MotoGP Inggris: Bagnaia Juara, Aleix Espargaro Gagal Perkecil Jarak dari Fabio Quartararo

MotoGP Inggris: Bagnaia Juara, Aleix Espargaro Gagal Perkecil Jarak dari Fabio Quartararo

 

KEY TAKEAWAYS

  • Pemilihan ban tepat menjadi kunci kemenangan Bagnaia

    Ia mendapat masukan dari Valentino Rossi dan Casey Stoner
  • Perebutan gelar juara dunia MotoGP semakin menarik. Kondisi ini terjadi setelah hasil GP Silverstone, Inggris, (7/8) yang berhasil dimenangkan Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo. Hasil yang diperoleh pembalap Ducati ini memperpendek jarak dengan pemimpin klasemen, Fabio Quartararo dari tim Monster Yamaha.

    Penghuni peringkat kedua klasemen, Aleix Espargaro dari tim Aprilia gagal mempersingkat jarak poin pada balapan kali ini. Pembalap Spanyol tersebut terjatuh pada sesi latihan bebas pada hari Sabtu dan membuatnya cedera di bagian kaki. Ia harus puas finis di posisi kesembilan sementara Quartararo di posisi kedelapan.

    Aleix mengungkapkan performa motornya sangat baik di balapan dan tidak merasakan sakit pada kaki. Sayangnya dia juga tidak bisa bergerak dengan nyaman di atas motor sehingga membuatnya sulit untuk mendahului pembalap lain. Ini yang membuat posisinya melorot sepanjang balapan dari start di posisi keenam.

    “Kecelakaan kemarin tidak mengganggu rasa percaya diri namun memang motor tidak secepat yang saya inginkan. Saya tidak memiliki traksi di ban sebelah kanan dan saya tidak bisa menjaga jarak dengan pembalap terdepan. Sangat disayangkan kami tidak bisa menunjukkan potensi motor seperti pada saat latihan,” ucap Aleix.

    Rekan satu tim Aleix, Maverick Vinales justru bisa meraih podium di tempat kedua. Mantan pembalap Yamaha yang performanya naik turun ini mendominasi saat latihan bebas di Jumat dan Sabtu sehingga dijagokan untuk meraih point. Meski sempat kesulitan di awal balapan, Vinales berhasil merebut posisi kedua dari pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller yang akhirnya finis di posisi ketiga.

     

    Vinales menyayangkan start yang buruk setelah dihimpit beberapa pembalap. Namun sedikit demi sedikit dirinya mengambil posisi yang lebih baik. Dirinya harus mengorbankan kondisi ban yang membuatnya tidak bisa bertahan bertarung melawan Bagnaia di posisi pertama.

    “Bagnaia sangat baik menutup area untuk mendahului. Beberapa tikungan, saya kehilangan cengkraman ban dan tidak bisa bertarung lebih baik,” ucap Vinales.

    Baca Juga: Jack Miller Resmi Bergabung Dengan KTM Mulai Musim Depan

     

    MotoGP silverstone

    Quartararo yang harus menjalani hukuman long lap pada balapan kali ini, harus puas dengan hasil finis di posisi delapan. Dirinya tidak mempermasalahkan long lap penalti namun berfokus pada performa dan grip ban yang dialami.

    “Saat saya berada di depan dengan sedikit pembalap, ban bekerja sempurna. Setelah saya bersama pembalap lain, temperatur ban naik dengan cepat akibat panas mesin. Saya menyayangkan tidak menggunakan ban berkompon keras dalam kondisi seperti ini,” ucap Quartararo.

    Meski demikian, hasil ini tidak membuat dirinya lepas dari puncak klasemen. Pembalap Prancis tersebut mengumpulkan 180 poin sedangkan Aleix Espargaro di tempat kedua dengan 158 poin.

    Bagnaia sang juara mengungkapkan dirinya mengalami kesulitan sepanjang latihan di akhir pekan. Namun ia kemudian bertanya pada sang mentor Valentino Rossi dan juga mantan pembalap Ducati Casey Stoner cara menaklukkan Silverstone. Jawabannya ada pada penggunaan ban berkompon keras di belakang dan medium di depan.

    Pembalap Italia tersebut kemudian mendapatkan traksi yang diinginkan dan bertahan hingga akhir balapan. Kompetisi keras dirasakan di awal start yang membuatnya harus mencari celah berada di kawanan pembalap terdepan.

    “Stoner dan Rossi mengungkapkan saya harus memahami ban bekerja. Sehingga saran mereka selalu soal traksi yang membuat saya mencoba membuka tuas gas lebih besar. Sayangnya lima atau enam lap terakhir saya kehilangan grip, membuat saya harus berganti gaya berkendara untuk meminimalisir keausan ban,” ucap Bagnaia.

    Bagnaia kini berada di posisi ketiga. Pembalap Ducati tersebut mengumpulkan 131 poin di klasemen sementara perebutan juara dunia MotoGP. (STA/ODI)

    Klasemen Pembalap Sementara setelah MotoGP Inggris:

    1 = Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) 180
    2 = Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP) 158 (-22)
    3 ^1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22) 131 (-49)
    4 ^1 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21) 118 (-62)
    5 ˅2 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) 114 (-66)
    6 ^1 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22) 107 (-73)
    7 ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 98 (-82)
    8 ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 84 (-96)
    9 ^3 Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP) 82 (-98)
    10 = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) 81 (-99)
    11 = Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) 81 (-99)
    12 ˅4 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 77 (-103)
    13 ^1 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)* 61 (-119)
    14 ˅1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 60 (-120)
    15 = Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) 56 (-124)
    16 = Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 45 (-135)
    17 = Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) 42 (-138)
    18 = Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) 27 (-153)
    19 = Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 26 (-154)
    20 = Fabio di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)* 18 (-162)
    21 = Darryn Binder RSA WithU Yamaha RNF (YZR-M1)* 10 (-170)
    22 = Andrea Dovizioso ITA WithU Yamaha RNF (YZR-M1) 10 (-170)
    23 = Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)* 9 (-171)
    24 = Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)* 5 (-175)

     

    Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2022: Quartararo Amankan Posisi Puncak, Aleix Espargaro Bercokol di Urutan 2

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature