Gantikan Dimas Ekky, Andi Gilang Berkompetisi Penuh di Moto2 2020

Gantikan Dimas Ekky, Andi Gilang Berkompetisi Penuh di Moto2 2020

Andi Gilang melanjutkan karir balapnya ke tingkatan lebih tinggi lagi. Ia bakal berkompetisi penuh di balap Moto2 musim 2020. Dirinya menggantikan kursi Dimas Ekky Pratama. Kendati demikian, belum ada keterangan resmi seputar kelanjutan kiprah Dimas, tahun depan.

Andi Gilang Moto2

Rider Tanah Air kembali mendapatkan kepercayaan, berlaga di balapan Grand Prix (GP), kompetisi paling bergengsi di dunia. Kelas yang diikuti masih sama yaitu Moto2. Hanya kesempatan itu tampaknya tak lagi diberikan kepada Dimas. Posisinya kini terisi oleh Andi Gilang. Hal ini secara resmi diumumkan pihak tim pabrikan Honda di Indonesia.

"Andi Gilang bakal berkompetisi penuh di Kejuaraan Dunia Moto2 2020. Pembalap Indonesia binaan Astra Honda Motor akan bergabung di Idemitsu Honda Team Asia pada musim 2020 sebagai pembalap tetap," tulis akun instagram Astra Honda Racing Team (5/11).

Saat ini, Andi Gilang sendiri tercatat sebagai petarung Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas SS600. Di sela keikutsertaannya, pembalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan juga diterjunkan dalam berbagai ajang balap internasional. Dia bahkan sempat mendapatkan jatah membalap di Moto2 Misano (Italia). Menggantikan peran Dimas yang kala itu mengalami cedera.

Tahun ini pihak prinsipal tim menitahnya menjadi wildcard rider di balap CEV Moto2 European Championship. Tugas itupun bakal dilakoninya lagi saat helatan di Valencia (Spanyol), pekan depan. Itu bakal jadi laga pembukanya sebelum menjalani balapan GP Moto2, musim depan. Andi Gilang mengaku senang atas kesempatan ini. "Terima kasih kepada Astra Honda, Honda Motor dan Honda Team Asia untuk kesempatan dan tantangan besar ini. Saya akan lakukan yang terbaik," tulis Andi Gilang dari akun media sosialnya.

Andi Gilang Moto2

Honda Team Asia juga memastikan, Andi Gilang bakal menempati paddock yang sama dengan Somkiat Chantra. Pembalap Thailand itu masih mendapatkan jatah kedua untuk membela tim itu. Berbeda dengan Dimas yang hanya semusim. Secara performa, Chantra memang lebih baik.

Hingga putaran di Sepang lalu, Chantra menempati urutan 21 dengan torehan 23 poin. Sedangkan Dimas masih tercecer di papan bawah klasemen, tanpa menorehkan satu poin pun. Absen di beberapa balapan akibat cedera, juga menjadi salah satu faktor yang menghambatnya tampil maksimal. Sampai pengumuman ini diturunkan, belum ada informasi mengenai kelanjutan karir balap Dimas.

Beberapa spekulasi tersebar. Dimas disebut akan balik ke ARRC. Kemungkinan berkompetisi di kelas ASB1000. Namun, ada pula dugaan menyebut dia tetap di Moto2. Tim Federal Oil Gresini Moto2 bisa jadi opsi. Terlebih tim ini juga pernah memakai jasanya 2018 lalu. Selain itu, tim yang disponsori brand oli asal Indonesia diketahui mendaftarkan dua nama untuk musim 2020. Kita tunggu saja kelanjutan kabar dari pembalap asal Depok, Jawa Barat ini. (Ano/Van)

Baca Juga: Marc Marquez Jajal Honda CBR1000RR-R Fireblade

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store