QJMotor Rilis Teaser GS400RR, Potensi Unit Sport Terkecil Benelli dan MV Agusta di Masa Depan?

QJMotor Rilis Teaser GS400RR, Potensi Unit Sport Terkecil Benelli dan MV Agusta di Masa Depan?

Qianjiang Motorcycle atau lebih dikenal sebagai QJ Motor memiliki keterikatan dengan MV Agusta dan Benelli. Punya banyak sumber daya dari sisi teknologi membuat perusahaan Cina itu ingin melahirkan model-model baru. Dari sekian banyak unit yang dijadwalkan meluncur di 2022, ada satu produk yang cukup membanggakan, yakni GS400RR.

Perusahaan raksasa Cina saat ini tengah menikmati kemitraan yang bermanfaat dengan MV Agusta. Kolaborasi terbaru mereka memuncak pada Lucky Explorer 5.5, sebuah motor tualang baru bermesin paralel-twin 550cc yang dikembangkan QJ. Dan tentu saja, Qianjiang juga sudah terikat dengan Benelli sejak 2005. Hasilnya hampir semua model Benelli saat ini dibuat oleh QJMotor, meski masing-masing perusahaan menggunakan bodyworknya sendiri.

Kemitraan dengan dua perusahaan besar membuat QJMotor ingin segera merilis motor sendiri untuk pasar Asia Tenggara. Dan pabrikan telah merilis gambar teaser, memberi pandangan sekilas unit baru yang siap dilepas tahun depan. Bernama GS400RR atau secara internal dikenal sebagai QJ400GS-J. Dikatakan oleh CycleWorld, ia mengemas mesin silinder kembar 400cc yang menghasilkan sekitar 44 hp. Ilustrasi yang terlihat pada foto menunjukkan tata letak mesin seperti Kawasaki Ninja 400.

Mesin kecil

Baca juga: GIIAS 2021: Keeway SCR250 Bermesin V-Twin Resmi Mengaspal, Harga Rp 57,3 Juta

Pada saat yang sama, Qianjiang telah mengajukan dokumen paten untuk mesin lain, disebut QJ270MQ. Modelnya sangat mirip dengan mesin kembar yang digunakan di Kawasaki Ninja 400 dan Z400. Memiliki lubang 70mm dan menghasilkan tenaga yang hampir sama persis dengan desain QJ yang baru. Boleh jadi mesin itu bakal dicangkokkan ke model terbaru.

Dari gambar-gambar tersebut, banyak juga yang berspekulasi kalau GS400RR bisa menjadi produk ideal sebagai model MV Agusta ataupun Benelli di masa depan. Terlihat dari penggunaan komponen premium dan bahasa desain motor Italia. Salah satunya penggunaan swingarm satu sisi, memberikan tampilan mewah dan cocok untuk gaya motor Eropa. Di lain sisi, itu membuatnya sedikit unik khususnya di segmen motor sport 400cc.

Rincian lebih lanjut tentang motor sport 400cc QJMotor memang masih langka, tapi tentu saja informasi ini cukup menyenangkan. Selain itu, rasanya tak sulit bagi merek asal Cina untuk masuk ke pasar Asia Tenggara. Apalagi dirinya punya modal desain dan teknologi yang didukung dari Eropa.

single sided swing arm

Perlu diingat pula bahwa ikatan Qianjiang dengan perusahaan barat tidak berakhir dengan Benelli dan MV Agusta. Ia juga bekerja sama dengan Harley-Davidson untuk membuat model berkapasitas kecil, sekali lagi menggunakan platform yang sudah ada. Contohnya HD338R yang pernah diusulkan muncul pada 2019. Tampak menggunakan mesin turunan dari twin paralel QJ yang ada dan sasis Benelli 302S.

Namun prototipe itu jadi tertunda lantaran Harley-Davidson sedang fokus rencana lima tahun ‘hardwire’. Namun, laporan perusahaan terbaru mengatakan kalau kesepakatan dengan Qianjiang tetap berlangsung. Dan perusahaan asal Milwaukee terus mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang produktif dengan Zhejiang Qianjiang Motorcycle Co. Ltd., dan siap meluncurkan produk terkait secara tepat waktu.

Sumber: Cycleworld, Ride Apart

Baca juga: Benelli TRK 800 Debut di EICMA 2021, Performanya Kalahkan Yamaha Tenere 700

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor