Honda Malaysia Rilis EX5 35th Anniversary Edition, Sarat Nuansa Klasik

Honda Malaysia Rilis EX5 35th Anniversary Edition, Sarat Nuansa Klasik

Boon Siew Honda Sdn. Bhd (BSH) Malaysia merilis EX5 35th Anniversary Edition. Unit ini memang perwujuda modern dari Honda Astrea Star yang pernah berjaya di Indonesia, sekaligus kelanjutan dari seri Astrea. Ada dua varian yang ditawarkan, dengan spoked wheels dan cast alloy wheels. Masing-masing dijual RM 5.009 atau setara Rp 17,4 juta dan RM 4.783 bila dikonversi ke IDR sebesar Rp 16 jutaan. Keduanya ditawarkan dalam dua pilihan warna: Euphoria Red Metallic dan Pearl Nightfall Blue.

Edisi spesial ini diluncurkan untuk memperingati 35 tahun Honda EX5 mengaspal di Malaysia. Sejak pertama kali diluncurkan di sana, tercatat sudah dua juta unit Honda EX5 terjual. Untuk versi ulang tahun, wujudnya masih sama dengan versi standar. Hanya saja ia menggabungkan desain ikonik dengan logo khusus yang menempel pada sayap depan dan kit stiker bodi yang khas.

Honda EX5 35th Anniversary Edition

Honda EX5 memiliki desain sangat unik. Mengusung tampilan "timeless" dengan eksterior yang terlihat mirip dengan Astrea Star yang legendaris di Indonesia. Warna dan grafisnya pun tetap mengadopsi pakem lama, seperti batok model "T" yang klasik. Tak ketinggalan headlamp bentuk mengkotak dengan lampu sein yang terpisah. Cover lampu utamanya pakai model krom. Sinarnya masih mengandakan dari lampu halogen.

Desain lawas juga tetap dipertahankan pada Honda EX5 ini. Sayapnya masih bertahan warna putih. Tengahnya ada panel krom, lengkap dengan tulisan Honda. Sepatbor depan bergaya lama juga masih dipertahankan. Pada bagian dashboard masih memakai mika kotak dengan penunjuk jarum analog. Hal itu dilakukan pabrikan supaya bisa menjaring minat para pecinta motor bergaya retro.

Soal dimensi, Honda EX5 memiliki panjang 1.923 mm, lebar 696 mm, dan tinggi 1.046 mm. Sementara sumbu rodanya berjarak 1.212 mm dengan bobot mencapai 97 kg. Sementara tangki bahan bakar berkapasitas 4.3 liter ada berada dibawah jok.

Honda EX5 35th Anniversary Edition

Joknya tebal berdesain kaku. Tak ketinggalan handle untuk penumpang berbalut warna chrome disematkan. Bagian buritan didominasi mika stoplamp dengan lampu sein yang terpisah namun menempel pada spatbor. Diberikan pula mata kucing tiap sisi, untuk merefleksi cahaya dari samping.

Baca juga: Intip Detail dan Kebaruan Honda All New CBR150R, Mirip CBR250RR

Suspensi belakang dibiarkan terbuka hingga terlihat membelah body, depan menggunakan teleskopik. Honda menyediakan dua jenis pelek, yakni jari-jari dan racing. Keduanya dibalut ban tubetype dengan ukuran 70/90-17M/C 38P untuk bagian depan dan 80/90-17M/C 50P belakang. Kemudian untuk penghenti laju, bertipe tromol di kedua roda. Sistem pengereman lawas itu mengingatkan kita pada Honda Astrea Star di Indonesia. Dan tak lupa gaya khas dengan penutup rantai dan knalpotnya memanjang yang disertai cover krom.

Walau tampangnya retro, jantung mekanisnya telah mengikuti perkembangan zaman. Honda EX5 sudah dibekali sistem pengkabutan yang lebih modern. Sudah disematkan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-Fi) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kubikasinya satu silinder, 110 cc, SOHC, 4-tak dan berpendingin udara. Di atas kertas dirinya mampu memuntahkan angka 8,54 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 8,62 Nm di 5.500 rpm. Untuk mendistribusikan tenaga ke roda, ia menggunakan rantai dengan gearbox manual tanpa kopling, seperti motor bebek Honda masa lampau.

Honda EX5 35th Anniversary

Motor ini dipasarkan secara khusus untuk pasar Malaysia. Namun tidak menutup kemungkinan Astra Honda Motor (AHM) memasukannya ke Indonesia. Apalagi sekarang sedang tren motor bergaya retro. Sebelumnya AHM telah merilis tiga motor bergaya retro, yaitu Honda Monkey, Super Cub C125 dan CT125. Ketiganya dibanderol sangat mahal, karena dijual dengan harga melebihi Rp 60 Juta.

Nah, yang menarik dari Honda EX5 adalah harganya cuma Rp 16 Jutaan. Mengingat motor bebek retro seperti Astrea Series sedang naik daun belakangan ini. Apalagi ditawarkan dengan harga semurah itu, tentu banyak orang tertarik membelinya, terutama para pecinta motor retro di Indonesia. Namun jangan harap motor ini memiliki fitur dan spesifikasi yang canggih, karena semuanya standar sehingga sebanding dengan harga jualnya yang murah meriah. (Bgx/Tom)

Sumber: Paultan

Baca juga: Honda CBR150R Hadir Baru, Ini Perbandingan dengan Dua Rival Terdekatnya