Pembalap Ducati Dominasi Start Terdepan GP Prancis

Pembalap Ducati Dominasi Start Terdepan GP Prancis

Dua pembalap tim Ducati Lenovo dominasi start terdepan di GP Prancis setelah mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu (14/5/2022). Francesco Bagnaia dan Jack Miller akan start di posisi satu dan dua, membuat kans keduanya meraih podium terbuka lebar.

KEY TAKEAWAYS

  • Aleix Espargaro. Peraih podium di Portimao dan Jerez Start di posisi ke-3

    Latihan sesi pertama GP Prancis Bastianini pecahkan rekor
  • Bagnaia bahkan memecahkan rekor lap tercepat yang dicatat resmi di sirkuit Bugatti Le Mans dengan torehan waktu 1 menit 30,450 detik. Catatan ini juga mengungguli capaian Enea Bastianini dari Gresini Racing Ducati dan menjadi pemecahan rekor kelima kalinya di akhir pekan ini. Capaian start terdepan ini juga menjadi pengulangan di GP Spanyol lalu.

    Pada posisi ketiga terdapat pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Peraih podium di Portimao dan Jerez juga juara GP Argentina ini mengaku memanfaatkan hasil baik di tes Jerez terhadap settingan motor. Terutama untuk meningkatkan performa.

    “Aprilia RS-GP saat ini berada di level yang luar biasa, tapi bukan berarti tidak bisa ditingkatkan. Terutama di awal balapan yang mempengaruhi hasil akhir. Tim ini bekerja dengan tenang dan baik menuju GP Prancis,” ucap Aleix.

    Ducati GP Prancis 2022

    Rekan satu timnya, Maverick Vinales, masih terus berupaya beradaptasi dengan motornya. Pada balapan Minggu, Vinales start dari posisi ke-14.

    Pada posisi keempat terdapat Fabio Quartarao dari tim Monster Yamaha dan menjadi pembalap dari pabrikan Jepang di lima pembalap terdepan. Quartararo sendiri sudah mengungkapkan dirinya mendapatkan kecepatan yang baik selama latihan bebas dan berharap hasil terbaik di balapan nanti, meski kecewa dengan hasil kualifikasi yang membuatnya start di posisi keempat.

    “Namun setelah beberapa saat, saya merasa bahagia karena menyadari bahwa kami sangat baik dan konsisten. Capaian 1 menit 30,6 detik sangat baik. Saya merasa sudah di batas dan tidak ada lagi yang bisa saya berikan. Saya harap balapan berbeda dengan di Jerez,” ucap Quartararo.

    Pembalap tuan rumah ini juga memperhatikan temperatur ban dan tekanan berbeda dengan balapan sebelumnya. Balapan yang berlangsung 27 putaran membuat siapapun punya kesempatan untuk menyerang pembalap di depan. Juara dunia 2021 ini merasa percaya diri baik di kondisi kering maupun basah, untuk meraih kemenangan.

    Ducati GP Prancis 2022

    Capaian menarik lainnya hadir dari Bastianini yang start di posisi kelima. Pembalap Italia ini menjadi pembalap non pabrikan alias dari tim satelit yang berada di lima pembalap terdepan. Bastia mengungkapkan hasil ini cukup memuaskan dan memperlihatkan kemampuan motornya bisa sangat cepat di sepanjang akhir pekan.

    “Saya bisa bilang, tim kami kembali dengan baik. Ada beberapa masalah teknis selama akhir pekan ini tapi tim merasa siap menghadapi sesi balapan, bahkan bila cuaca hujan. Berada di depan jelas sebuah keuntungan. Saya melihat Quartararo juga punya kecepatan yang baik namun kita coba untuk terus berada di dekatnya nanti,” ucap Bastianini.

    Pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, harus puas start di posisi 7 dan 8. Setelah pengumuman hengkangnya tim mereka tahun depan, sepertinya capaian waktu keduanya menjadi lebih konsisten berada di peringkat atas. Mir mengungkapkan dirinya senang dengan hasil kualifikasi meski awalnya tidak yakin mampu melewati sesi Q1. Setelah beberapa penggantian pada motor, dirinya merasa dapat lebih kompetitif dan mendapatkan waktu terbaik. Rins berharap pada balapan nanti berlangsung di cuaca kering.

    Lantas di mana pembalap Honda? Marc Marquez dan Pol Espargaro berada di start ke-10 dan 11. Baik Marc dan Pol masih nampak kesulitan mendapatkan settingan terbaik meski pada latihan bebas pertama, Pol sempat menjadi yang tercepat.

    Marc mengungkapkan dirinya merasakan settingan motor tidak begitu baik pada latihan bebas keempat. Ini membuatnya harus memperbaiki waktu dan kecepatan ditambah dengan kecelakaan kecil.

    “Saya lalu menjalani kualifikasi dengan ban baru dan berharap mencatatkan waktu tercepat namun kecepatannya tidak ada. Kami perlu memahami mengapa. Normalnya saya bisa beradaptasi dengan baik di cuaca seperti ini, namun tidak berlaku hari ini. Melihat papan catatan waktu, kami masih bisa bertarung di grup kedua pada balapan nanti,” ucap Marc. (STA/RS)

    Berikut hasil kualifikasi MotoGP GP Prancis

    1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
    2 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
    3 Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP)
    4 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
    5 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
    6 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
    7 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
    8 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
    9 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
    10 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
    11 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
    12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
    13 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)
    14 Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP)
    15 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
    16 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)
    17 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
    18 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
    19 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
    20 Andrea Dovizioso ITA WithU Yamaha RNF (YZR-M1)
    21 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
    22 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)
    23 Darryn Binder RSA WithU Yamaha RNF (YZR-M1)
    24 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)

    Baca juga: Capaian Latihan Bebas Hari Pertama GP Prancis, Marc Marquez Kesulitan, Bastianini Pecahkan Rekor

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature