MV Agusta Rush 1000, Harganya Lebih Mahal dari Ducati Streetfighter V4

Gambar
Review Pengguna

Setelah dipamerkan di ajang EICMA Show 2019 di Milan, MV Agusta Rush akhirnya masuk tahap produksi. Produk terbaru dari pabrikan Italia ini dipasarkan dalam edisi terbatas, hanya 300 unit. Harganya ditaksir lebih mahal dari Ducati Streetfighter V4, yakni 34.250 Euro atau sekitar Rp 553 juta di Eropa sana. Sementara lawannya hanya 19.990 Euro.


Rush 1000 Tampilan samping


MV Agusta Rush 1000 merupakan versi spesial dari Brutale 1000, namun berperawakan radikal. Tidak hanya sekadar penampilan yang berbeda, beberapa komponen untuk penunjang performa juga ditingkatkan. Tidak tanggung-tanggung, pihak pabrikan menyematkan part premium dari merek ternama.


Rush 1000 dimaksudkan untuk membangkitkan konsep naked bike lewat karakter "binatang buas". Lampu depan yang digunakan menjadi hal pembeda dari saudara Brutale lain. Bentuknya bulat dan terpasang pencahayaan modern dari JW Speaker model 8791 Adaptive LED Headlights. Sorot sinarnya bisa mengikuti arah motor dan terdapat 16 titik lampu yang punya fungsi masing-masing.


Ia menggunakan tipe rangka yang sama dengan Brutale lain. Namun pada Rush, sasisnya pakai bahan alumunium dan titanium. Semua unsur bodi dari plastik ABS diganti serat karbon. Peleknya juga pakai material ringan dan kuat serta model palang berbeda dengan saudaranya. Menariknya lagi, roda belakang yang menempel di single arm diberikan cover carbon fiber sebagai peranti penunjang aerodinamika. Pabrikan menyebutnya sebagai "drag-racing aesthetic". Penggunaan tutup berbahan ringan itu sebagai solusi teknis untuk mengurangi koefisien drag.


Komponen premium lain yang menempel yaitu penggunaan knalpot SC-Project tipe tertinggi dengan bagian ujung berlubang ganda. Suspensi upside down Ohlins EC yang diadopsi dari Brutale 1000 RR pada bagian depan, dan monosok merek serupa bisa diatur tingkat kekerasannya. Pengereman dipercayakan unit kaliper Brembo Stylema 4 piston yang menjepit cakram 320 mm di bagian depan dengan Bosch 9-plus ABS, serta 2 piston kaliper dengan disc 220 mm di belakang.


MV Agusta Rush tampilan belakang


Seperti dilansir dari Cycleworld, berbasis mesin inline 4-silinder Brutale 1000 RR,  Rush mampu menghasilkan tenaga sebesar 208 hp pada 13.000 rpm, dengan torsi 116 Nm di putaran 11.000 rpm. Beda sedikit dari musuhnya yang menyemburkan power maksimum 208 hp pada 12.750 rpm, dan torsi 123 Nm pada putaran 11.500 rpm. Namun jika Rush digabungkan dengan Racing Kit, dayanya meningkat menjadi 212 hp. Silinder mesinnya diklaim berteknologi seperti Formula 1.


Untuk opsi part racing kit terdiri dari sistem pembuangan dengan peredam ganda berbahan titanium ultralight. Sistem kontrol engine dirancang untuk mengoptimalkan dan meningkatkan daya, serta subframe yang menopang jok belakang terbuat dari serat karbon.


Model edisi terbatas ini juga memiliki fitur kontrol traksi yang dapat diprogram dalam 8 tingkat aktuasi, sistem antiwheelie, launch control, quick shifter up maupun down sebagai piranti standar. Berkat penerapan komponen ringan, bobot kering MV Agusta Rush hanya 185 Kg. Belum termasuk penampung bahan bakar sebesar 16 liter. Warna tersedia ada dark Metallic matt gray, Mamba red matt carbon, and Metallic bronze. (Bgx/Van)


Sumber: Cycleworld


Baca Juga Motovaganza: Royal Enfield Siapkan Scrambler Twin 650


 

Jelajahi MV Agusta Brutale 1090 RR

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store