Prototipe Norton V4CR Terungkap, Berwujud Café Racer dengan Tenaga 185hp

Prototipe Norton V4CR Terungkap, Berwujud Café Racer dengan Tenaga 185hp

Di bawah kepemilikan TVS Motors India, Norton Motorcycles ingin membuktikan keseriusannya dengan mengembangkan sepeda motor kelas atas. Setelah merilis superbike V4SV, pabrikan asal Inggris kembali meluncurkan unit baru. Namun kali ini masih berstatus prototipe, berjenis café racer yang disebut V4CR.

V4CR adalah produk pertama yang dibuat di kantor pusat global barunya di Solihull, Inggris. Unit purwarupa ini mengambil DNA dari sportbike Norton V4SV. Menggunakan fondasi yang sama tetapi tanpa full fairing. Meski Norton menyebutnya sebagai café racer, formulanya bisa dibilang lebih mirip streetfighter, dengan tenaga dan handling superbike, namun gayanya sedikit eksentrik.

Norton V4CR prototype

Karena masih prototipe, jadi spesifikasi akhir belum diputuskan. Tapi bila mengambil dari V4SV, itu berarti dirinya disuntik mesin 1.200cc, V4, 72 derajat yang mampu menghasilkan tenaga 185 hp pada 12.500 rpm dan torsi 125 Nm pada 10.000 rpm. Walau tidak sekuat para pesaingnya –Ducati Streetfighter V4 (208 hp), dalam hal spesifikasi dan tata letak motor ini mengalahkan Triumph Speed Triple RS yang menghasilkan 177,5hp dari mesin triple 1.160cc-nya.

Baca juga: Piaggio Indonesia Rilis Moto Guzzi V7 dan V85TT 100th Anniversary Limited Edition

Perubahannya lebih dari sekadar melepas fairing dari V4SV. Demi tampilan cafe racer, lampu depan LED dibungkus cover bundar dengan penutup kecil di atasnya. Di baliknya ada paket instrumen TFT. Transformasi ini boleh dikatakan berhasil. Masih mengadopsi unsur klasik warisan terdahulu Norton tapi tidak ketinggalan zaman dengan penyematan fitur terkini.

Norton telah mengukir ulang bagian ekor V4CR, membuatnya bahkan lebih keras dari pada superbike. Pabrikan membuat intake udara baru dan penutup radiator untuk menggantikan panel samping, serta bagian perut bawah buat menyembunyikan knalpot dan tepi radiator. Selain itu dipasangkan garpu Ohlins berwarna hitam, bukan emas seperti V4SV.

Norton V4CR prototype

Prototipe Cafe Racer ini dilengkapi dengan panel bodi yang seluruhnya berbahan serat karbon. Tangki bahan bakar yang serupa dengan V4SV juga menggunakan bahan ringan dan kuat. Berlaku pula pada sasisnya. Pakai desain aluminium tubular yang dilas TIG. Di bagian belakang, unit kursi terlihat mirip dengan model sebelumnya, tetapi sebenarnya lebih pendek. Jelas tidak ada niatan dari pabrikan untuk memberi penumpang di sini. Kemudian lengan ayun dan rangka aluminium billet yang dipoles, semuanya demi memberikan sikap agresif di jalan. Rem Brembo dan velg tempa Oz Racing juga diambil dari saudaranya.

Tidak seperti rivalnya yang bergaya streetfighter konvensional, seperti Ducati Streetfighter, Triumph Speed Triple, KTM 1290 Super Duke R dan Kawasaki Z H2, Norton tidak menukar clip-on superbike dengan palang yang lebih lebar dan tinggi. Itu dilakukan untuk mendapatkan tampilan café racer yang diinginkan, jadi tangan rider tetap rendah.

Gambar yang ditampilkan sejauh ini mencakup pipa knalpot track-only, bukan full-system yang ramah dengan batas emisi dan kebisingan. Komponen laik jalan juga belum tampak, salah satunya bracket plat nomor.

Norton V4CR prototype

Belum ada indikasi seberapa cepat V4CR bakal meninggalkan status prototipe dan memasuki tahap produks. Tapi mengingat banyak komponen diambil dari V4SV, setidaknya itu pertanada baik lantaran proses pengembangan tidak memakan waktu lama. Namun terendus kabar kalau V4CR bakal mendebut di Motorcycle Live, yang dibuka akhir pekan ini di NEC di Birmingham. (Bgx/Tom)

Sumber: Cycleworld, Bennetts

Baca juga: Unit Paling Bersejarah Triumph Ditemukan, Prototipe 1901

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor