Husqvarna Rilis Svartpilen 701 di IIMS Motobike, Banderolnya Rp 331 Juta

Memanfaatkan palagan IIMS Motobike Expo 2019, Husqvarna meluncurkan motor anyar Svartpilen 701. Seperti bisa diterka dari nomenklatur nama, naked bike baru itu berbagi platform sama dengan Vitpilen 701, yang lebih dulu dirilis dan dipasarkan. Desainnya ada kemiripan antara keduanya. Namun, wujudnya jelas punya pembeda, lebih mengusung gaya scrambler.

Diboyong PT Premium Motorindo Abadi (PMA), agen pemegang merek Husqvarna di Tanah Air, motor ini masuk dalam anggota “Reat Street”. Tampilannya dibuat agresif dan modern dengan garis detail tegas. Sektor penerangannya menggunakan teknologi LED. Bergaya scrambler, stangnya dibuat tegak. Ini turut mempengaruhi gaya berkendara. Salah satu yang membedakannya dari Vitpilen 701.

Konfigurasinya diklaim mumpuni untuk diajak berkendara di jalur ekstrem. Struktur dibuat ringan, berkat penggunaan molybdenum stell alloy berbentuk teralis. Total bobot dengan kondisi tangki bahan bakar kosong mencapai 161 kg. Ground clearance disetel 164 mm, tinggi jok 835 mm. Didukung sistem suspensi depan WP Apex model upside-down berukuran 43 mm. Sementara di belakang memakai monshock yang terhubung ke swingarm. Kedua komponen dipasangkan pelek 18 inci bercorak lima palang di depan yang dibungkus ban 110/80, di belakang 17 inci dengan roda 16/60.

Svartpilen 701 menggendong mesin KTM Duke 690. Spesifikasinya satu silinder dengan kubikasi 692,7 cc yang didinginkan radiator. Setelan bore-nya 105 mm dan stroke 80 mm. Hasilnya keluaran tenaga puncak mencapai 75 hp di 8.500 rpm dan momen puntir 72 Nm pada 6.750 rpm. Kontrol injeksinya mempercayakan teknologi ride-by-wire, sehingga responsnya cepat. Jantung mekanisnya disuplai bahan bakar dari tangki berkapasitas 12 liter.

Guna mendukung pengendalian, Svartpilen 701 dibekali sistem kontrol traksi yang memastikannya tetap aman. Selain itu, penghela laju dipilih produk Brembo. Deselerasi untuk roda depan diperkuat rem kaliper empat piston, mengapit cakram 320 mm. Sedang di belakang menggunakan tipe piston tunggal dan cakram 240 mm.

Lantas berapa harganya? Svartpilen 701 dibanderol Rp 331,3 juta dengan status off the road. Harga ini sama dengan Vitpilen 701. Konsumen mendapat dua pilihan warna brown dan black. Ini merupakan konsep baru Husqvarna. Sebelumnya, untuk model 2019, menurut Rendy Suwendo, Motorcycle Consultant PT.PMA hanya ada satu. Tapi konsumen tetap disediakan lebih banyak pilihan.

"Saat ini unit yang tersedia hanya ada satu. Itu pun karena kebutuhan untuk uji tipe. Tapi kalau konsumen mau beli sudah bisa, dengan waktu inden 2 sampai 3 bulan," ucap Rendy saat ditemui di IIMS Motobike, Jakarta, Jumat (29/11). Svartpilen 701, beserta lini ganteng Husqvarna lain langsung bisa ditengok dan dibeli selama gelaran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada 29 November - 1 Desember. (Hfd/Tom)

Baca Juga: Benelli Imperiale 400 Siap Hadang Royal Enfield Bullet 350