MV Agusta Rilis Brutale 1000 RS, Lebih Murah dan Nyaman Ketimbang RR

MV Agusta Rilis Brutale 1000 RS, Lebih Murah dan Nyaman Ketimbang RR

MV Agusta merilis Brutale 1000 RS terbaru. Ia merupakan versi Brutale 1000 RR tapi berbanderol lebih terjangkau. Karena keluar sebagai model 2022, terdapat beberapa ubahan yang membuatnya mudah diakses dan gampang dikendarai setiap hari. Varian baru dalam jajaran MV ini sekarang sedikit lebih berorientasi ke arah sport-touring. Harganya juga lebih murah ketimbang 'si brutal’ RR.

Brutale 1000 RS sejak pertama kali lahir memang berbagi platform dengan Brutale 1000 RR. Hanya saja, 1000 RS punya posisi berkendara lebih nyaman dan memiliki teknologi sederhana. Kedua hyper-naked paling kuat di dunia ini memiliki kesamaan beberapa fitur yang menonjol, seperti mesin dengan batang penghubung titanium dan katup radial, rangka, lengan ayun satu sisi serta peredam kemudi elektronik. Semua merupakan elemen eksklusif yang diberi pabrikan. Tapi untuk model 2022, Brutale 1000 RS mendapat pengaturan suspensi yang berbeda, ergonomi yang dirombak, dan sejumlah ubahan desain.

MV Agusta Brutale 1000 RS

Bila model RR dibekali unit Ohlins yang dikontrol secara elektronik, RS pakai Marzocchi 50mm male-slider dan shock belakang Sachs. Kedua unit suspensi memiliki fitur penyesuaian mekanis. Secara visual, suspensi depan dengan spesifikasi lebih rendah berwarna hitam, bukan emas seperi RR. Model palang pelek juga diganti, tetapi gayanya sebagian besar mirip dengan saudaranya.

Baca juga: MV Agusta Rilis Hyper Naked Rush 1000 Model 2021, Cuma 300 Unit di Seluruh Dunia

Suspensi baru bukan satu-satunya perubahan yang membuat Brutale 1000 RS menjadi alternatif lebih nyaman dari pada RR. Komponen setang masih model clip-on tapi naik secara signifikan, dari sebelumnya bergaya café-race, sekarang membuat posisi berkendara lebih tegak. Agar sesuai, pijakan kaki juga diubah posisinya, dipasang pada braket paduan tempa baru. Pasaknya itu juga punya desain baru untuk meningkatkan cengkeraman. Kursi diracik ulang untuk meningkatkan kenyamanan, dengan busa kepadatan ganda. Jadi cocok untuk berkendara jarak jauh.

MV Agusta Brutale 1000 RS

Buat jantung mekanis masih bertahan dengan powerplant 998 cc empat silinder DOHC, 16 katup, berpendingin cairan. Menghasilkan 208 Hp pada 13.000 rpm dan torsi 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Rasio kompresi 13,4:1, dengan kecepatan tertinggi yang diklaim 300 km/jam atau 186,4 mph. Urusan transmisi ditangani oleh gear box 6 percepatan yang dikendalikan secara elektronik.

Dapur pacunya yang sekarang mendapat manfaat dari tappet berlapis Diamond-Like Coated (DLC) dengan distribusi katup radial. Profil ruang bakar juga ditingkatkan dengan merevisi puncak piston di mesin yang sangat overbore (bore 79mm dengan stroke 50,9mm). Sekarang semua katup, baik saluran masuk dan buang bermaterial titanium, seperti halnya batang penghubung (connecting rods).

MV Agusta Brutale 1000 RS

Paket upgrade Euro 5 juga mencakup injektor tekanan tinggi baru, profil cam disempurnakan, dan tentu saja sistem pembuangan gres yang menggabungkan catalytic converter agar lebih efektif. Upgrade internal ini dapat mengurangi panas dan meningkatkan keandalan sekaligus menghasilkan lebih sedikit emisi.

Sejalan dengan model terbaru MV Agusta lainnya, RS memilih Continental MK 100 ABS dari pada kit Bosch yang lebih umum ditemukan. Rangkaian elektroniknya lengkap, berdasarkan platform inersia enam sumbu IMU baru yang mengontrol semua sistem dinamis dan keselamatan. Ada Cornering ABS, wheelie control, launch control, cruise control dan quickshifter naik/turun menjadi komponen standar.

MV Agusta Brutale 1000 RS

Perangkat lunak pengapian injeksi MVICS 2.1 dikelola oleh ECU Eldor Nemo 2.1 yang baru dan jauh lebih bertenaga. Layar TFT 5,5 inci mencakup semua instrumentasi. Pengendara juga mendapatkan GPS on-board dengan navigasi terintegrasi, ditambah konektivitas smartphone. Kaca spion juga anyar, menawarkan tampilan menarik dengan visibilitas belakang yang lebih baik.

Meski ada berbagai komponen yang diubah, berat keseluruhan motor identik dengan RR. Dari data pabrikan tercatat bobot kering mencapai 186 kg. Bila siap dikendarai, termasuk tangki bahan bakar penuh 16 liter dan oli mesin, beratnya mencapai 208 kg.

MV Agusta Brutale 1000 RS

Sedang sistem pengereman masih mengandalkan cakram ganda Brembo 320mm yang dijepit kaliper empat piston radial-mount Stylema di depan dan belakang Brembo 220mm dengan kaliper dua piston.

Brutale 1000 RS boleh dibilang unit empat silinder termurah yang ditawarkan perusahaan. Sebagai informasi, model sebelumnya dijual mulai dari €25.500 di Eropa atau sekira Rp 428 jutaan. Sedang versi RR berharga €32.300 atau Rp 542 jutaan. Tapi buat tipe terbaru, harga resminya bakal diumumkan di EICMA Show tahun ini. Dan rencananya dibuka pada 25 November 2021. (Bgx/Tom)

Sumber: CycleWorld, Bennetts

Baca juga: MV Agusta Rilis Superveloce Alpine Limited Edition, Harganya Setara 30 Unit Honda Scoopy

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor