Motor Listrik Yamaha E01 Hadir di IIMS Hybrid 2022, Berapa Harganya?

Motor Listrik Yamaha E01 Hadir di IIMS Hybrid 2022, Berapa Harganya?

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membawa kejutan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dengan membawa skutik listrik Yamaha EO1. Motor bebas polusi itu pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 silam.

KEY TAKEAWAYS

  • Motor listrik Yamaha E01 di IIMS 2022

    Masih berupa konsep, dengan detail yang sudah mendekati versi produksi
  • Namun sayang kehadirannya di Indonesia bukan untuk dijual secara umum. Model yang dihadirkan di lantai IIMS 2022 masih berupa konsep, namun detailnya lebih terlihat rapi dan menyerupai motor yang dijual secara massal.

    Menurut Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, Antonius Widiantoro salah satu alasan mendatangkan Yamaha E01 adalah untuk mengedukasi masyarakat soal kendaraan elektrifikasi. Di samping itu sembari melihat respons publik soal teknologi canggih yang dimiliki Yamaha.

    Yamaha E01 IIMS 2022

    "Kita ingin mendapatkan reaksi dari masyarakat seperti apa, intinya kita ingin menunjukkan jika Yamaha punya teknologinya. Saat itu berupa konsep di 2019, terakhir diperkenalkan di Eropa kita bawa juga ke sini supaya publik tahu," kata Anton saat ditemui di Booth Yamaha di pameran IIMS Hybrid, Kamis (31/3).

    Baca juga: Ramaikan IIMS Hybrid 2022, Honda Luncurkan Rebel dan CB650R Terbaru

    Terkait kapan akan dijual untuk massal, lanjut Anton, saat ini pihaknya masih melakukan studi dan riset. Nanti jika dirasa waktunya sudah tepat bukan tak mungkin Yamaha E01 akan dilepas dengan banderol resmi ke masyarakat.

    "Arahan dari pemerintah soal kendaraan listrik sudah cukup baik, tapi untuk sampai ke arah sana (menjual) tidak semudah yang kita pikirkan butuh kesiapan serta komitmen dari berbagai pihak. Terlebih sebagai pabrikan, kita harus mempertimbangkan banyak hal salah satunya adalah bagaimana pemahaman publik soal EV, infrastruktur, dan yang lainnya," katanya.

    Yamaha E01 IIMS 2022

    Desain Yamaha E01

    Soal desain, fokus Yamaha EO1 mengedepankan visual sporty. Misalnya di bagian depan dilengkapi dengan 2 lampu utama berjenis proyektor yang mirip dengan kepunyaan moge Yamaha R1. Kemudian tarikan garis tajam juga hadir di fascia.

    Layout khas Maxi Yamaha juga diterjemahkan pada motor listrik ini. Utamanya pada bagian kemudi yang memiliki dimensi lebar serta meninggi mirip seperti Yamaha NMax yang kita kenal di Indonesia.

    Kemudian bagian pijakan kaki atau footrest juga dibuat mirip, nantinya pengendara bisa memilih beberapa opsi dari posisi kaki normal atau selonjoran layaknya di NMax atau XMAX.

    Yamaha E01 IIMS 2022

    Di bagian samping, tampilan motor ini juga terlihat gambot berkat penggunaan bodi yang sedikit membesar. Desain sampingnya makin menarik karena sudah menggunakan velg berjenis cast wheel dengan profil ban yang gambot.

    Sementara di bagian belakangnya, Yamaha E01 tampil gahar, tak ada komponen spakbor konvensional diganti dengan model mudguard layaknya motor cruiser.

    Punya Daya Jangkau 104 Km

    Belum ada informasi resmi soal spesifikasi Yamaha E01 yang ditampilkan di IIMS 2022. Namun pihak YIMM mengatakan motor ini memiliki daya jangkau sampai 104 km dalam sekali pengisian baterai penuh dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam.

    Yamaha E01 IIMS 2022

    Mengutip laman Yamaha Global, E01 dibekali dengan motor listrik setara 10,8 daya kuda pada 5.000 rpm dan torsi puncak menyentuh 30 Nm sejak putaran mesin 2.000 rpm. Klaimnya skutik bebas polusi ini memiliki kecepatan puncak sampai 100 km per jam dan memiliki catatan akselerasi 0-50 km per jam dalam 3,9 detik saja.

    Untuk memudahkan pengisian daya baterai, Yamaha E01 juga dilengkapi dengan 3 opsi pengisian daya, mulai dari opsi cepat, opsi normal, sampai opsi portabel. Adapun dermaga pengisian baterainya diposisikan pada bagian cover bodi depan.

    Kedatangannya di Indonesia lantas membuka peluang jika kelak Yamaha E01 benar-benar akan dijual di Tanah Air. Apalagi melihat kompetitornya, Honda yang sudah lebih dulu menawarkan Honda PCX EV secara sistem B2B. Bagaimana menurut soal motor listrik garapan garpu tala ini? (Kit/Tom)

    Baca juga: Jokowi Sebut Ekosistem Baterai Swap Menstimulasi Minat Pengguna Motor Listrik

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature