BMW Motorrad Umumkan Line-up Model 2021

BMW Motorrad Umumkan Line-up Model 2021

BMW Motorrad umumkan serangkaian pembaruan produk untuk model 2021. Paket penyegaran diberikan untuk lebih meningkatkan daya tarik visual dan sisi teknis. Terdiri dari pilihan warna dan gaya baru, serta peralatan standar dan opsional yang ditingkatkan. Selain itu ada juga yang mendapat revisi, padahal unitnya baru diluncurkan tahun ini.

BMW R1250RS dan R1250R

BMW R1250R

Untuk R1200RS model 2021 sudah mengantongi standar Euro 5. Meski begitu, pihak pabrikan tidak mengubah semua komponen mesin boxer untuk mencapai sertifikasi. Hanya diberikan penyesuaian dengan regulasi yang berlaku di Eropa. Unit anyar nantinya diberikan frame berwarna hitam matte dan tersedia warna Austin Yellow. Sedangkan cat 'Option 719 Stardust' tidak lagi dijual.

Buat tahun depan, sistem ABS terpasang tidak bisa diganti. Kemudian opsi Driving Modes Pro telah direvisi, kini mencangkup kontrol torsi. Beberapa paket suku cadang juga mendapat ubahan dan telah disesuaikan dengan model yang baru. Termasuk silencer knalpot sport yang menggantikan versi 'HP'.

Saudara kandungnya R1250R juga mendapat perubahan sama. Tapi sekarang ia telah dilengkapi dengan rangka dan engine hitam, reverse assist, lampu belok adaptif, kontrol tekanan ban, dan DRL sebagai standar. Kini ia memiliki dua pilihan warna baru, yakni Mineral Grey metallic dan Pollux metallic matt. Kedua cat itu menggantikan Style Exclusive dan Option 719 Stardust metallic.

BMW K1600 Series (GT, GTL, B dan Grand America)

BMW K1600 GT

BMW Motorrad juga melakukan pembaruan pada model K1600 series. Keempat varian mendapat upgrade peralatan yang hampir identik. Semuanya kini memiliki rangka dan cover mesin berwarna hitam. Telah dilengkapi asisten standard reversing, adaptive cornering lights, TPMS dan DRL serta dan lampu adaptif baru. Mereka juga mendapat opsi Engine protection bars. Selain itu ada pula Shift Assistant Pro, keyless, kunci sentral dan alarm buat varian K1600B.

Keempat varian juga menampilkan opsi cat baru yang unik. Buat seri GT sekarang hanya ada Mineral White metallic. GTL diberikan Manhattan metallic, Style Elegance dan Option 719 Mineral White metallic. Varian B dan tipe Grand America hanya ada Mars Red metallic yang menggantikan peran Imperial Blue metallic.

Baca Juga: BMW F 900 R Dijual Rp 380 Juta, Incar Kompetitor Jepang dan Eropa Sekaligus

BMW S1000RR

BMW S1000RR

Supersport S1000RR kini telah mematuhi aturan emisi baru. Mesin yang sekarang sudah sesuai dengan regulasi Euro 5. Rincian tentang angka output daya dan torsi belum diumumkan, namun untuk model yang memakai standar emisi Euro 4 bisa menjadi referensi. Tercatat tenaga maksimalnya mencapai 200,8 Hp pada 13.500 rpm dan torsi 113 Nm di putaran 11.000 rpm. Daya itu berasal dari mesin 999 cc, empat silinder segaris, berpendingin cairan.

Terlepas dari peningkatan standar emisi ke Euro 5, model yang diperbarui ini juga mendapatkan opsi warna baru, seperti Black Storm metallic dan Racing Red non-metallic. Peralatan opsional dari model ini terdiri dari sistem knalpot M titanium, milled parts package, pelindung tuas kopling, pelindung tuas rem, tuas rem lipat, tuas kopling lipat, pelindung engine, sistem pijakan kaki pengendara kiri/kanan, rantai endurance, port pengisian USB dan pemutar GPS.

BMW S1000XR

BMW S1000XR

Mendapat beberapa pembaruan fitur opsional yang hanya khusus untuk model M Sport. Seperti silencer sport berbahan titanium, port pengisian daya USB, dan rantai daya tahan M. Pelanggan yang tertarik juga dapat memilih paket suku cadang yang mencakup folding brake lever, folding clutch lever, engine protector, rider footrests dan pillion footrest. Fitur lain termasuk sport windshield dan additional core screen yang mendapat lap timer. Pengendara yang suka melakukan perjalanan jarak jauh, juga dapat memilih rak bagasi juga.

S1000XR model MY 2021 memiliki power yang jauh lebih besar. Sekarang tenaganya mencapai 165 hp pada 11.000 rpm dan torsi puncak 114 Nm di putaran 9.250 rpm. Dayanya itu dihasilkan dari mesin 999 cc empat silinder in-line berpendingin cair. Basis mesinnya sama dengan BMW S 1000 RR, dengan output lebih baik di putaran menengah, juga diklaim menawarkan daya jelajah yang jauh lebih baik. Beda dengan versi sebelumnya yaitu bobot mesinnya 5 kg lebih ringan.

Skema warna baru ditawarkan yakni Light White, Racing Blue, Racing Red. Semua mengadopsi dari seri M Sport BMW Motorrad.

Baca Juga: BMW Motorrad Kembangkan Fitur Cruise Control Aktif

BMW R 18

BMW R18

Meski baru dirilis pada April 2020, dirinya juga mendapat penyegaran untuk model 2021. Tepatnya diberikan opsi Cruise control termasuk steering damper. Sisanya masih sama saat pertama kali meluncur.

Dibekali mesin boxer berkapasitas 1.802 cc dua silinder yang menghasilkan 91 Hp pada 4.750 rpm dan torsi 157 Nm di putaran 3.000 rpm. Ia merupakan enjin paling besar dari keluarga boxer yang sudah digunakan BMW sejak 1923. Ada empat katup per silinder dengan camshafts overhead ganda pada setiap silinder.

Motor ini menawarkan nuansa klasik dan mirip dengan BMW R5. Diperkuat melalui perpaduan warna cat hitam sebagai standar dan dipadukan dengan garis berwarna putih serta elemen yang diselimuti oleh krom.

Ia dipasangkan rangka loop ganda dengan dipadukan tangki bahan bakar berbentuk pear dengan garis klasik. Pada pipa knalpot berdesain panjang dan menyempit serta driveshaft terbuka. Sementara di sisi modern juga diwakili dengan adanya iluminasi LED, spidometer digital, sein adaptif, dan bezel instrumen melingkar yang menampilkan kata-kata “Berlin Built” tetapi masih sesuai dengan estetika desain asli tahun 1936.

R18 memiliki beberapa mode pengendaraan yang mencakup Rock, Roll, dan Rain. Pertama mode pengendaraan paling agresif, dengan akses ke tenaga penuh dan torsi. Mode Roll merupakan mode standar yang umum digunakan, sementara Rain menawarkan respons throttle yang lebih lembut dan tenaga dan torsi yang lebih terbatas. Sisanya ada ASC, ABS dan MSR sebagai standar pabrik serta terpasang fitur Hill Start Control.

BMW F900R dan F900XR

BMW F900R

Walau baru dikenalkan tahun ini, keduanya juga tidak luput dari penyegaran. Buat model 2021 mereka mendapat tambahan lampu belok adaptif dan konsep aktivasi untuk mode Pro. Lainnya masih bertahan alias tidak berubah sama sekali.

Untuk F900R sebenarnya baru hadir di Indonesia awal Juli 2020. Ia dibekali mesin 2 silinder in-line berkapasitas 895 cc yang mampu menghasilkan tenaga 104 Hp pada 4.500 rpm dan torsi 92 Nm di putaran 8.500 rpm. Dayanya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan manual dengan kopling basah multiple-disc.

Fitur pendukung pada motor ini antara lain ada adaptive cornering headlight yang sudah mengadopsi LED. Pencahayaan lampu ini disebut otomatis aktif saat motor berbelok dengan sudut kemiringan 10 derajat dan kecepatan minimum 10 km/jam. Sangat berguna kala berkendara malam hari. Ada pual slipper clutch dan drag torque control yang disebut dengan MSR. Fitur baru ini bisa mencegah roda belakang slip.

Demi kenyamanan berkendara Riding Modes Pro disematkan dengan pilihan mode Rain, Road, Dynamic dan Dynamic Pro. Terdapat pula anti-lock braking system (ABS) serta Automatic Stability Control (ASC) sebagai standar. Fitur Dynamic Electronic Suspension Adjustment (Dynamic ESA) juga ada sebagai standar. Berguna untuk membuat berkendara lebih nyaman sesuai kebutuhan. Suspensi belakangnya dapat beradaptasi secara otomatis sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Beberapa fitur keamanan lain yang disematkan adalah DTC (Dynamic Traction Control) dan Kontrol Rem Dinamis (DBC) yang memberikan keamanan saat pengereman secara mendadak. DBC jgua dapat mencegah roda belakang tergelincir dan mengontrol pengereman. Gear Shift Assistant Pro dan suspensi yang dapat disetel secara elektronik.

BMW F 900 R tersedia dalam tiga pilihan warna: Black storm metallic, Hockenheim silver metallic/Racing red, San Marino blue metallic. Untuk warna Racing red tersedia penutup jok belakang.

Sementara F900XR punya spesifikasi mirip. Hanya saja ia berjenis motor sport touring yang lebih mudah digunakan. Beda dengan saudaranya ada di tangki bahan bakar. Kalau F900R mampu menampung 13 liter, sedangkan F900XR lebih besar yakni hingga 15,5 liter.

Keduanya telah mengadopsi panel instrumen full digital dengan layar TFT 6,5 inci berwarna dan terdapat 'BMW Motorrad Connectivity' sebagai standar. Untuk pilihan warna ada Galvanic Gold metallic dan Sport in Racing Red.

Pembaruan semua model ini mulai tersedia di seluruh dunia secara bertahap dari Oktober 2020 dan seterusnya. Pihak BMW Motorrad juga belum menginformasikan mengenai harga dari masing-masing produk. (Bgx/Odi)

Sumber: Riders DriveMag, Bennetts

Baca Juga: Adu Performa dan Fitur BMW F 900 R VS MT-09 dan Z900, Siapa Paling Unggul?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store