesan pun diambil motor versi produksi, Yamaha R1 M.

Robot canggih inipun bisa melesat dengan kecepatan tinggi, lebih dari 220 kpj. Waktu tempuhnya di trek pun cukup baik. Tapi, membandingkannya dengan manusia berpengalaman, adalah sebuah pembuktian. Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha MotoGP pun dikomparasikan dengannya. Tentunya bukan dengan meminta keduanya beradu berdampingan. Namun mengambil catatan waktu terbaik satu sama lain dalam lintasan yang sama.

Pemenangnya? Tentu saja Valentino Rossi. Rekan setim Maverick Vinales ini meraih waktu 32 detik lebih cepat dari Motobot. Hasil ini mungkin bukan catatan baik jika melihat hanya variabel waktu. Namun secara konsep, Yamaha sukses menciptakan sebuah metode baru untuk menguji motornya. Apalagi ini baru langkah awalnya bersama Motobot.

Motobot, pertama kali diperkenalkan 2015. Waktu itu, bentuknya masih sangat kaku dan mengubah cukup banyak komponen pada motor. Memasuki generasi kedua, tujuan Motobot tetap sama, menyaingi waktu Valentino Rossi. Kini Yamaha Motobot Ver.2 sudah dikembangkan dan dipertontonkan di ajang Tokyo Motor Show 2017, namun dengan kemampuan yang masih belum menyamai Rossi. Semoga saja tahun depan berhasil.

Ini videonya. (Van)

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store