• Wishlist

Penuhi Aturan Emisi, Royal Enfield Luncurkan Produk Baru?

Penuhi Aturan Emisi, Royal Enfield Luncurkan Produk Baru?

Royal Enfield berencana meningkatkan produknya dengan memenuhi peraturan emisi Bharat Stage VI (BS-VI). Langkah awal yang diambil, meluncurkan generasi baru Royal Enfield Thunderbird 500X.

 

BS6 atau BS-VI, ialah standar emisi yang dilembagakan Pemerintah India. Tujuannya, mengatur keluarnya polutan udara dari mesin pembakaran internal dan peralatan mesin pengapian percikan, termasuk kendaraan bermotor. Aturan itu mulai dijalankan pada 2020 di India.

Kabar mengenai Thunderbird 500X terbaru, diperkuat dengan beredarnya video motor injeksi itu di dekat Channai, wilayah yang memang banyak dihuni pabrik otomotif. Video yang diunggah oleh seseorang itu, terlihat jelas model Royal Enfield baru. Meski ditutup balutan stiker kamuflase, motor itu jelas bukan varian Thunderbird 500X saat ini. Namun, produsen motor asal India itu belum mengeluarkan info resmi terkait model anyarnya.

Tampak nyata, motor sepenuhnya didesain ulang; tangki bahan bakar, bagian buritan dan posisi berkendara. Footstepnya sedikit maju ke depan demi mementingkan gaya berkendara nyaman. Sasisnya juga sepertinya baru, dan rem cakram sudah depan belakang. Menariknya, rem depan dipindahkan ke sisi kanan, padahal model lama ada di sebelah kiri. Kabarnya Dual-channel ABS menjadi fitur standar. Dengan beberapa perubahan yang tampak, Royal Enfield tetap mempertahankan tampilan klasik.

Royal Enfield memberikan keleluasaan pengendara untuk motor barunya. Terlihat adanya kursi pengemudi dan penumpang terpisah, bukan tunggal yang ditemukan pada model saat ini. Stangnya juga berubah lebih rendah, plus headlamp berbentuk bundar. Perubahan mencolok terlihat di bagian belakang, stoplamp lebih rendah dari model lama. Seperti versi saat ini, model yang disegarkan memiliki garpu teleskopik konvensional di depan dan dua peredam kejut bertabung di belakang.

Knalpotnya pun sepertinya didesain ulang, tetapi bagian atasnya tampak serupa. Masih belum ada informasi lebih mengenai spesifikasi mesinnya. Namun diharapkan masih memiliki tenaga yang sama, 28 Hp di 5.250 rpm serta torsi maksimum 41 Nm pada 4.000 rpm. Motor itu dikawinkan dengan transmisi lima kecepatan. Sementara untuk model BS-VI, rantainya diposisikan ke sisi kiri.

Model BS-VI mendebut kuartal pertama 2020 (Januari hingga Maret), menjelang tenggat waktu 1 April demi mematuhi aturan-aturan baru. Untuk pemasarannya, hendak difokuskan di India, negeri motor itu berasal. Setelah itu lanjut ke Amerika Utara dan Eropa. Sedangkan untuk Thailand, harus menunggu konfirmasi lebih lanjut, apakah bakal diimpor atau melalui jalur produksi. (Bgx/Van)

Sumber: Zigwheels

Baca Juga: Honda Scoopy Bertema Karakter Line, Menggemaskan!

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store