Capaian Latihan Bebas Hari Pertama GP Prancis, Marc Marquez Kesulitan, Bastianini Pecahkan Rekor

Capaian Latihan Bebas Hari Pertama GP Prancis, Marc Marquez Kesulitan, Bastianini Pecahkan Rekor

Gelaran MotoGP seri GP Prancis sudah dimulai sejak Jumat (13/5/2022). Para pembalap melakoni latihan bebas pertama dan kedua untuk mendapat settingan motor yang tepat guna menjadi yang tercepat di start Minggu nanti.

KEY TAKEAWAYS

  • Jadwal MotoGP Prancis

    Minggu 15 Mei 2022 pukul 19.00 WIB
  • Pada latihan bebas pertama, tiga pembalap tercepat adalah Pol espargaro dari Repsol Honda, Alex Rins dari Suzuki Ecstar dan Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo. Hasil latihan bebas kedua, Enea Bastianini dari tim Gresini Ducati di tempat pertama, Aleix Espargaro dari Aprlilia Racing di tempat kedua dan Alex Rins turun ke tempat ketiga.

    Alex Rins

    Beberapa pembalap masih menemukan kesulitan untuk mendapatkan performa terbaik dari motornya. Sirkuit Bugatti Le Mans yang memiliki panjang sekitar 4,2 meter memang memiliki kesulitan tersendiri. Beberapa pembalap terjatuh saat mencoba mencatatkan waktu tercepat.

    “Sesi pagi hari berjalan baik bagi saya dan pada siang hari saya mencoba meningkatkan catatan putaran. Sayangnya ada bendera kuning yang membuat catatan putaran harus dibatalkan dan ketika di putaran terbaik saya melakukan kesalahan,” ucap Pol dalam keterangannya.

    Baca juga: Resmi Hengkang dari MotoGP, Simak Deretan Prestasi Suzuki

    Pol mengungkapkan pada akhirnya dirinya mendapatkan feeling yang baik pada motor dan berharap pada kualifikasi besok bisa menghadirkan performa yang lebih baik. Pol mengincar start di baris kedua untuk dapat meraih podium di hari Minggu.

    bastianini

    Hal yang sama juga diungkapkan rekan satu tim Pol, Marc Marquez. Juara dunia tersebut harus puas berada di luar 10 besar pembalap tercepat pada hari pertama. Marc mengungkapkan di latihan bebas pertama dirinya merasakan beruntung bisa menyelamatkan motor dari terjatuh dengan menggunakan sikutnya. Dirinya masih kebingungan untuk mendapatkan kecepatan terbaik di beberapa titik sirkuit.

    “Saya butuh mengubah arah motor lebih cepat dan berharap pada sesi kualifikasi kecepatannya harus ditingkatkan. Target pada latihan bebas ketiga adalah bisa berada di 10 tercepat agar masuk sesi kualifikasi Q2. Kita akan lihat besok dan saya siap mencoba beberapa ide untuk dicoba,” ucap Marc.

    Khusus untuk Bastianini, dirinya berhasil mencatatkan rekor waktu tercepat untuk motor MotoGP di sirkuit bersejarah tersebut. Meski harus terjatuh di tiap sesi latihan bebas.

    “Sangat disayangkan untuk dua kali kecelakaan, terutama di sesi kedua. Saya sangat senang bila bisa menyelesaikan latihan bebas beberapa detik lebih cepat. Namun secara umum hasilnya sangat positif dimana motor sangat cepat dan nyaman. Setidaknya rasa berkendaranya sudah benar dan kita tunggu hasil di hari Sabtu untuk mendapatkan start terdepan,” ungkap Bastianini.

    Quartararo

    Capaian menarik juga diungkapkan oleh Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha. Pada latihan pertama pembalap tuan rumah itu berada di tempat keempat dan latiahan bebas kedua di tempat keenam.

    Fabio mengungkapkan dirinya merasakan kecepatan yang baik di kedua sesi hari Jumat. Motornya masih menyimpan potensi untuk mendapatkan catatan terbaik berkat penggunaan ban medium dan lunak. Sayang, pada latihan Fabio terkendala banyaknya motor yang berjalan pelan sehingga menyulitkannya untuk mencatatkan waktu terbaik.

    “Namun saya sudah mengumpulkan data untuk sesi kualifikasi. Saat ini tidak jelas siapa yang bisa berada di atas namun semua orang bertarung ketat di Le Mans. Ini akan sangat menarik, saya merasakan ada hasil baik di akhir pekan nanti. Saya menunggu dukungan penonton di PRancis, saya senang dan mereka juga senang. Itu yang terpenting,” ucap Fabio.

    Berikut jadwal MotoGP Prancis akhir pekan ini

    Sabtu

    • Free Practice 3 14.55-15.40 WIB
    • Free Practice 4 18.30-19.00 WIB
    • Q1 19.10-19.25 WIB
    • Q2 19.35-19.50 WIB

    Minggu

    • Race 19.00 WIB

    (Sta/Tom)

    Baca juga: MotoGP 2022: Bagnaia Juara, Marc Marquez Perlihatkan Aksi Penyelamatan di GP Spanyol

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor