Catatkan Sejarah, Eks Pembalap MotoGP Ini Ingin Kembali ke Rally Dakar

Catatkan Sejarah, Eks Pembalap MotoGP Ini Ingin Kembali ke Rally Dakar

Danilo Petrucci berhasil menyelesaikan Rally Dakar 2022. Dirinya juga membuat sejarah sebagai mantan pembalap MotoGP yang memenangkan salah satu etape dari 12 etape yang dilombakan. Meski begitu, ia mengaku sangat puas atas performanya sebagai debutan di Rally Dakar 2022 Arab Saudi.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapan balap reli Dakar 2022 digelar?

    1 Jan 2022 – 14 Jan 2022
  • Apakah Danilo Petrucci finis pada reli Dakar 2022

    Ya, Danilo Petrucci finis ke-34 di etape 12, dan ke-90 secara keseluruhan. Ia juga memenangkan Stage 5
  • Dalam rilis resmi KTM, rider yang bernaung di bawah bendera Tech 3 KTM Factory Racing menyatakan seluruh targetnya telah terpenuhi. Walau selama 10 tahun terakhir berlaga di MotoGP, Petrucci memberi gebrakan di Dakar karena langsung tampil kompetitif. Rider Italia itu mampu bersaing dengan pereli senior lainnya pada pekan pertama. Ia bahkan sukses memenangi Stage 5, yang membuatnya menjadi eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi sebuah stage Dakar.

    Namun sayang, secara keseluruhan ia menorehkan hasil kurang baik. Dia cuma finis ke-34 di etape 12, dan ke-90 secara keseluruhan setelah kembali sebagai wild card menyusul kesalahan teknisnya di stage awal. Semua bermula saat memasuki SS2, kelistrikan pada motor KTM 450 Rally bermasalah. Hal itu memaksanya untuk menembakan suar di tengah gurun. Padahal sebelumnya Petrux telah bertarung di empat besar.

    Danilo Petrucci

    "Saya sangat senang akhirnya bisa mencapai garis finis dan memenuhi target yang saya inginkan. Sungguh masa-masa yang berat, baik masa persiapan, maupun balapannya sendiri. Namun, partisipasi pertama saya di Dakar terasa menakjubkan," ujar Petrucci.

    Baca juga: Tidak Pensiun Sepenuhnya, Valentino Rossi Kembali Turun Balap

    Sayang, meski konsisten bertarung di 20 besar pada pekan kedua Reli Dakar 2022, Petrucci mengalami beberapa kecelakaan besar. Alhasil, ia pulang ke Italia dengan membawa 'oleh-oleh' berupa luka lima jahitan di bagian siku kiri dan memar pada pergelangan tangan kiri. Namun, baginya pengalaman ini tetap berharga.

    "Saya sangat puas atas performa saya, namun pada dua hari terakhir saya mengalami beberapa kecelakaan dan merasa kesakitan. Terima kasih kepada tim kami atas kerja keras mereka. Ini pengalaman mengagumkan sekaligus salah satu hal paling sulit yang pernah saya lakukan," ungkap pembalap asal Italia yang dalam usia 31 tahun masih dianggap muda di ajang rally raid.

    Sedang buat hasil final Rally Dakar 2022 di kategori sepeda motor, Sam Sunderland dari GasGas Factory Racing menjadi pemenangnya. Tempat kedua diraih oleh Pablo Quintanilla, dan ketiga diraih Matthias Walkner dari KTM.

    Danilo Petrucci

    Ingin Kembali ke Rally Dakar

    Petrucci ternyata dipuji banyak peserta Dakar, di antaranya Stephane 'Mr. Dakar' Peterhansel, Marc Coma, dan Nani Roma. "Saya pun harus menerima kenyataan bahwa saya tidak bisa jadi juara MotoGP. Alhasil, saya pergi ke Dakar dan mencoba bersenang-senang. Namun, sebelum menang di Stage 5, saya merasa biasa-biasa saja. Berkat Dakar, sensasi berkendara di sini adalah hal yang takkan pernah saya lupakan," lanjutnya.

    Petrucci juga mengaku bertekad kembali ke reli Dakar 2023 dan membidik hasil lebih baik lagi. "Tentu saya akan kembali. Usai motor saya rusak di Stage 2, saya berkata, 'Oke, sekarang ini adalah masalah antara aku dan kau, Dakar!' Jadi, kini jelas 100 persen saya ingin kembali dan memperebutkan podium," pungkasnya.

    Sebagai informasi, ada 12 etape yang dilombakan di Reli Dakar 2022. Total jaraknya sepanjang 8.375 km dan 4.258 km-nya adalah etape khusus atau special stage. Motor yang digunakan Petrucci yaitu KTM 450 Rally. Menggunakan mesin bersilinder tunggal 449,3 cc dengan transmisi 6 speed. Selain digunakan untuk ajang Reli Dakar, KTM 450 Rally juga diproduksi secara terbatas, sebanyak 80 unit saja untuk seluruh dunia. Bicara soal harga, motor ini dibanderol 25.900 euro atau setara Rp421 jutaan. (Bgx/Tom)

    Sumber: Crash, Visordown, Rideapart

    Baca juga: Harga Tiket Nonton MotoGP Mandalika 2022 Resmi Dirilis, Mulai Rp100 Ribuan

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor