Menuju IMX 2020, Kemenperin Gelar Kompetisi Modifikasi Motor Listrik Roda Tiga Gelis

Menuju IMX 2020, Kemenperin Gelar Kompetisi Modifikasi Motor Listrik Roda Tiga Gelis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia mengadakan satu kompetisi modifikasi unik. Diberi tajuk “Gelis Tuner Competition”, lomba ini melibatkan tiga modifikator untuk merombak motor listrik roda tiga Gelis. Nantinya, hasil modifikasi bakal dipajang dalam gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020.

Mungkin sebagian bertanya-tanya mengapa yang dimodifikasi adalah Gerobak Listrik – singkatan dari Gelis. Selain mendorong industri modifikasi, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sekaligus juga mengikuti perkembangan zaman lewat kendaraan ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

kontes Modifikasi Gelis (gerobak listrik)

"Gelis yang 100 persen berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya. Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif. Introduksi Gelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts," jelas Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI.

Aktivitas ini sendiri menggandeng beberapa pihak terkait. Sebut saja National Modification & Aftermarket Association (NMAA) serta PT Solar Panel Indonesia sebagai produsen Gelis. Pun telah terpilih tiga modifikator untuk saling adu gagasan demi mendapatkan Piala Menteri Perindustrian RI. Tantangan utamanya adalah menghasilkan produk yang mengedepankan unsur kewirausahaan atau fungsional berdasarkan jenis usaha. Tapi tak hanya itu, selain fungsi, penampilan tentu harus menarik.

Tiga modifikator ini memiliki latar belakang berbeda. Ada Marco Chendra dari workshop cat Raptor dan builder mobil offroad. Lalu, Yoomin Sugianto, spesialis lampu dan estetika eksterior Yoong Motor. Sementara itu, satu lagi datang dari spesialis pelek HSR, Aldhy Rais. Mereka semua telah menerima Gelis berjenis DC motor 800W beserta uang tunai Rp 15 juta pada 14 Juli lalu. Lantas Ditujukan sebagai kanvas kosong untuk menumpahkan ide kreatif.

Karya modifikasi Gelis bakal tampil di IMX 2020

Beberapa faktor penilaian sudah ditentukan agar modifikasi terarah sekaligus ‘proper’. Di antaranya kualitas pengerjaan, faktor keselamatan, terobosan konsep kreatif, detail dan kebersihan, dan sisi fungsionalitas. Tentu tak lupa mengikuti ide mendasar entrepreneurship: harus dapat digunakan untuk berwirausaha serta membantu di sisi bisnis.

Ya, ketiga hasil karya modifikasi kendaraan listrik roda tiga bakal dipamerkan pada gelaran IMX 2020. IMX sendiri direncanakan berlangsung pada 10 Oktober dengan konsep hybrid event.

"Tentu saja kita akan disuguhkan satu lagi tontonan menarik dengan hadirnya ketiga Gelis modifikasi tersebut pada IMX 2020 yang diselenggarakan secara online. Kami di NMAA sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui ‘Gelis Tuner Competition’ ini. Mengingat lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana yang kami selalu gaungkan di setiap penyelenggaraan IMX," ulas Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX Project Director.

Spesifikasi Gelis

Untuk diketahui, Gelis 300 menjadi model perdana yang diluncurkan. Sementara dua model lain, yaitu Gelis 200 dan Gelis 150 masih tengah tahap persiapan. Untuk kapabilitas, motor listrik roda tiga Gelis 300 ditanam motor elektrik berdaya 800 watt. Suplai power dari baterai tipe VRLA 48v-26AH. Ia mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 30 km/jam. Daya jelajah normal mencapai 30 km.

Base Gelis (Gerobak Listrik)

Rangka Gelis 300 diklaim lumayan ringan, dengan bobot kotor mencapai 600 kg. Namun sanggup mengangkut beban 300 kg. Kontruksi penyonkong berupa per belakang model daun (leaf spring) dan suspensi depan teleskopik atas. Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat.

Ada empat varian Gelis 300: Light Metal, Retro dan Cargo. Kisaran harga mulai dari Rp 20 juta, serta Gelis Garb dilego Rp 21 jutaan. Perusahaan memberi jaminan pemakaian. Di antaranya garansi lima tahun rangka, satu tahun untuk motor penggerak, enam bulan baterai. Selanjutnya enam bulan garansi pengontrol dan enam bulan pertanggungan perangkat pengisian ulang baterai. (Krm/Tom)

Baca juga: Gerobak Listrik Bikinan Lokal Dijual Rp 20 Jutaan, Kemenperin Kasih Komplimen

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store