Balap di Lintasan Basah, Miguel Oliveira Bawa KTM Juara MotoGP Mandalika

Balap di Lintasan Basah, Miguel Oliveira Bawa KTM Juara MotoGP Mandalika

Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM menjadi juara di ajang Indonesia GP di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

KEY TAKEAWAYS

  • Posisi akhir 1-3 IndonesianGP 2022

    1. Miguel Oliveira (KTM), 2. Fabio Quartararo (Yamaha), 3. Johann Zarco (Ducati)
  • Pembalap Portugal itu mengalahkan Fabio Quartararo dari tim Monster Yamaha yang start dari posisi pertama pada balapan dengan cuaca hujan tersebut. Pada posisi ketiga Johann Zarco dari tim Pramac Ducati memenuhi harapan timnya setelah start balapan dari posisi yang sama.

    Balapan Indonesia GP dimulai dengan kabar Marc Marquez tidak dapat mengikuti balapan akibat kondisi kesehatan. Pembalap Repsol Honda tersebut mengalami kecelakaan serius saat sesi latihan keempat di pagi hari. Dokter MotoGP mengungkapkan juara dunia delapan kali itu mengalami gegar otak ringan yang membuatnya tidak dapat mengikuti balapan.

    Cuaca hujan juga menjadi tantangan selanjutnya dari pada rider. Setelah balapan Moto3 dan Moto2 berlangsung dalam cuaca yang panas, awan gelap menggantung di atas Sirkuit Mandalika. Beberapa menit sebelum balapan, hujan menguyur lintasan.

    MotoGP Mandalika Circuit

    Kondisi ini membuat Race Director memutuskan untuk menunda balapan yang seharusnya dimulai pada pukul 15.00 WITA. Balapan kemudian diundur selama satu jam dengan permulaan para rider menggunakan ban basah meski hujan sudah berhenti mengguyur.

    Start sempurna diperlihatkan Fabio Quartararo. Pembalap Monster Yamaha ini memimpin sejak tikungan pertama diikuit oleh Miguel Oliveira dari KTM dan Jack Miller dari Ducati Lenovo. Kedua pembalap yang kuat di lintasan basah ini kemudian melewati Fabio pada putaran berikutnya yang membuat pembalap Yamaha tersebut turun ke posisi ketiga.

    Miller jadi pembalap yang mendapatkan keuntungan dari lintasan basah ini. Pembalap Australia ini memiliki pengalaman menang di kondisi hujan dengan Oliveira memanfaatkan kekuatan motor KTM dengan akselerasi di lintasan lurus.

    Fabio kemudian mendapatkan perlawanan dari Alex Rins dan Johann Zarco. Pembalap Suzuki Ecstar dan Pramac Ducati tersebut mengambil alih posisi Fabio di tiga besar hingga harus melorot ke posisi lima.

    MotoGP Mandalika Circuit Fabio Quartararo

    Oliveira yang berada di posisi pertama semakin memperbesar jarak dengan Miller di posisi kedua. Pada lap kelima, Oliveira mencatatkan jarak 1 detik dengan Miller yang terus mengejar di belakang. Jarak ini kemudian bertambah setelah 10 putaran menjadi sekitar 3,5 detik.

    Balapan yang berlangsung di lintasan basah ini akhirnya memakan korban. Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati yang start di posisi kedua, harus menyudahi balapan setelah ban belakangnya tidak mencengkeram aspal dengan sempurna. Pol Espargaro dari Repsol Honda juga hampir menjadi korban lintasan basah. Motornya sempat oleng saat melewati genangan air di lintasan lurus.

    Juara GP Qatar, Enea Bastianini dari Gresini Racing tidak mendapatkan performa seperti pada seri sebelumnya. Pembalap Italia ini terseok di posisi ke-15 dan bertarung di posisi belakang.

    Memasuki setengah balapan, Miller dan Zarco kemudian mempertontonkan pertarungan memperebutkan tempat kedua. Masing-masing menggunakan motor Ducati yang terlihat mendominasi selama balapan dengan lintasan basah ini.

    MotoGP Mandalika Circuit

    Fabio kemudian merusak perebutan tempat kedua dengan ikut bertarung bersama Miller dan Zarco. Pembalap Yamaha ini kemudian berhasil merebut tempat kedua dan mengejar Oliveira yang berada di posisi pertama. Dominasi pembalap KTM tersebut makin terlihat jelang berakhirnya balapan dengan memperlebar jarak hingga 4,6 detik dari grup pembalap di belakangnya. Tapi Fabio tidak tinggal diam. Juara dunia 2021 ini terus mengejar Oliveira hingga lap-lap terakhir dan memperkecil jarak hingga 2 detik.

    Sayang dominasi Oliveira tidak terbendung. Pembalap Portugal ini menjadi pembalap MotoGP pertama yang memenangi kejuaran di Sirkuit Mandalika setelah 25 tahun balapan MotoGP absen di Indonesia. Posisi kedua dihuni Fabio, disusul Zarco, Miller dan Rins sebagai lima besar pembalap yang finish terdepan

    "Saat ini sangat emosional seperti naik roler coaster. Pertama kondisi lintasan membuat awal balapan tidak bisa terlalu kencang. Tapi saya berhasil mengatur balapan. Ini tidak mudah, dan menjadi kemenangan yang sempurna. Saya janji mendapatkan trofi untuk anak saya. Jadi saya berhasil. Saya sangat senang bisa mendapatkan hasil ini," ucap Oliveira setelah balapan

    Meski tidak podium, posisi Bastianini tidak berubah sebagai pemimpin klasemen kejuaraan sementara. Posisi kedua dihuni Brad Binder dari Red Bull KTM dan Pol Espargaro dari tim Repsol Honda. (STA/RS)

    MotoGP Mandalika Circuit

     

    RIDER

    NAT

    TEAM

    1

    Miguel Oliveira

    POR

    Red Bull KTM (RC16)

    2

    Fabio Quartararo

    FRA

    Monster Yamaha (YZR-M1)

    3

    Johann Zarco

    FRA

    Pramac Ducati (GP22)

    4

    Jack Miller

    AUS

    Ducati Lenovo (GP22)

    5

    Alex Rins

    SPA

    Suzuki Ecstar (GSX-RR)

    6

    Joan Mir

    SPA

    Suzuki Ecstar (GSX-RR)

    7

    Franco Morbidelli

    ITA

    Monster Yamaha (YZR-M1)

    8

    Brad Binder

    RSA

    Red Bull KTM (RC16)

    9

    Aleix Espargaro

    SPA

    Aprilia Factory (RS-GP)

    10

    Darryn Binder

    RSA

    WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*

    11

    Enea Bastianini

    ITA

    Gresini Ducati (GP21)

    12

    Pol Espargaro

    SPA

    Repsol Honda (RC213V)

    13

    Alex Marquez

    SPA

    LCR Honda (RC213V)

    14

    Luca Marini

    ITA

    Mooney VR46 Ducati (GP22)

    15

    Francesco Bagnaia

    ITA

    Ducati Lenovo (GP22)

    16

    Maverick Viñales

    SPA

    Aprilia Factory (RS-GP)

    17

    Raul Fernandez

    SPA

    KTM Tech3 (RC16)*

    18

    Fabio Di Giannantonio

    ITA

    Gresini Ducati (GP21)*

    19

    Takaaki Nakagami

    JPN

    LCR Honda (RC213V)

    20

    Marco Bezzecchi

    ITA

    Mooney VR46 Ducati (GP21)*

    21

    Remy Gardner

    AUS

    KTM Tech3 (RC16)*

     

    Andrea Dovizioso

    ITA

    WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

     

    Jorge Martin

    SPA

    Pramac Ducati (GP22)

    DNS

    Marc Marquez

    SPA

    Repsol Honda (RC213V)

    Baca juga: Semarakkan MotoGP Mandalika, Komunitas Maxi Yamaha Kompak Gelar Touring Bali-Lombok

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature