Kawasaki Ninja ZX-25R, Ini Fakta yang Ada Sampai Saat Ini

Kawasaki Ninja ZX-25R, Ini Fakta yang Ada Sampai Saat Ini

Sudah bukan rumor kalau Kawasaki akan meluncurkan Ninja 250 cc bermesin 4-silinder. Kawasaki Ninja ZX-25R, itu titelnya. Beragam teaser sudah diunggah oleh Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Sosok versi produksinya pun sudah terpampang jelas. Nahas, wabah New Coronavirus Disease (COVID-19) membatalkan rangkaian sesi peluncuran. Lantas, apa saja fakta yang ada saat ini? Berikut rangkumannya.


Pertama kali tampil dalam versi siap produksi pada ajang Tokyo Motorshow 2019. Ya, hajatan besar bagi pabrikan roda empat jadi wahana unjuk gigi di hadapan publik. Kami sempat hadir di sana. Tak ada presentasi saat itu. Penjabaran spesifikasi pun sangat terbatas dari lembar spect sheet yang dipajang. Namun sosoknya menunjukkan satu hal, benar ini adalah dimensi untuk motor sport 250 cc berkarakter supersport, dengan mesin yang mengeluarkan empat buah pipa header, 4-silinder tentunya.


Tak dinyana, setelah itu, ternyata PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang memiliki hak untuk menyiarkan ragam video teaser. Nampaknya Tanah Air akan jadi negara pertama yang menjual ke konsumen. Agenda Kawasaki Bike Week (KBW) di awal April harusnya jadi kulminasi peluncuran.


Kawasaki Ninja ZX-25R


Pengumuman pembukaan pemesanan pun dicanangkan untuk ZX-25R. Meski tak jadi dirilis di KBW, konsumen yang ingin membeli disebut bisa melihat di kantor pusat dan diler utama Kawasaki di Abdul Muis, Jakarta Pusat. Pemesanan pun sempat disebutkan bisa dilakukan konsumen sejak 4 April. Wawancara kami dengan salah satu jaringan diler, pemesanan 40 unit sudah tercatat sebelum akhirnya proses ini ditutup.


Baca Juga: Menerka Spesifikasi dan Varian Kawasaki Ninja ZX-25R


Sayang, agenda ini pun batal karena kondisi Jakarta yang memburuk akibat COVID-19. Nampak dari sini, KMI memang tak mau meluncurkan Ninja ZX-25R, motor fenomenal 2020 dengan setengah-setengah.


Terkait spesifikasi, fakta yang kami rangkum berasal dari kanal media sosial Kawasaki Indonesia. Tentu keabsahannya tak perlu diragukan. Mesin sebagai spesifikasi utama, tentu saja adalah jantung pacu mekanis 4-silinder paling ditunggu. 249 cc DOHC yang terdiri dari 4 ruang silinder. Inilah keunggulan dari ZX-25R.


kawasaki ZX 25R engine


Pendekatan ini konon ditujukan bukan cuma sebagai gagah-gagahan dengan jumlah silinder yang banyak, namun demi performa berkarakter yang spesifik. Karakter mesinnya disebut mengombinasikan kekuatan di putaran rendah ke menengah untuk keasyikan pengendaraan perkotaan dengan potensi kitiran yang tajam di putaran tinggi (lebih dari 17 ribu RPM) berkat karakter 4-silinder saat ditunggangi di sirkuit.


Sasis dan rangka mengadopsi model tralis yang terdiri dari baja high tensile. Jenis frame ini lebih ringan dan kerap diandalkan kelenturannya serta ringkas. Kaki-kaki tersusun atas komponen yang baru pertama kali digunakan di kelasnya. Fork depan menggunakan seri Showa SSF-BF berdiameter 37 mm dengan piston besar. Kaki belakang pun tak kalah andal. Monoshock back link berposisi horizontal dengan karakter progresif. Tipe suspensi ini kerap digunakan pada segmen supersport.


Fiturnya tak kalah unggul. Untuk pertama kali bagi Kawasaki, menyiapkan Power Mode pada Ninja kelas 250 cc. Performanya juga disokong oleh traction control demi akselerasi yang lebih aman.


Lantas berapa harganya? Belum ada! Pemesan awal pun tak diberi tahu berapa nominal yang harus dibayarkan jika kelak motor ini jadi dirilis. Meski demikian, ada beberapa rumor yang menyebutkan harga termurah mulai Rp 95 jutaan. Sayang, banderol ini belum berani kami sahihkan. (Van/Odi)


Baca Juga: Kawasaki Kenalkan Ninja ZX-25R Versi Balap, Dijual?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store