Benelli Ajukan Hak Paten Mesin Baru, Disinyalir Buat TNT900

Benelli Ajukan Hak Paten Mesin Baru, Disinyalir Buat TNT900

Perusahaan induk Benelli di Cina, Qianjiang mengajukan hak paten mesin baru. Enjin anyar ini kabarnya dirancang untuk model mendatang. Dugaan kuat ditujukan buat naked bike Benelli TNT. Dari gambar yang beredar diketahui pula kalau jantung mekanis itu erat kaitannya dengan desain LC8c yang dimiliki KTM.

Meski Qianjiang memiliki beberapa merek, termasuk QJMotor dan Benelli, jelas bahwa mesin kembar paralel ini ditakdirkan untuk model TNT. Tampak terlihat logo 'TNT' di kepala silinder. Walau dari desain yang tersebar tidak mengungkapkan struktur internal mesin, spesifikasinya boleh dibilang serupa dengan milik KTM.

Selian mencirikan dari sisi desain, konvensi penamaan untuk mesin Cina biasanya dimulai dengan inisial pabrikan, diikuti dengan jumlah silinder dan kemudian ukuran lubang silinder dalam milimeter. Dalam hal ini QJ untuk Qianjiang, untuk dua silinder menggunakan lubang 88 mm.

Benelli new parallel twin

Secara visual, mesinnya mirip dengan kembaran LC8c KTM, seperti yang digunakan pada model Duke dan Adventure 790 dan 890 serta saudaranya seperti Husqvarna Norden 901. Mereka menggunakan ukuran lubang 88 mm dan sangat cocok dengan mesin versi aslinya, 799 cc (model nomenklatur 790).

Baca juga: Keeway SCR250 Bermesin V-Twin Resmi Mengaspal, Harga Rp57,3 Juta

Perlu dicatat bahwa LC8c sudah diproduksi di Cina oleh CFMoto, atas nama KTM. Dan CFMoto juga memiliki versi sendiri dari mesin kembar 799 cc, digunakan pada motor petualang 800MT yang baru diluncurkan.

Mesin kembar paralel Benelli yang terlihat di sini sebetulnya tidak 100 persen identik, meskipun perusahaan mungkin telah menggunakan desain KTM sebagai template. Hanya menyalin setiap komponen. Pola bracing di sekitar silinder dan ujung bawah mesin berbeda dengan unit KTM atau CFMoto, dan coran untuk kepala silinder, pompa air dan penutup kopling dan generator juga berbeda, meskipun pola dan jarak dari baut yang menahan mereka di tempatnya adalah identik.

Benelli new parallel twin

Tentu saja, salinan mesin Cina yang sukses bukanlah hal yang aneh. Twin paralel Kawasaki 650 telah menginspirasi beberapa motor buatan Tiongkok, seperti halnya mesin CB500 Honda. Tahun lalu, kami juga melihat bahwa perusahaan lainnya, Colove telah mengembangkan enjin yang sangat mirip dengan KTM LC8c, untuk digunakan pada motor petualangan 800cc miliknya sendiri.

Walau belum diketahui sepeda motor jenis apa, penampilan lencana 'TNT' di sisi kanan kepala silinder cukup memberi petunjuk. Yang jelas bahwa itu ditakdirkan untuk model ‘telanjang’ Benelli. Perusahaan tersebut saat ini sudah memiliki mesin kembar 754cc, yang digunakan pada Leoncino 800 dan 752S, serta TRK800 yang baru diluncurkan. Tetapi desainnya relatif lama dan sudah tua. Pihaknya juga merilis ulang TNT899 di Cina untuk 2022, tetapi paten enjin anyar menunjukkan bahwa Benelli memiliki rencana yang jauh lebih ambisius untuk memperluas lini TNT.

Bila sesuai dengan rencana, Benelli bakal mengumumkan paling cepat pada September 2022. Pada saat itu, perusahaan juga bermaksud untuk mengenalkan line up baru mulai dari 250cc, 380cc dan 530cc (satu silinder), 400cc, 700cc dan 900cc (dua silinder), 900cc dan 1200cc (tiga silinder) serta 650cc dan 1.000cc (empat silinder). Yang terakhir, 1.000cc empat silinder akan diturunkan dari empat silinder MV Agusta.

Sumber: Bennetts

Baca juga: Benelli TRK 800 Debut di EICMA 2021, Performanya Kalahkan Yamaha Tenere 700

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor