Unit Paling Bersejarah Triumph Ditemukan, Prototipe 1901

Unit Paling Bersejarah Triumph Ditemukan, Prototipe 1901

Setelah Triumph mengumumkan produksi sepeda motornya yang ke-sejuta di pabrik Hinckley, kini muncul berita tentang Prototipe 1901. Unit itu merupakan motor pertama Triumph yang telah lama hilang. Penemuan bersejarah yang menakjubkan itu ditemukan dan dipulihkan oleh kolektor antik Triumph terkemuka Dick Shepherd. Kemunculannya membuat buku-buku sejarah kembali menulis ulang, menambahkan bab baru sebelum penjualan resmi Triumph yang dimulai pada 1902.

Lama dikabarkan ada dan direferensikan dalam iklan serta ulasan yang muncul pada 1901, prototipe Triumph pertama ini dikembangkan dari sepeda Triumph standar. Dengan mesin yang disediakan oleh pabrikan Belgia, Minerva, untuk membangkitkan minat dan mengukur permintaan masyarakat akan sepeda motor saat itu.

Modelnya persis sepeda yang ada pada masa sekarang. Kendaraan beroda dua, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Bedanya, di bagian tengah dipasangkan mesin penggerak. Frame yang dipakai juga sama persis dengan sepeda gowes. Roda maupun ban juga layaknya kendaraan yang dikayuh.

Triumph

“Dia -seorang teman yang juga kolektor sangat bersemangat untuk memberi tahu saya bahwa motor tersebut telah menampilkan detail unik yang tidak pernah ada pada Triumph produksi pertama. Bersamaan dengan itu, sang kolektor juga menerima surat dari Triumph, tertanggal tahun 1937, yang menguraikan asal-usul unik sepeda dan memberikan detail penting. Tapi sayang, teman saya itu telah meninggal dunia,” kata Dick Shepherd.

Unit yang ditemukan memiliki nomor mesin yang masih terlihat jelas. Di situ juga menerangkan referensi dalam catatan mesin Minerva tentang keterlibatan Triumph pertama pada 1901. Signifikansi historis dari sepeda motor juga cukup gamblang.

Triumph

“Sebagai penggemar berat sejarah dan pencapaian merek Inggris yang ikonik, seumur hidup baru kali ini saya menemukan penyintas luar biasa. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.  Mengembalikannya ke kondisi gemilang seperti saat pertama kali dipamerkan pada 1901, cukup menyita waktu dan uang, tapi kepuasan yang didapat tak bisa dibeli oleh apapun,” tegas Dick.

Menurut para ahli otomotif dan para sejarawan, unit ini pertama kali diperkenalkan di acara UK's Motorcycle Live show. Prototipe 1901 bakal ditampilkan dalam acara khusus di Triumph’s Factory Visitor Experience yang berlangsung pada 14 Desember. Di mana model ini akan dikendarai di depan umum untuk pertama kalinya dalam periode lebih dari 100 tahun. Lalu sepeda motor bersejarah yang luar biasa ini hendak dipajang bersama dengan Hinckley Triumph yang ke-sejuta.

The Triumph Factory Visitor Experience gratis untuk dikunjungi dan berlokasi di Triumph's HQ di Hinckley, Inggris. Buka setiap hari Rabu hingga Minggu, dari pukul 10:00 sampai 16:30 waktu setempat. (Bgx/Raju)

Sumber: Motorcycle, Ride Apart

 

 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor