Modal Keeway Shiny 150 untuk Jegal Fazzio, Scoopy, sampai Vespa, Seberapa Layak Dibeli?

Modal Keeway Shiny 150 untuk Jegal Fazzio, Scoopy, sampai Vespa, Seberapa Layak Dibeli?

PT Benelli Motor Indonesia (BMI) resmi meluncurkan produk skutik terbaru dari merek Keeway, yakni Keeway Shiny 150 di pameran IIMS Hybrid 2022. Skutik yang kental dengan tampilan klasik ini disebut-sebut sebagai opsi menarik selain Yamaha Fazzio, Honda Scoopy, atau bahkan Vespa.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Keeway Shiny 150

    Rp24,3 juta OTR Jakarta
  • Direktur Utama PT BMI, Steven Kentjana Putra mengatakan dengan tampilan menarik dari Shiny 150 diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen soal skutik retro dengan harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni.

    "Kita harapkan model yang baru diluncurkan di IIMS 2022 bisa langsung dikenal oleh semua orang. Dengan desain yang tergolong unik, siapa pun yang melihat pasti langsung tertarik," pungkas Steven saat peluncuran Shiny 150, belum lama ini.

    Terkait harganya, Keeway Shiny dilepas ke publik dengan banderol Rp24,3 juta OTR Jakarta. Artinya punya selisih Rp2 jutaan dengan Fazzio atau Scoopy, dan Anda bisa menghemat Rp23 jutaan jika membandingkan dengan Vespa Primavera 150.

    Tapi sebelum jauh memutuskan untuk membeli Shiny 150, Anda wajib tahu keunggulan apa saja yang ditawarkan motor ini. OTO.com akan coba sajikan berdasarkan aspek desain, spesifikasi, set kaki-kaki, akomodasi, sampai kelengkapan fiturnya.

    Desain Keeway Shiny 150

    Keewy Shiny 150

    Dari segi desain, sebetulnya ini tergantung masing-masing mata yang memandang. Namun jika boleh menerjemahkan, Shiny 150 punya bahasa desain yang cukup menarik, visualnya kental sekali motor-motor Eropa dan condong punya kemiripan dengan Vespa.

    Misalnya pada bagian depan, bodinya konsisten memakai DNA serba membulat. Baik pada cover bodi depan, hingga penggunaan batok lampu yang juga berbentuk bulat. Sementara dari bagian sampingnya , bodinya sedikit gemuk, dan memiliki tarikan garis yang cukup tegas.

    Adapun di bagian belakang, model stoplamp-nya mengingatkan kita dengan tampilan PCX generasi pertama. Dia punya dimensi yang cukup besar, tak menyipit agar menyesuaikan desain old-school yang dibawanya. Secara keseluruhan, motor ini mengedepankan desain retro modern namun punya bentuk fisik yang lebih berkarakter.

    Apalagi ditambah dengan personalisasi dari pilihan warna bernuansa pastel. Ada Blue dan Cream. Masing-masing dipadu dengan striping bermotif retro di depan dan bodi belakang.

    Spesifikasi Keeway 150

    Keeway Shiny 150

    Soal dapur pacunya, dia dibekali mesin SOHC dan pengabut injeksi yang mana bisa memproduksi tenaga maksimal 8,4 daya kuda pada 7.500 rpm serta torsi puncak 8,5 Nm di 6.000 rpm.

    Jantung pacu yang terpasang berjenis square engine dan diklaim memiliki tenaga yang hampir merata di semua tingkatan rpm, baik pada rpm rendah maupun tinggi. Lebih lanjut untuk ukurannya bore x strokenya bermain di 57.4 x 57.8 mm dan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 5,8 liter, sehingga dapat menemani keseharian aktifitas pengendaranya.

    Kelengkapan Fitur Keeway Shiny 150

    Keeway Shiny 150

    Dengan harga tak sampai Rp 25 juta, kelengkapan fitur yang dimiliki Keeway Shiny 150 boleh dibilang lengkap. Misalnya, seluruh penerangan sudah mengusung jenis LED baik pada lampu depan, belakang, lampu senja, sampai lampu penanda sein.

    Yang menarik, Shiny 150 dibekali lampu LED tambahan Side LED Light di bodi kiri dan kanan. Pengendara juga bisa memilih warna LED backlight pada speedometer full digital-nya di mana ada 7 pilihan warna yang dapat dipilih untuk menyesuaikan Keeway Shiny 150 secara lebih personal.

    Selanjutnya sudah hadir dermaga pengisian baterai gawai berbentuk USB port di balik dek tengah, braket dudukan box belakang, lampu hazard, dan sistem pengereman sudah mengusung rem model cakram di roda depan.

    Kaki-kaki Keeway Shiny 150

    Keeway Shiny 150

    Soal ini, Keeway Shiny 150 dibekali dengan suspensi depan berjenis teleskopik konvensional dengan velg ukuran 12 inci berbalut ban yang cukup besar di 120/70. Adapun pada bagian menggunakan suspensi tunggal dengan rancang roda 12 ini profil ban 130/70. Efek penggunaan ban yang besar memaksimalkan handling serta traksi ke aspal.

    Akomodasi Keeway Shiny 150

    Keewy Shiny 150

    Sebagai skutik yang segmenya untuk kebutuhan mobilitas perkotaan, motor ini memiliki ruang bagasi utama di bawah jok yang cukup besar. Dia bisa menampung 1 buah helm berjenis half face atau open face. Bila tidak digunakan untuk membawa helm, Anda bisa memanfaatkanya untuk menyimpan jaket, jas hujan, sarung tangan, atau barang berdimensi sedang.

    Nah untuk mendukung barang bawaan lainnya, Keeway Shiny 150 juga memiliki kompartemen penyimpanan lain di bagian dek tengah. Tak terlalu besar memang, tapi rasanya cukup untuk menyimpan barang-barang ukuran kecil dan ada slot terpisah di bagian kanannya.

    Layak untuk Dibeli?

    Keeway Shiny 150

    Lantas pertanyaannya apakah layak untuk dibeli? Dengan set harga yang ditawarkan tentu ini jadi pilihan menarik selain Fazzio dan Scoopy yang kapasitas mesinnya berada di bawah Shiny 150. Sementara jika membandingkan dengan model Vespa bermesin 150 cc Anda bisa menghemat hampir setengah harga.

    Pertimbangan lain soal desain yang memang cukup menarik dan sesuai kesukaan generasi muda Indonesia. Sektor fiturnya juga bisa diandalkan, meski bukan yang terlengkap di kelasnya, paling tidak masih sanggup memenuhi kebutuhan harian Anda. (KIT/RS)

    Baca juga: TVS Luncurkan Bebek Matic Murah Meriah, Harganya Cuma Rp13 jutaan

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature