Deus ex Machina Garap Motor Listrik Zero SR / S Jadi Cafe Racer

Zero Motorcycles menjalin kemitraan dengan Deus ex Machina. Mereka berkolaborasi untuk menciptakan model Zero Motorcycles SR / S dengan tampilan custom. Kerja sama ini sekaligus menandai pertama kalinya Deus menggarap sepeda motor listrik. Hasilnya di luar dugaan karena bernuansa retro namun tetap berteknologi tinggi.

Michael ‘Woolie’ Woolaway merombak Zero SR / S menjadi sebuah cafe racer. Tampilannya benar-benar mirip motor klasik konvensional, bahkan orang bisa terkecoh. Meski dikemas secara retro, komponen yang menempel syarat dengan teknologi tinggi. Paling mencolok pada bodiwork, semuanya terbuat dari serat karbon. Bahan yang terkenal kuat tapi dengan bobot yang ringan.

"Saat saya bertemu orang-orang di Pike's Peak, saya juga melihat dari dekat Zero SR / S. Saya pikir, model itu adalah platform yang sempurna untuk dibuat menjadi sesuatu. Karena tidak ada tangki bensin dan hanya ada rangka teralis yang indah. Jadi dalam benak saya, diam-diam saya berpikir dan ingin melakukan sesuatu dengan motor itu, bagai mengisi di atas lemabran kosong," kata Woolie dikutip dari Evobsession.

custom Zero SR S

Tidak butuh waktu lama bagi Zero untuk mengirimkan SR / S baru ke markas Deus di Venice Beach, California. "Kami baru saja terhubung dengan Woolie. Dia ingin melakukan sesuatu dengan produk kami. Jadi kami memberinya dan menyuruhnya melakukan sesuatu yang istimewa," ujar Dan Quick, Director Of Communications And Public Relations Zero Motorcycles.

Baca juga: Harley-Davidson Revival, Motor Listrik Untuk Kaum Milenial

Setelah mendapat unit Zero SR / S, pekerjaan pertama yang dilakukan Woolie yaitu membentuk mockup semua bodywork dengan tangan, menggunakan foam/busa. Dia mulai dengan tangki terlebih dahulu, lalu ke fairing, sebelum menyelesaikan bagian ekor dan bagian bawah. Semua dirancang sesuai dengan model cafe racer yang ada saat ini. Uniknya semua dibentuk secara hand made dan tidak mengandalkan sofware CAD yang terkenal untuk masalah desain.

"Saya biasanya bekerja dengan aluminium dan baja chromoly atau sejenisnya. Jadi ini pertama kalinya saya bisa duduk dan membentuk sesuatu secara organik. Saat melakukan itu, Anda pasti memikirkan tentang fungsi, posisi tempat duduk, serta distribusi bobot. Semua hal semacam itu sudah saya bayangkan sebelumnya. Jadi tidak ada masalah," tambah pria asal Amerika Serikat.

custom Zero SR S

Builder juga dibantu oleh insinyur dari Lockheed Martin untuk membantu tata letak material. Ia membuat sepatbor, fairing dengan satu headlamp, tangki hingga buntut. Merasa ada yang kurang pada setelah membuat fairingg, Woolie akhirnya memasang winglet. Tak main-main, komponen itu menggunakan potongan sayap dari mobil F1. Setelah itu ia membentuknya dan meniru seperti yang menempel pada mobil balap Porsche. Semua dibuat agar motor tampil modern dan selaras dengan tren. Lalu ada tambahan jok single seat dari Saddlemen dan windscreen dari Zero Gravity.

"Winglet yang kita tahu, cenderung untuk menstabilkan motor. Terutama saat motor dalam kecepatan tinggi dan berfungsi buat menambahkan sedikit downforce. Tapi bagi saya, winglet yang terpasang lebih dari sekadar guna, melainkan komponen detail lain yang keren dan berbeda," jelas Woolie.

Selesai dengan bodi-bodi, performa Zero SR/S ini juga ikut mendapatkan upgrade istimewa. Seperti garpu depan yang menggunakan spek WSBK dari Showa. Peleknya berbahan karbon lansiran Dynamag yang tekenal ringan. Di kokpitnya terpasang setang clip-on Gravers Motorsport dengan segitiga kustom dari Attack Racing.

custom Zero SR S

Remnya sebagian besar memakai komponen dari J.Juan Racing. Tapi untuk kaliper belakang mengandalkan Banke Performance yang telah dikustom. Dudukannya dibaut secara presisi menggunakan mesin CNC, dan rotor depan pakai OEM dari Zero. Dan karena tidak ada tuas pemindah gigi, Woolie memutuskan untuk menyederhanakan kontrol kaki lebih jauh dengan memasang rem jempol pada setang. Sehingga kaki pengendara tak perlu melakukan apapun.

Untuk hasil finishing serta pekerjaan cat dipercayakan oleh Matt Means dari Anaheim Rod and Custom. Semua lapisan karbon di tubuhnya diberikan kelir biru berlapis bening. Unit ini memberikan sentakan energi baru di dunia kustom. Bisa dibilang Zero SR / S garapan Deus Ex Machina ini merupakan salah satu sepeda motor listrik kustom paling elegan.

Sementara urusan powertrain tidak berubah. Zero SR / S standar memiliki paket baterai 12.6 kWh yang menggerakkan motor dan menghasilkan 110 Hp / 5.000 dan torsi 190 Nm. Jarak yang ditempuh diklaim mencapai 259 Km dalam sekali pengisian. (Bgx/Tom)

Sumber: Visordown, Bikeexif

Baca juga: D's Motorcycles Bangun Honda Goldwing Jadi Cafe Racer

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store