KTM RC16 yang Juara di MotoGP Mandalika Pernah Dijual untuk Umum, Segini Harganya

KTM RC16 yang Juara di MotoGP Mandalika Pernah Dijual untuk Umum, Segini Harganya

Miguel Oliveira kembali membuktikan ketangguhan motor balap KTM RC16 di gelaran MotoGP. Pembalap dari tim pabrikan Red Bull Factory Racing itu berhasil merebut podium pertama di seri ke-2 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Minggu (20/3) kemarin.

KEY TAKEAWAYS

  • Ada 2 unit KTM RC16 yang dilego

    Masing-masing harganya dilepas 288 ribu Euro atau setara Rp4,5 miliar
  • KTM RC16 musim balap 2019

    Bekas tunggangan Pol Espargaro
  • Saat itu balapan berlangsung dengan kondisi trek yang basah (wet race). Dalam keadaan wet race, selain kemampuan si pembalap faktor motor juga sangat berpengaruh untuk menentukan kemenangan, setidaknya KTM memamerkan itu di balapan GP Indonesia beberapa waktu lalu.

    Tapi tahukah Anda ternyata motor balap KTM RC16 pernah dijual untuk umum? Saat itu unit yang dilego adalah RC16 spesifikasi 2019 bekas tunggangan Pol Espargaro sebelum memutuskan pindah ke tim Repsol Honda. Merujuk spesifikasi yang diusung tak berbeda jauh dengan motor balap Oliveira yang menang di Mandalika.

    KTM RC16

    Baca juga: Jumlah Penonton MotoGP di Mandalika Nyaris 103 Ribu Orang!

    KTM menjual RC16 dalam keadaan prototipe atau benar-benar spesifikasi yang identik saat diturunkan di MotoGP. Ini menarik di mana mayoritas pabrikan atau tim MotoGP yang pernah menjual motor balapnya hanya berstatus replika dan sudah mengalami ubahan spesifikasi.

    Metode penjualan RC16 saat itu dilakukan secara seleksi oleh tim KTM. Jadi caranya, calon pembeli lebih dulu mendaftar pada laman yang mereka berikan dan keputusan siapa yang berhak memiliki ada di pihak KTM. Setidaknya ada 2 unit RC16 yang dilego, masing-masing harganya dilepas 288 ribu Euro atau setara Rp4,5 miliar (kurs 1 Euro: Rp 17.432 per 24 Maret 2022).

    KTM RC16

    Spesifikasi KTM RC16 (2019)

    Performa KTM RC16 musim 2019 tak bisa dipandang sebelah mata. Saat itu, Pol Espargaro berhasil finis di 10 besar sebanyak 8 kali yang menempatkan namanya di urutan ke-11 papan klasemen MotoGP pada 3 tahun lalu.

    Bicara spesifikasi, KTM RC16 pada MotoGP 2019 dibekali mesin V4 berkubikasi 1.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga lebih dari 280 daya kuda dengan redline mencapai 18.500 rpm. Kecepatan puncaknya diklaim bisa melaju sampai 339,5 km per jam.

    Mesin tersebut ditopang oleh rangka jenis steel tubular trellis yang terkenal dengan bobot sangat ringannya. Adapun untuk peredam kejut, di depan dan belakang pakai suspensi garapan WP yang ditunjang dengan kedua velg berbahan forged magnesium.

    KTM RC16

    Untuk mengimbangi performa mesin yang buas itu, sistem pengereman di depan dikawal 2 cakram berukuran 340 mm berbahan karbon fiber. Sementara di belakang ditopang dengan cakram tunggal 320 mm karbon fiber juga dengan kaliper garapan dari Brembo.

    Dengan konstruksi serta racikan itu, KTM RC16 yang dijual untuk umum memiliki bobot total hanya 156,9 kg saja. Ya, lebih ringan 11,1 kg dari motor Honda CBR250RR yang diniagakan di Indonesia. Lantas jika nanti KTM punya rencana lagi menjual RC16 kepunyaan Oliveira, apakah Anda salah satu peminatnya? (Kit/Tom)

    Sumber: Bikesrepublic

    Baca juga: Setelah MotoGP Sirkuit Mandalika Dipakai Balapan GT World Challenge dan WSBK

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature