jakarta-selatan

Harga Motor Listrik Gesits di Bawah Rp 20 Juta

  • Agt 19, 2017
  • 2598 Dilihat

Indonesia, sebentar lagi memiliki motor listrik yang diciptakan, dikembangkan serta diproduksi anak bangsa. Motor bernama Gesits, diproduksi di fasilitas yang dimiliki PT Wika Industri dan Konstruksi, di Kawasan Industri Wijaya Karya (Wika) Cileungsi, Bogor.


Gesits merupakan skuter otomatis (skutik). Meski berteknologi ramah lingkungan dan menggunakan listrik sebagai sumber daya, namun Gesits diharapkan dijual dengan banderol terjangkau. Lantas berapa harganya?


"Harganya masih sama seperti sebelumnya saya sampaikan. Ada di bawah Rp 20 jutaan. Masih belum final tapi yang pasti sekitar segitu," ungkap CEO, PT Garansindo Group.


Gesits 2017 (1)


Dalam memasarkan Gesits, pria yang kerap disapa Memet, ingin produk yang mulai dijual awal tahun depan, berharga terjangkau. Meski begitu, ia tidak ingin Gesits disebut sebagai motor listrik murahan. Ia diciptakan lewat beragam inovasi dan teknologi yang dikembangkan mahasiswa ITS Surabaya.


"Teknologinya canggih, gak bakal kalah dengan asing. Nah, kenapa bisa murah, karena kita kembangkan sendiri. Kita produksi dan gunakan komponen lokal. Artinya kan tidak bakal kena pajak masuk dan lain-lain. Jadi diharapkan harganya bisa terjangkau," tambah Memet.


Kemarin, Jumat (18/8), PT Garasindo Group dan Institut Sepuluh November (ITS) sebagai penggagas produksi motor listrik pertama hasil karya anak bangsa, melakukan penandatanganan kerjasama bersama PT Wika Industri dan Konstruksi, di Kawasan Industri Wijaya Karya (Wika) Bogor. PT Wika dipercaya sebagai lokasi produksi Gesits.


Berapa nilai investasi yang digelontorkan untuk memproduksi Gesits? Memet tidak mau menyebutkan. "Saya tidak bisa kasih tahu. Karena kan kita sepakat dengan Wika statusnya joint venture, di mana kita sama-sama berinvestasi," tambahnya.


Gesits 2017 (8)


Perusahaan BUMN ini dianggap memiliki fasilitas dan kemampuan untuk menyempurnakan sepeda motor Gesits. Gesits dianggap sebagai produk inovasi tinggi yang telah melewati riset panjang. Kehadiran skutik ini dapat menjadi alat transportasi yang andal, hemat energi serta ramah lingkungan.


Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan RI, telah melakukan pengujian pada Gesits dengan tes jalan dari Jakarta menuju Bali. Hasilnya Gesits sukses menjalani pengujian sejauh 1.200 km. Motor listrik ini melintasi Cirebon, Tegal, Pati, Gresik, Rembang, Surabaya, Banyuwangi, Ketapang, Gilimanuk dan finish Denpasar. Menurut pengujian tersebut, Gesits bisa dipakai sejauh 80 sampai 100 kilometer sampai energi baterainya benar-benar habis.


Baca juga: Menteri Perhubungan Bantu Dorong Motor GESITS

Shares

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi