• Wishlist

TMS 2017 : Perkenalkan Motor Sport Tiga Roda, Yamaha Niken

TMS 2017 : Perkenalkan Motor Sport Tiga Roda, Yamaha Niken

Niken, nama yang sangat umum digunakan di Indonesia untuk seorang wanita. Entah apakah itu menjadi inspirasi Yamaha Motor Co., (YMC), namun nyatanya begitulah nama motor ini. Konsepnya, motor sport tiga roda, dua di depan sebagai pengatur arah dan satu di belakang sebagai pelontar tenaga. Yamaha menyebut jenis ini dengan Lean Multi-Wheeler (LMW).


2018-yamaha-niken-leaning-three-wheeler-02-1


Nama Niken diumumkan saat press day di Tokyo Motor Show, (25/10). “Pada 2014, motor LMW pertama kami, menawarkan pengendaraan yang berbeda. Bukan sekadar motor yang ringan, namun juga stabil dan asyik dikendarai. Tricity langkah pertamanya. Produk ini sudah ada di seluruh dunia. Dan 2018 kami meluncurkan LMW untuk segmen sport dan kami namakan Niken,” jelas Presiden YMC, Hiroyuki Yanagi, di Tokyo, dalam siaran persnya.


“Dua roda depan menawarkan performa menikung yang luar biasa. Ini semua berkat mekanisme steering roda depan baru yang meningkatkan kemampuan platform untuk adaptasi teknologi LMW. Niken memungkinkan tenaga besar dialirkan, sehingga membuat pengendara bisa berbelok dengan baik di sudut yang berliku tajam yang memberikan manuver baik,” imbuh Yanagi.


2018-yamaha-niken-leaning-three-wheeler-04-1


Terkait nama Niken, Yanagi menjelaskan juga kata itu diambil dari Bahasa Jepang. ‘Ni’ yang artinya dua dan ‘Ken’ yang artinya pedang. Ia mengibaratkan Niken sebagai samurai yang menguasai dua pedang. “Kami memberikan nama ini untuk motor yang bisa dikendalikan dengan mudah lewat dua roda depannya,” tutur Yanagi.


Belum ada spesifikasi detilnya, Yamaha baru merilis dimensi dan konfigurasi mesin saja. Secara ukuran, ia memiliki panjang 2.150 mm x 885 mm x 1.250 mm (P x L x T). Sedangkan unit mesin yang dipasang, berbahan bakar bensin 3-silinder dengan 4-katup per ruang bakar. Kapasitasnya masih disembunyikan. Namun jika merujuk motor ini dibangun dari MT-09, maka kubikasinya sekitar 847 cc. Di motor turing itu, ia mampu melecut daya hingga 115 dk. Setara dengan mobil Low MPV seperti Honda Mobilio. Informasi lainnya dirilis ketika peluncuran resmi di ajang EICMA, November nanti.


2018-yamaha-niken-leaning-three-wheeler-01-1


Dalam kesempatan yang sama, Yanagi juga merilis kendaraan lain dengan konsep LMW. Namun aplikasinya pada empat roda dan berformat motor dengan kabin. Namanya MWC-4. Model lain yang juga diboyong pabrikan garputala di ajang otomotif terakbar se-Asia adalah Motoroid, Tritown, serta mobil Cross Hub Concept. (Van/Odi)


Baca Juga: Yamaha Xmax 250 dan Smax 155 Terbaru, Muncul di Jepang