Bastianini Juarai GP Prancis, Fabio Quartararo Pertahankan Posisi Klasemen

Bastianini Juarai GP Prancis, Fabio Quartararo Pertahankan Posisi Klasemen

Enea Bastianini sukses meraih gelar juara di GP Prancis, Minggu (15/5/2022). Pembalap Gresini Racing Ducati ini menjadi pembalap non pabrikan yang sukses meraih podium pertama di sirkuit Bugatti Le Mans. Jalannya Bastia menjadi juara juga terbilang tidak mudah.

KEY TAKEAWAYS

  • Hasil balap MotoGP Prancis

    Enea Bastianini podium 1, diikuti Jack Miller dan Aleix Espargaro
  • Setelah mendominasi pada sesi latihan dan kualifikasi, Bastia start di posisi kelima pada balapan di hari Minggu. Start yang baik membuat pembalap Italia ini bisa berada di posisi kedua, di belakang Francesco “Pecco” Bagnaia dari Ducati Lenovo.

    Setelah pertarungan sengit dengan Pecco sepanjang balapan, Bastia berhasil mendahului kompatriotnya di Ducati dengan motor yang lebih bagus itu di posisi terdepan. Malang untuk Pecco, dirinya kemudian terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

    Raihan 25 point tambahan ini membuat Bastia telah memenangi tiga seri balapan. Posisinya di klasemen naik ke tempat ketiga dengan 94 poin.

    bastianini

    “Saya terkejut dengan hasil ini yang menunjukkan kerja keras seluruh tim. Ini termasuk akhir pekan yang mudah karena para mekanik bekerja keras, membuat saya memberikan segalanya di atas lintasan dan menghasilkan kemenangan untuk tim,” ucap Bastianini setelah balapan.

    Baca juga: Pembalap Ducati Dominasi Start Terdepan GP Prancis

    Bastia mengungkapkan dirinya berhasil menemukan momen yang tepat untuk menyerang dan berhasil mendapatkan kemenangan penting. Sebagai tim satelit, dirinya merasa bisa menemukan perfoma terbaik di kejuaraan dan berharap hasil yang sama di GP Italia di sirkuit Mugello mendatang.

    Pecco menjelaskan balapannya terasa sempurna hampir di separuh balapan. Saat Bastia mendekatinya dengan melewati rekan satu timnya, Jack Miller di tempat kedua, dirinya memacu motor lebih cepat. Sayangnya di tikungan 8, dirinya melakukan kesalahan dengan mengambil jalur agak melebar dan membuat Bastia bisa berhasil melewatinya.

    miller

    “Saya mencoba mengerem lebih keras namun ban depan terasa mengunci sehingga saya melebar keluar lintasan. Tidak masalah, saya merasa bisa menyusul Bastia lagi. Namun kemudian di tikungan terakhir ketika saya berbelok lambat, saya terjatuh. Saya tidak tahu mengapa, saya mencoba memahami namun sangat sulit. Yang jelas saya kehilangan 25 atau 20 poin di seri ini,” ucap Pecco.

    Miller, Bastianini, dan Jorge Martin dari Pramac Ducati disebut tengah berebut tempat sebagai pendamping Pecco pada musim depan. Para pembalap Ducati ini terhitung kompetitif hingga seri GP Prancis kemarin yang membuat tim pabrikan Ducati untuk mengamankan rider potensial di tim mereka.

    Miller yang meraih podium kedua mengakui keunggulan Bastia dalam kecepatan. Dirinya menilai rivalnya dari Gresini Racing ini memiliki kekuatan di separuh akhir balapan termasuk memanfaaatkan manajemen ban untuk bertahan, yang menghasilkan kemenangan di balapan ini.

    miller

    “Ini balapan sempurna untuk Bastia. Ia memulai pertarungan dengan menikung masuk ke dalam dan mengarah keluar setelah tikungan. Saya kira dia akan kesulitan dengan grip ban depan ternyata tidak. Sedangkan saya sudah bertahan dengan masalah yang sama dalam 12 putaran,” ungkap Miller.

    Kejutan hadir dari pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Pembalap Spanyol ini meraih tempat ketiga dan membuat pertarungannya di klasemen berlanjut. Kini Aleix menempati posisi kedua klasemen dengan 98 point. Sepanjang balapan, dirinya bertahan dari serangan Fabio Quartararo dari Monster Yamaha yang akhirnya finish di posisi keempat.

    Aleix merasa balapan kali ini luar biasa. Sirkuit Le Mans termasuk sirkuit yang sulit dan dirinya bersyukur bisa mendapatkan podium untuk mendekati Quartararo yang memimpin tangga klasemen.

    aleix

    “Kecepatan motor Aprilia cukup baik hari ini dan saya berhasil memperpendek jarak dengan rider di depan. Sayangnya akibat kondisi ban depan, saya harus mencoba menahan diri untuk menyelesaikan balapan dan tanpa kesalahan. Saat Quartararo coba melewati, saya mengubah sedikit gaya balapan untuk bertahan darinya. Ini hasil yang baik. Kami masih bertarung di klasemen balapan dan berada di urutan terdepan bersama para rider elit. Sebuah kebanggaan,” ungkap Aleix.

    Pemimpin klasemen Quartararo berharap banyak pada balapan kali ini. Dirinya merasa harusnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Sayangnya start juara dunia 2021 ini kurang baik untuk kemudian menyusul para pembalap terdepan.

    “Meski demikian saya tidak menyerah untuk bertarung di depan. Saya bahkan sempat hampir terjatuh di balapan. Namun saya terus memberikan upaya 100 persen agar mendapatkan podium hari ini. Kami harus sedikit mengambil resiko untuk mempertahankan tempat di klasemen saat ini,” ungkap Quartararo.

    Marc Marquez dari Repsol Honda harus puas finish di posisi keenam. Pembalap Spanyol ini memang terlihat kesulitan sepanjang akhir pekan dan memperkirakan hasil akhir yang sama saat balapan kali ini.

    “Ini adalah hasil yang cukup baik untuk kecepatan motor saat ini. Balapan panjang ini tidak membuat saya mampu untuk bertarung di depan. Yang tim bisa lakukan saat ini adalah terus bekerja untuk meningkatkan performa motor di balapan depan. Target saya bukan hanya finish sebagai pembalap Honda terdepat namun agar bisa podium. Kami belum di sana. Masih banyak yang harus dipahami pada balapan mendatang untuk mendekatkan dengan posisi klasemen terdepan,” ungkap Marquez.

    Berikut klasemen MotoGP hingga GP Prancis

    Position Entrant Wins Points

    1. 1 Fabio QuartararoMonster Yamaha (M1 Factory) 1 102.00
    2. 2 Aleix EspargaroAprilia Racing (RS-GP) 1 98.00
    3. 3 Enea BastianiniGresini Ducati (GP21) 3 94.00
    4. 4 Alex RinsSuzuki Ecstar (GSX-RR) 69.00
    5. 5 Jack MillerDucati Lenovo (GP22) 62.00
    6. 6 Johann ZarcoPramac Ducati (GP22) 62.00
    7. 7 Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP22) 1 56.00
    8. 8 Brad BinderRed Bull KTM (RC16) 56.00
    9. 9 Joan MirSuzuki Ecstar (GSX-RR) 56.00
    10. 10 Marc MarquezRepsol Honda (RC213V) 54.00
    11. 11 Miguel OliveiraRed Bull KTM (RC16) 1 43.00
    12. 12 Pol EspargaroRepsol Honda (RC213V) 40.00
    13. 13 Maverick VinalesAprilia Racing (RS-GP) 30.00
    14. 14 Takaaki NakagamiLCR Honda Idemitsu (RC213V) 28.00
    15. 15 Jorge MartinPramac Ducati (GP22) 28.00
    16. 16 Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22) 21.00
    17. 17 Franco MorbidelliMonster Yamaha (M1 Factory) 19.00
    18. 18 Marco Bezzecchi (R)Mooney VR46 Ducati (GP21) 19.00
    19. 19 Alex MarquezLCR Honda Castrol (RC213V) 18.00
    20. 20 Andrea DoviziosoWithU RNF Yamaha (M1 Factory) 8.00
    21. 21 Darryn Binder (R)WithU RNF Yamaha (M1 A-Spec) 6.00
    22. 22 Fabio di Giannantonio (R)Gresini Ducati (GP21) 3.00
    23. 23 Remy Gardner (R)Tech3 KTM (RC16) 3.00
    24. 24 Raul Fernandez (R)Tech3 KTM (RC16) 0.00

    (Sta/Tom)

    Baca juga: Resmi Hengkang dari MotoGP, Simak Deretan Prestasi Suzuki

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature