Honda Patenkan Sepeda Motor Listrik Mini, Ambil Basis Dari Grom?

Honda Patenkan Sepeda Motor Listrik Mini, Ambil Basis Dari Grom?

Honda diketahui mematenkan sepeda motor listrik baru. Unit anyar yang ditampilkan mengusung konsep kuda besi mini. Pabrikan Jepang ini sepertinya ingin menciptakan kendaraan komuter ramah lingkungan yang mudah dan nyaman dikendarai siapa saja. Dari gambar yang bocor ke permukaan, produk ini tampaknya terinspirasi dari Grom.

Unit yang dipatenkan ini sejatinya bukan Grom versi listrik, melainkan sebuah produk yang diciptakan Honda dengan basis baru. Melihat dari ukuran dan gayanya, sepeda motor ini bukan memprioritaskan kecepatan atau jarak tempuh. Pabrikan merancangnya sebagai kendaraan komuter yang menyenangkan. Tentu bila direalisasikan bisa menjadi favorit para rider. Apalagi yang suka menghabiskan waktu untuk berkendara di dalam kota.

Desainnya gres dan siluetnya mirip motor jenis supermoto yang dikerdilkan. Ciri khasnya terlihat dengan sepatbor ganda, bodi dan jok ramping. Namun untuk yang ini sepertinya sedikit mengembung di bagian tengah. Lantaran membungkus baterai besar yang ditopang kerangka teralis. Meski begitu, kontruksi framenya gunakan model monokok, agar kuat dan lentur. Dan dilengkapi swingarm belakang satu sisi.

electric minibike

Uniknya pada bagian suspensi. Bagian depan soknya tidak menggunakan model teleskopik konvensional seperti pada umumnya. Mengandalkan model hossack seperti yang ada pada Honda Goldwing, dengan double wishbones dan girder style fork. Teknologi peredam kejut model ini mampu meminimalisir pergerakan atau pergeseran roda sehingga sangat mudah dikendalikan dan terasa nyaman. Sedang bagian belakangnya, memakai monoshock yang dipasang di bagian belakang casing baterai. Menarik!

Baca juga: Empat Pabrikan Jepang Tentukan Standardisasi Ukuran dan Bobot Baterai Motor Listrik

Kalau untuk bagian roda, tampaknya terisnpirasi dari model sportbike. Pakai palang enam dengan ukuran sama seperti kepunyaan Grom. Namun sejauh ini, belum ada informasi mengenai fitur yang diadopsinya. Bahkan untuk pengereman regeneratif yang banyak disematkan pada sepeda motor listik juga belum diketahui.

Selain komponen standar yang bisa kita lihat pada gambar paten, di situ juga menunjukkan beberapa bagian berteknologi tinggi. Terdapat kamera kecil di belakang yang dipasang di ujung bilah. Fungsinya untuk menggantikan kaca spion, alih-alih mengumpankan gambarnya langsung ke layar yang dipasang di setang. Sebetulnya sistem seperti itu tidak benar-benar diterapkan pada sepeda motor produksi, tetapi Honda mungkin berusaha menutupi sebanyak mungkin untuk membuka jalan bagi alat semacam itu di masa depan.

electric minibike

Meski masih dalam bentuk gambar paten, banyak spekulasi mengatakan kalau performanya masih di bawah Grom. Ya itu tadi, karena diciptakan bukan untuk kecepatan tapi kenyamanan. Untuk diketahui, roda dua mungil konvensional itu mampu melesat hingga 88 kpj. Dan kemungkinan angka itu menjadi standar untuk sepeda motor mini ramah lingkungan dari Honda.

Spesifikasi tentang kuda besi niremisi ini belum diketahui. Jenis dan teknologi baterainya pun belum dirilis. Tetapi sampai sekarang, Honda merupakan salah satu pabrikan Jepang yang sudah memiliki teknologi mumpuni untuk urusan baterai sepeda motor. Bisa saja menggunakan yang sudah ada, misal Honda PCX Electric.

Honda juga merupakan bagian dari konsorsium yang mengembangkan baterai sepeda motor listrik. Alat penghimpun tenaga itu dapat ditukar dengan beberapa produsen sepeda motor besar lainnya. Dan boleh jadi kuda besi mungil ini bisa menggunakan standar baterai baru yang dikembangkan dari kemitraan tersebut.

electric minibike

Tidak ada indikasi bahwa minibike listrik ini bakal diproduksi dalam waktu dekat. Tapi jika direalisasikan, ini bisa menjadi permainan yang menarik bagi pengendara komuter. Khususnya bagi mereka yang menyukai kendaraan ramah lingkungan ketimbang mesin konvensional. Selain itu, ia juga diciptakan buat rider yang suka berkendara di jalur perkotaan. (Bgx/Tom)

Sumber: Electrek

Baca juga: Motron Cubertino, Sepeda Motor Listrik Mirip Honda Super Cub 125