jakarta-selatan

Sekolah Yamaha Riding Academy Kini Dibuka Untuk Umum

  • 18 Apr, 2019
  • 2546 Kali Dilihat

Yamaha Indonesia melengkapi layanan 3S (Sales, Services, Spareparts) dengan konsep baru bertajuk Safety. Di dalamnya terdapat program yang disebut Yamaha Riding Academy (YRA). Kegiatan ini merupakan upaya Yamaha dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan berkendara, sekaligus memperkuat kepuasaan pelanggan.



"Kecelakaan di Indonesia paling banyak melibatkan motor, mencapai 73 persen. Kami merasa prihatin dengan hal ini, makanya kami hadirkan YRA untuk mengedukasi pemotor, sehingga bisa menekan tingkat kecelakaan," ujar Yordan Satriadi, General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di Jakarta beberapa waktu lalu.


Sebenarnya YRA bukan hal baru, Yamaha Indonesia sudah merilisnya sejak 2015. Namun, pada waktu itu masih menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Yamaha Indonesia. Kini dibuka untuk umum dan bisa diikuti konsumen sepeda motor merek lain. Yamaha juga mengaplikasikan model pendaftaraan berbasis digital atau secara online melalui situs resmi Yamaha.


Lewat YRA, berbagai pengetahuan terkait keselamatan berkendara dijabarkan. Terdapat dua model training yang bisa dipilih, teori diikuti praktik dan teori saja. Tersedia pula pilihan untuk perusahaan. Pelatihan ini bersifat bebas biaya. Bahkan Yamaha sudah memfasilitasi dengan sepeda motor, seperti : MT-15, FreeGo, Lexi dan unit lainnya, serta safety gear untuk digunakan partisipan secara cuma-cuma.


"Untuk perusahaan, kami bisa melatih karyawannya untuk menjadi instruktur. Nantinya mereka melatih di perusahaan masing-masing," terangnya.



Calon peserta YRA bisa menentukan sendiri kapan ingin berpartisipasi. Soalnya di website itu, terdapat jadwal lengkap yang bisa dipilih. Tahap awal program sudah dibuka dengan masa pendaftaraan hingga 31 Juli dan dilaksanakan di markas YRA Jakarta. Kemudian diikuti kota lain, seperti Yogyakarta dan Surabaya yang dibuka pada Agustus mendatang.


Teori yang diberikan meliputi tata cara berkendara yang aman dan nyaman. Lalu berbagai tips seputar safety riding yang berhubungan dengan pengendara, sepeda motor dan lingkungan berkendara. Materinya seperti pemahaman kondisi bahaya atau blind spot, sehingga pengendara dapat mengidentifikasi dan memposisikan kendaraan agar terlihat pengguna jalan lain. Termasuk pengertian tentang pengoperasian rem yang efektif dan persiapan sebelum berkendara dengan melakukan pengecekan motor terlebih dahulu. Sementara untuk praktiknya mencakup teknik dasar mulai dari cara berbelok, menjaga keseimbangan hingga pengereman.


"Program YRA tak hanya meningkatkan awareness pengendara, tapi juga bisa menjadi bekal atau penguatan kemampuan untuk pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi)," tutupnya. (Hfd/Van)


Baca Juga: Ribuan Modifikator Siap Ramaikan Kontes Modifikasi Honda

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi