Investasi Pabrik Piaggio Indonesia Senilai Rp312 Miliar, Bisa Produksi 10 Ribu Unit per Tahun

Investasi Pabrik Piaggio Indonesia Senilai Rp312 Miliar, Bisa Produksi 10 Ribu Unit per Tahun

Memulai pembangunan awal sejak 9 November 2021 lalu, PT Piaggio Indonesia (PID) resmi mengoperasikan pabrik pertamanya di Tanah Air pada Rabu (23/11). Berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, fasilitas ini jadi yang ke-3 di kawasan Asia Pasifik menyusul Cina dan Vietnam.

KEY TAKEAWAYS

  • Investasi pabrik Piaggio di Indonesia

    Senilai 20 juta US Dollar atau setara Rp312 miliaran
  • Mengacu informasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), investasi untuk pembuatan pabrik Piaggio di Indonesia menelan dana 20 juta US Dollar atau setara Rp312 miliaran (kurs 1 Dollar: Rp15.628 per 24 November 2022). Pabrik ini disebut mampu memproduksi 10 ribu unit motor per tahun dengan fokus awal melahirkan model termurah Vespa LX series made in Indonesia.

    "Merupakan kebanggaan terbesar, kami bisa melihat fasilitas produksi ini mulai beroperasi secara komersial dengan kapasitas produksi 10 ribu unit per tahun. Kami yakin dengan pabrik baru ini bisa meningkatkan hubungan Indonesia dengan Italia," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, di Cikarang, Rabu (31/11).

    Peresmian Pabrik Vespa Piaggio

    Baca juga: Piaggio Group Resmikan Pabrik Perakitan Vespa di Cikarang

    Pembuatan pabrik merupakan langkah anyar dari pabrikan setelah 10 tahun berniaga di Indonesia. Agus juga meminta agar PID lewat pabrik barunya ini bisa meningkatkan komponen lokal dalam aktivitas produksi dan perakitannya.

    "Ini sesuatu yang penting bagi kami melihat Piaggio Group Indonesia menjadi rantai pasok global dan mendukung konten lokal dari pemerintah. Saya harap Piaggio bisa memperbesar kapasitas produksi dan line-up modelnya sehingga membuat Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor," ungkapnya.

    Pemerintah, lanjut Menperin, berkomitmen untuk terus mendukung PID menjadi pabrik sukses di Indonesia, sehingga bukan cuma meningkatkan ekonomi bagi lingkungan sekitar namun mampu menyumbang devisa untuk negara.

    Peresmian Pabrik Vespa Piaggio

    Pada kesempatan yang sama, Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group, Michele Colaninno, mengungkapkan peresmian pabrik ini merupakan tonggak pencapaian Piaggio Group untuk menghadirkan kepuasan bagi para konsumen.

    "Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi Group. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia,” ungkap Colaninno.

    Bersamaan dengan peresmian aktivitas pabrik, PID mempersembahkan simbol dedikasi dan komitmen terhadap pasar domestik lewat peluncuran Vespa Batik special edition. Model ini dianggap mewakili sinergi yang ikonik antara budaya Italia beserta warisan kesenian Indonesia.

    Peresmian Pabrik Vespa Piaggio

    PID dalam peta bisnisnya di Tanah Air menaungi 4 merek motor Italia sekaligus. Mereka menawarkan ragam produk dari Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi. Selain menghadirkan fasilitas pabrik, PID juga konsisten menambah jaringan diler serta meningkatkan layanan purna jualnya.

    (KIT/TOM)

    Baca juga: Moto Guzzi Rilis V9 Bobber Edisi Khusus, Apa Istimewanya?

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature