Resmi Diekspor ke Senegal, Ini Spesifikasi dan Besaran TKDN Motor Listrik GESITS

Resmi Diekspor ke Senegal, Ini Spesifikasi dan Besaran TKDN Motor Listrik GESITS

Motor listrik garapan anak bangsa, GESITS resmi melakukan debut internasionalnya dengan berhasil menembus pasar global. PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) mengekspor perdana motor bebas polusi ini ke Senegal pada Sabtu (16/10).

Di tahap pertama sebanyak 1 kontainer motor listrik dikapalkan menuju Senegal, Afrika Barat. Ini adalah capaian lanjutan setelah GESITS diperkenalkan pertama kali di Promenade De Thiessies, Thie pada 8 Juni 2021 lalu.

"Ekspor GESITS ke Senegal ini akan membuka pasar ke negara-negara di sekitarnya. Senegal merupakan negara paling stabil secara politik di kawasan, dan merupakan pintu masuk atau hub bagi negara-negara di sekitarnya," ungkap Dubes Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia Dakar, Dindin Wahyudin.

Sementara untuk memperluas eksistensi motor listrik GESITS, terkhusus di wilayah Afrika Barat, motor ini juga akan diikutsertakan dalam pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK) pada Desember mendatang. Menurut Direktur Utama WIMA, M. Samyarto ini jadi momentum tepat mempromosikan motor listrik buatan lokal karena akan dihadiri potential buyers dari negara-negara lain.

"Ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global. Hal ini juga membuktikan bahwa GESITS adalah suatu produk yang unggul dan berkualitas di kelasnya," imbuhnya.

Ekspor gesits

Berapa TKDN Motor Listrik GESITS?

Motor listrik GESITS sudah mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sehingga sudah layak dan legal digunakan di jalan raya oleh masyarakat. Tentunya ketika membeli motor ini, pemilik akan mendapatkan kelengkapan dokumen berupa STNK dan BPKB layaknya motor bermesin konvensional.

Dari informasi yang diungkap WIMA, GESITS memiliki 162 komponen dengan 85 persen komponen sudah diproduksi lokal yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 di antaranya adalah BUMN. Sampai saat ini, Nilai Tingkat Komponen Dalam Lokal atau TKDN dari motor ini sebesar 46,73 persen.

Baca juga: Kendaraan Sudah Bayar Pajak Kini Mendapat Stiker Canggih

Gesits

Spesifikasi Motor Listrik GESITS

Lantas bagaimana dengan spesifikasi GESITS varian G1 ini? Dia dibenamkan baterai bertipe Lithium NCM berkapasitas 1.44 kWH untuk 1 baterai dan dapat dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga bisa menjelajah sampai 100 kilometer dalam satu pengisian daya penuh. Sementara untuk motor listriknya di benamkan dinamo listrik berkapasitas 5 kW yang mana dengan racikan itu waktu pengisian bisa ditempuh antara 3 sampai 4 jam.

Secara spesifikasi dan fitur antara model untuk pasar Indonesia dan Senegal tak berbeda. Motor ini masih dilengkapi dengan penerangan full LED, DRL, digital panel meter, gigi mundur, pengereman cakram, suspensi teleskopik di depan, dan monoshock di belakang.

Dari laman resmi GESITS, ada 3 pilihan warna yang bisa dipilih konsumen yakni merah, putih, dan hitam. Sementara untuk jaminan pembelian unit akan diberikan garansi baterai selama 3 tahun. Jaringan diler motor ini juga mulai banyak dan perusahaan menyediakan layanan call center untuk melayani pelanggan dan melakukan kerja sama dengan bengkel yang tersebar di Indonesia. (Kit/Raju)

Baca juga: Sah! 1 Kontainer Motor Listrik GESITS Buatan Indonesia Dikapalkan ke Senegal

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor